Doa Keluar WC dan Artinya, Disertai Tata Cara Lengkap Buang Air Atau Kotoran

"Saat hendak keluar dari WC bacalah doa di bawah ini."

Life | 16 August 2022, 10:29
Doa Keluar WC dan Artinya, Disertai Tata Cara Lengkap Buang Air Atau Kotoran

WC merupakan kepanjangan dari Water Closet, maknanya ialah tempat khusus untuk buang air besar. Dalam agama Islam saat berada di dalam WC telah diatur beberapa adabnya. Selain itu saat memasuki maupun keluar dari WC juga dianjurkan untuk membaca doa. Doa selalu dibaca agar mendapat perlindungan dari Allah SWT dan selalu mendapatkan rahmatNya dalam hal apapun.

Seperti kita ketahui, WC pada umumnya digunakan manusia untuk membuang kotoran. Penting kita ketahui, WC merupakan tempat iblis singgah atau bersarang. Maka perlu memerhatikan beberapa adabnya, sehingga kita tetap terlindungi dari godaannya. Dan memohon kepada Allah SWT melalui beberapa doa agar mendapat perlindungan dari godaan iblis yang menyesatkan. Selengkapnya akan kami ulas seperti di bawah ini.

Doa keluar WC

Tidak hanya pada saat memasukinya saja, saat keluar WC kita juga dianjurkan untuk membaca doa. Adapun doanya seperti berikut ini :

غُفْرَانَكَ الْحَمْدُ لِلهِ الذي أَذْهَبَ عَنِّيْ الْأَذَى وَعَافَانِيْ اللهم اجْعَلْنِيْ مِنَ التَّوَّابِيْنَ وَاجْعَلْنِيْ مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ. اللَّهُمَّ طَهِّرْ قَلْبِيْ مِنَ النِّفَاقِ وَحَصِّنْ فَرْجِيْ مِنَ الْفَوَاحِشِ

Guhfroonaka alhamdulillahi alladzi adzhaba ‘anni al-adza wa ‘aafaani. Allahumma ij’alni minat tawwaabiina waj’alni minal mutathohhiriin. Allahumma thohhir qolbi minan nifaaqi wa hashshin farji minal fawaahisyi.

Artinya: “Dengan mengharap ampunanmu, segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan penyakit dari tubuhku, dan mensehatkan aku. Ya Allah, jadikanlah aku sebagian dari orang yang bertaubat dan jadikanlah aku sebagian dari orang yang suci. Ya Allah, bersihkan hatiku dari kemunafikan, dan jaga kelaminku dari perbuatan keji (zina).

Itulah bacaan doa yang dapat dibaca ketika akan keluar dari WC. Saat keluar WC awalilah dengan kaki kanan terlwbih dahulu.

Tata cara lengkap buang air menurut Islam
Daun.id

Ilustrasi Toilet/Sumber: Pixabay

Saat buang air besar di dalam WC ada beberapa cara yang perlu di ketahui. Dimulai dari memasuki WC hingga saat keluar WC. Berikut ini tata caranya ;

1. Membaca doa saat hendak memasuki WC, berikut ini doanya :

بِسْمِ اللهِ اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِك من الْخُبْثِ وَالْخَبَائِثِ

Bismillâhi Allâhumma innî a’ûdzu bika minal khubutsi wal khabâitsi

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung pada-Mu dari godaan iblis jantan dan betina.”

Jadi sebelum memasuki WC, bacalah doa tersebut.

2. Saat hendak memasuki WC dahulukan kaki kiri terlebih dahulu.

3. Saat buang air besar ataupun kecil tepatkanlah pada lubang kloset.

4. Pada umumnya buang air itu dilakukan dengan duduk, baik itu buang air kecil.

5. Memastikan seluruh kotoran sudah keluar seluruhnya hingga tuntas.

6. Setelah selesai membuang kotoran, lakukan istinja' dengan menggunakan tangan kiri.

7. Jika sudah bersih, maka saatnya untuk keluar dari WC. Bacalah doanya seperti yang tertulis di atas.

8. Saat keluar dari WC perlu mendahulukan kaki kanan terlebih dahulu.

Demikianlah tata cara buang air atau kotoran di WC, terapkanlah dan jangan lupa untuk selalu berdoa agar terhindar dari goadaan syetan yang terkutuk.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya