Doa Keselamatan Dunia Akhirat Teks Arab, Latin, dan Artinya, Amalkan Setiap Hari

"Ketahui juga waktu yang tepat membacanya."

Life | 30 July 2022, 07:32
Doa Keselamatan Dunia Akhirat Teks Arab, Latin, dan Artinya, Amalkan Setiap Hari

Memperoleh keselamatan dunia dan akhirat tentu saja merupakan hal yang menjadi impian bagi setiap muslim. Sehingga, banyak diantara kita berupaya melakukan berbagai hal yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi larangannya. Hal ini dilakukan dalam upaya meraih keselamatan dunia dan akhirat. Akan tetapi, tidak hanya sampai di situ, sebab kita juga perlu untuk berdoa agar memperoleh keselamatan dunia dan akhirat.

Doa tersebut mungkin cukup familiar diketahui oleh para muslim. Bahkan tidak jarang diantara kita membacanya selepas salat. Namun, bagi kamu yang belum mengetahuinya dapat menyimak doa keselamatan dunia dan dkhirat dengan teks Arab, Latin, dan artinya sebagai berikut:

Doa keselamatan dunia dan akhirat pendek
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun doa selamat dunia dan akhirat pendek biasanya dikenal dengan doa sapu jagat. Doa tersebut adalah salah satu doa selamat dunia akhirat yang yang tercantum dalam ayat Al Quran, yaity Surat Al-Baqarah ayat 201 berbunyi:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbanaa aatinaa fiddunya hasanah, wa fil aakhiraati khasanah, wa qinaa adzaabannaar

Artinya: "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari azab neraka."

Doa keselamatan dunia dan akhirat panjang

Doa keselamatan dunia dan akhirat panjang yang umumnya digunakan, yakni sebagai berikut:

اَللّٰهُمَّ اِنَّا نَسْئَلُكَ سَلَامَةً فِى الدِّيْنِ، وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةَ قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ، اَللّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِيْ سَكَرَاتِ الْمَوْتِ، وَنَجَاةً مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَعِنْدَ الْحِسَابِ، رَبَّنَا لاَتُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ اِذْهَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً اِنَّكَ اَنْتَ الْوَهَّابُ، رَبَّنَا أَتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي اْلأَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa 'afiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil 'ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qablal mauti wa rohmatan 'indal mauti wa maghfirotan ba'dal mauti, allahummaa hawwin 'alainaa fil sakaraatil mauti wannajaata minan naari wal 'afwa 'indal hisaabi, rabbanaa laa tuzigh quluubana ba'da idz hadaitanaa wahab lanaa mil ladunka rahma, innaka antal wahhaab, rabbanaa aatinaa fiddunnyaa hasanah, wa fil akhirati hasanah waqinaa 'adzaa ban naar

Artinya: "Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmar di waktu mati, dan keampunan sesudah mati. Ya, Allah, mudahkanlah kami saat pencabutan nyawa selamat dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika amal diperhitungkan. Ya Allah, janganlah Engkau goyahkan hati kami setelah Engkau beri petunjuk dan berilah kami rahmat dari sisi-Mu. Sesungguhnya Engkau Maha Pemberi. Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan hidup di dunia dan kebaikan hidup di akhirat, dan jagalah kami dari siksa api neraka."

Waktu yang tepat membaca doa keselamatan dunia akhirat

Berikut ini waktu yang tepat membaca doa keselamatan dunia akhirat:

1. Setelah mengerjakan sholat wajib 5 waktu.
2. Usai mendengar dan membaca doa sesudah adzan.

3. Seusia sholat malam, mislanya sholat tahajud dan sholat hajat.

4. Ketika malam ke-23 di bulan Ramadhan.

5. Ketika menjumpai malam lailatur qadar.

Keutamaan doa keselamatan dunia akhirat
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun beberapa keutamaan membaca doa selamat dunia akhirat, yakni sebagai berikut:

- Memperoleh keselamatan dunia dan akhirat.
- Supaya terhindar dari bencana atau malapetaka.
- Untuk terhindar dari tipu daya orang kafir.
- Agar kamu selamat dari orang zalim.
- Selamat dari penguasa zalim.
- Dijauhkan dari siksa api neraka.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya