Doa Sebelum Adzan Teks Arab, Latin, dan Artinya, Ketahui Keutamaannya

"Baca doa ini sebelum adzan."

Life | 30 July 2022, 17:39
Doa Sebelum Adzan Teks Arab, Latin, dan Artinya, Ketahui Keutamaannya

Adzan adalah panggilan (an-Nida') atau pemberitahuan (al-i'lam) mengenai telah masuknya waktu sholat fardhu. Sehingga umat Islam dianjurkan untuk membaca doa setelah adzan. Tidak hanya membaca doa setelah adzan, tetapi umat Islam juga disarankan untuk  membaca doa sebelum adzan. Membaca doa sebelum adzan merupakan hal yang mulia sebab didalamnya terdapat dzikir dan sholawat.

Selain itu, kamu dapat melakukan beberapa sunnah sebelum adzan, yakni:

1. Menghadap ke arah kiblat.
2. Berada dalam posisi berdiri.
3. Suci dan terbebas dari hadas kecil dan besar.
4. Menengok ke arah kanan.
5. Mengulangi adzan.
6. Membaca doa dan sholawat kepada Rasulullah SAW.

Doa sebelum adzan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

سُبْحَانَ اللّـهِ وَالْحَمْدُ لِلّهِ وَلآ اِلهَ اِلَّا اللّهُ وَاللّهُ اكْبَر, وَلآ حَوْلَ وَلآ قٌوّةَ اِلّا بِآللّهِ العَلِئىُّ العَظِيْمِ, اللهُمَّ صَلّ وسَلِمْ عَلى سَيِدِنَا مُحَمَّدٍ اللّهُ يَا كَرِيْمُ

Subhaanallah walhamdulillah wala ilaha illallahu wallahu Akbar, wala haula wala quqwata illa billahil 'Aliyyul 'azhim. Allahumma sholli wa sallim 'ala Sayyidina Muhammadillahu Ya Kariim.

Artinya: "Maha suci Allah, segala puji bagi Allah dan tiada tuhan selain Allah yang maha besar, dan tidak ada daya dan upaya kecuali pertolongan dari Allah. Ya Allah, limpahkan ramat dan kasih sayang kepada junjungan kami Nabi Muhammad yang pemurah."

Selain melantunkan doa sebelum adzan, kamu dapat membaca doa setelah adzan berikut ini:

Doa setelah Adzan

اللَّهُمَّ رَبَّ هذِهِ الدَّعْوَةِ التَّآمَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَآئِمَةِ، آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدَنِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ

Allaahumma robba haadzihid da’watit taammah, washsholaatil qooimah, aati Sayyidana muhammadanil washiilata wal fadhiilah, wasysyarofa, wad darajatal ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanil ladzii wa’adtah, innaka laa tukhliful mii’aad.

Artinya: "Ya Allah, Tuhan pemilik panggilan yang sempurna (adzan) ini dan shalat (wajib) yang didirikan. Berilah al-wasilah (derajat di surga), dan al-fadhilah (keutamaan) kepada nabi Muhammad. Dan bangkitkanlah beliau sehingga bisa menempati kedudukan terpuji yang Engkau janjikan."

Keutamaan adzan
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun beberapa keutamaan adzan ialah sebagai berikut:

- Mampu mengusir setan.
- Memperoleh pahala yang besar.
- Dosa-dosanya akan diampuni.
- Sebagai jembatan masuk surga.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya