Doa Minta Rezeki yang Berkah, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Banyak versi doa yang dapat dibaca dalam minta rezeki kepada Allah SWT."

Life | 09 August 2022, 07:12
Doa Minta Rezeki yang Berkah, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Rezeki merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh Allah SWT. Bentuk-bentuk rezeki tidak saja berupa harta benda atau materi. Allah SWT menurunkan banyak macam rezeki kepada manusia, ada yang berupa materi hingga kesehatan dan kebahagiaan. Setiap makhluk yang bernyawa sudah pasti ditanggung rezekinya oleh Allah SWT. Baik itu berupa tumbuhan, hewan, dan manusia. Jika masih bernafas dan memiliki nyawa, berarti masih terkandung rezeki.

Meski sudah diatur sedemikian rupa, kita tetap dianjurkan membaca beberapa doa untuk melancarkan rezeki. Meminta ini sebagai wujud rasa tadzim kepada Allah SWT. Sebagai hamba hanya kepada Allah lah kita meminta dan memohon rezeki. Selain berdoa seseorang juga harus mendampinginya dengan usaha yang sungguh-sungguh. Sudah semestinya doa didampingi dengan suatu usaha, begitu juga sebaliknya. Simak pembahasan kami di bawah ini.

Doa minta rezeki

Usaha dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan rezeki yang melimpang rasanya kurang lengkap jika tidak diiringi dengan doa. Adapun beberapa doa minta rezeki seperti berikut ini.

Doa versi pertama ;

بِسْمِ اللهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِيْنِيْ. اَللَّهُمَّ رَضِّنِيْ بِقَضَائِكَ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْمَا قُدِّرَ لِيْ حَتَّى لَا أُحِبَّ تَعْجِيْلَ مَا أَخَّرْتَ وَلَا تَأْخِيْرَ مَا عَجَّلْتَ

Bismillahi 'ala nafsi wa mali wa dini. Allahumma radhdhini bi qadha 'ika, wa barik li fima quddira li hatta la uhibba ta 'jila ma akhkharta, wa la t khira ma 'ajjalta.

Artinya: Dengan nama Allah yang menguasai diri, harta, dan agamaku. Tuhanku, kondisikan batinku agar rela menerima ketentuan Mu. Berkatilah aku pada semua yang ditakdirkan untukku sehingga aku enggan menyegerakan apa yang kau tunda dan enggan menunda apa yang kau segerakan.

Doa versi kedua ;

اللهم رَبَّنَآ اَنْزِلْ عَلَيْنَا مَاۤىِٕدَةً مِّنَ السَّمَاۤءِ تَكُوْنُ لَنَا عِيْدًا لِّاَوَّلِنَا وَاٰخِرِنَا وَاٰيَةً مِّنْكَ وَارْزُقْنَا وَاَنْتَ خَيْرُ الرّٰزِقِيْنَ

Allaahumma rabbanaa anzil 'alainaa maa'idatam minas samaa'i takunu lana 'iidal li'awwalinaa wa aakhirinaa wa aayatam mingka warzuqnaa wa anta khairur raaziqiin.

Artinya: Ya Tuhan kami, turunkanlah kepada kami hidangan dari langit (yang hari turunnya) akan menjadi hari raya bagi kami, yaitu bagi orang-orang yang sekarang bersama kami maupun yang datang setelah kami, dan menjadi tanda bagi kekuasaan Engkau, berilah kami rezeki dan Engkaulah sebaik-baiknya pemberi rezeki.

Daun.id

sumber; pexels.com

Doa versi ketiga ;

رَبِّ اِنِّيْ لِمَآ اَنْزَلْتَ اِلَيَّ مِنْ خَيْرٍ فَقِيْرٌ

Rabbi innii limaa anzalta ilayya min khairin faqiir

Artinya: Ya Tuhanku, sesungguhnya aku sangat memerlukan sesuatu kebaikan (makanan) yang Engkau turunkan kepadaku.

Doa versi keempat ;

اَللَّهُمَّاِنِّيأَسْئَلُكَأَنْتَرْزُقَنَىرِزْقًاحَلَالًاوَاسِعًاطَيِّبًامِنْغَيْرِتَعْبٍوَلَامَشَقَّةٍوَلَاضَيْرٍوَلَانَصَبٍاِنَّكَ عَلَىكُلِّشَيْءٍقَدِيْرٌ

Allahumma innii as'aluka an tarzuqanii rizqan halaalan waasi'an thayyiban min ghairi ta'bin wa laa masyaqqatin wa laa dhairin wa laa nashabin innaka 'alaa kulli syai-in qadiir

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya hamba memohon kepada-Mu agar engkau melimpahkan rezeki kepadaku rezeki yang halal, luas, tanpa susah payah, tanpa memberatkan, tanpa membahayakan, dan tanpa rasa lelah dalam memperolehnya. Sesungguhnya Engkau berkuasa atas segala sesuatu.

Doa versi kelima :

قَالَرَبِّاغْفِرْلِيوَهَبْلِيمُلْكًالَايَنْبَغِيلِأَحَدٍمِنْبَعْدِي ۖإِنَّكَأَنْتَالْوَهَّابُ

Qāla rabbigfir lī wa hab lī mulkal lā yambagī li`aḥadim mim ba'dī, innaka antal-wahhāb

Artinya; Ia berkata: Ya Tuhanku, ampunilah aku dan anugerahkanlah kepadaku kerajaan (rezeki) yang tidak dimiliki oleh seorang juapun sesudahku, sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Pemberi.

Doa versi keenam :

اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَهَبْ لَنَا مِنْ رِزْقِكَ الْحَلَالِ الطَّيِّبِ الْمُبَارَكِ مَا تَصُوْنُ بِهِ وُجُوْهَنَا عَنِ التَّعَرُّضِ اِلَى أَحَدٍ مِنْ خَلْقِكَ

Allahumma sholli alaa muhammadin wahablanaa minrizqikal halaalirthoyyibil mubaaroka maa tashuhnu bihi wujuuhanaa anitta'arrudhi ilaa ahadin min kholqika.

Artinya: Ya Allah limpahkanlah kesejahteraan kepada Nabi Muhammad, dan berilah kepada kami dari rezeki-Mu yang halal, baik, diberkahi, yang dengan rezeki itu bisa menjaga wajah-wajah kami dari bergantung kepada seorang dari makhluk-Mu.

Itulah beberapa amalan doa yang dapat dipanjatkan dalam minta rezeki. Memintalah rezeki hanya kepada Allah SWT melalui beberapa doa seperti di atas. Semoga bermanfaat dan membawa keberkahan.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya