Doa Berkendara dan Sepanjang Perjalanan, Teks Arab, Latin, Artinya

"Bacalah doa ini agar terhindar dari marabahaya pada saat berkendara."

Life | 09 August 2022, 16:49
Doa Berkendara dan Sepanjang Perjalanan, Teks Arab, Latin, Artinya

Adanya alat transportasi memang dapat memudahkan kita dalam berkendara. Namun dibalik kemudahan tersebut juga tak lepas dari meningkatnya angka kecelakaan. Seringkali kita dapati beberapa kecelakaan terjadi di jalan raya dan sudah banyak korban luka-luka. Tak hanya itu, terkadang juga ada yang meregang nyawa.

Penting bagi kita untuk memerhatikan kondisi keamanan kendaraan terlebih dahulu sebelum berkendara, terutama pada saat akan perjalanan jarak jauh. Hal ini sebagai ikhtiar seseorang agar mendapat keselamatan pada saat berkendara atau perjalanan. Nah dalam Islam juga dianjurkan untuk berdoa kepada Allah SWT sebelum berkendara ataupun pada saat perjalanan.

Selain memastikan kondisi kendaraan, berdoa kepada Allah SWT juga dapat memberikan rasa aman dan nyaman pada saat berkendara. Doa berkendara juga memiliki banyak keutamaan jika dibaca sebelum berkendara. Di bawah ini kami akan mengulasnya secara detail.

Doa berkendara

Pastikan terlebih dahulu koondisi kendaraan agar terhindar dari marabahaya saat berkendara. Setelah itu bacalah doa berkendara seperti di bawah ini :

الحَمْدُ للهِ/سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ

Alhamdulillāhilladzī/subhānalladzī sakhkhara lanā hādzā wa mā kunnā lahū muqrinīna, wa innā ilā rabbinā lamunqalibūna.

Artinya, “Segala puji bagi Allah/maha suci Tuhan yang telah menundukkan semua ini bagi kami. Padahal kami sebelumnya tidak mampu menguasainya. Sungguh, kami akan kembali kepada Tuhan kami.

Daun.id

sumber; pexels.com

Adapun doa yang selanjutnya ;

سُبْحَانَكَ إِنِّى ظَلَمْتُ نَفْسِى فَاغْفِرْ لِى فَإِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أَنْتَ

Subhānaka innī zhalamtu nafsī faghfirlī fa innahū lā yaghfiruz dzunūba illā anta.

Artinya, “Maha suci Engkau, sungguh aku menganiaya diriku, maka ampunilah aku. Sungguh, tidak ada yang mengampuni dosa selain Engkau.

Itulah dua macam doa yang dapat dibaca saat berkendara. Namun pada umumnya orang akan menyingkat doa tersebut dengan membaca doa yang paling atas.

Doa sepanjang perjalanan

Selain berdoa di awal sebelum berkendara, sepanjang perjalanan seseorang juga dianjurkan untuk membaca doa di bawah ini :

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (١) اللَّهُ الصَّمَدُ (٢) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (٣) وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (٤)

Qul huwallâhu ahad (١) Allâhus shamad (٢) Lam yalid, wa lam yûlad (٣) Wa lam yakullahû kufuwan ahad (٤)

Artinya, “Katakanlah, ‘Dialah Allah yang esa (1) Dia tempat bergantung (2) Dia tidak melahirkan dan tidak dilahirkan (3) Tiada satu pun yang menyamai-Nya (4)’”

Surat Al-Ikhlas ini dibaca dalam sepanjang perjalanan, agar selama perjalanan mendapat rahmat Allah SWT dan dilindungi dari segala marabahaya. Sehingga memberikan rasa aman dan nyaman.

Keutamaan doa berkendara

Bagi siapa saja yang membaca doa berkendara, Insya Allah akan mendapat beberapa keutamaan di bawah ini :

Daun.id

sumber; pexels.com

- Terciptanya rasa aman dan nyaman pada saat berkendara atau sepanjang dalam berkendara. Senantiasa mendapat perlindungan dari Allah SWT.

- Doa bisa menjadi senjata bagi siapa saja yang mengamalkannya penuh dengan keyakinan dan kemantapan. Begitu juga doa berkendara, dapat menghindarkan seseorang dari marabahaya.

- Mendapatkan atau meningkatnya pahala seseorang. Sebab membaca doa dapat memberikan pahala bagi pembacanya, termasuk membaca doa berkendara.

Itulah seputar doa berkendara dan beberapa keutamaan yang didapatkan bagi para pembacanya. Dapat diamalkan saat berkendara dan akan menghindarkan kita dari marabahaya dan petaka. Jadi jangan lupa berdoa saat berkendara.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya