Doa Dijauhkan dari Penyakit, Bala', dan Covid 19, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

"Bacalah doa ini untuk melawan penyakit dan covid 19"

Life | 19 August 2022, 18:40
Doa Dijauhkan dari Penyakit, Bala', dan Covid 19, Lengkap Teks Arab, Latin, dan Artinya

Beberapa tahun silam ini kita sering mendengar kabar naik turunnya orang yang terpar virus corona. Pandemi covid 19 telah menjadi suatu bencana atau musibah bagi seluruh dunia. Situasi ini menyebabkan kondisi kesehatan banyak orang menjadi menurun dan bahkan banyak korban jiwa berjatuhan. Hingga akhirnya aktivitas menjadi terbatasi dan harus dilakukan dari rumah. Kondisi ini tentu juga akan memengaruhi kesehatan psikologis seseorang.

Keadaan psikologis dapat memengaruhi kondisi imun atau sistem kekebalan tubuh seseorang. Terutama pada perasaan orang yang tidak tenang, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh. Sehingga kesehatan psikologis juga sangat penting untuk diperhatikan agar imun tetap kuat dan tidak mudah terserang penyakit. Selain itu juga penting untuk membaca beberapa doa agar selalu mendapat lindungan dari Allah SWT.

Doa merupakan senjata bagi umat Islam, hal ini sesuai dengan hadits berikut ini :

الدعاء سلاح المؤمن، وعماد الدين، ونور السماوات والأرض

Artinya: “Doa adalah senjata seorang Mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. (HR Abu Ya’la).

Maka melawan penyakit dapat dilakukan dengan membaca doa-doa. Meski demikian jangan lupa tetap menerapkan pola hidup sehat.

Doa dijauhkan dari penyakit

Daun.id

sumber; pexels.com

Doa selain sebagai pelindung juga dapat dijadikan sebagai penyembuh penyakit. Rasulullah SAW juga membaca doa ini ketika berlindung dari penyakit dan wabah :

اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

Allāhumma innī a‘ūdzu bika minal barashi, wal junūni, wal judzāmi, wa sayyi’il asqāmi.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit buruk.

- Doa menghadapi pandemi covid 19

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Bismillahil ladzi la yadhurru ma’as mihi yai’un fil ardhi wala fis sama’i wahuwas sami’ul ‘alim

Artinya: "Aku berlindung diri dengan Nama Allah SWT yang dengan-Nya tidak ada suatu apa pun dapat menimbulkan bahaya baik di langit maupun di bumi. Sesungguhnya Ia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Selesai membaca doa di atas, lanjutkan dengan membaca doa di bawah ini :

إِلَهِي أَذْهِبِ البَأْسَ رَبَّ النَّاس . اِشْفِ ... أَنْتَ الشَّافِي لَا شِفَآء إلَّا شِفَاءُكَ شِفَآءً لَا يُغَادِرُ سَقَماً. إِلهي أَذْهِبِ الْبِأسَ وَاشْفِ.... يا رَبَّ الناَّسِ بِيَدِكَ الشِّفَأء لاَ كَاشِفَ إِلَّا أَنْتَ يَا رَبَّ العَالَمِين. اللَّهُمَّ إِنيِّ أَسْأَلُكَ مِنْ عَظِيمِ لُطْفِكَ وَكَرَمِكَ أَنْ تَشْفِيَهُ وَتَمدَّهُ باِلصِّحَّة وَالعَافِيَةِ إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ

Ilahi adzhibil ba’sa rabban nasa isyfi... antas Syafi la siyaan illa syifauka syifaan la yughadiru saqaman. Ilahi adzhibil bi’sa wasyfi... ya rabban nasi biyadikas syafa’u la kasyifa illa anta ya rabbal alamin. Allahumma inni asaluka min ‘azimi luthfika wa karamika an tasyfiyahu wa tamaddahu bis sihhati wal ‘afiyati innaka ‘ala kulli syai’in qadir).

Artinya: “Ya Allah, Tuhanku, hilangkan penderitaan/rasa sakit ini. Wahai Tuhan manusia, sembuhkanlah ... (sebut nama yang didoakan). Engkaulah Yang Maha Menyembuhkan, tak ada yang bisa menyembuhkan kecuali Engkau, kesembuhan yang sempurna, kesembuhan yang tidak menyisakan penderitaan. Wahai Tuhanku, hilangkan derita/rasa sakit ini. Sembuhkanlah ... (sebut nama yg didoakan). Wahai Tuhan semua manusia, di Tangan-Mu-lah kesembuhan itu. Tak ada yang bisa membebaskan kecuali Engkau. Wahai Tuhan Penguasa Alam Semesta. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dari keagungan kelembutan-Mu, dan Kemurahan-Mu. Sembuhkanlah dia. Tolonglah dia menjadi sehat dan selamat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala.

- Doa agar dijauhkan dari bala'

بسم الله الرحمن الرحيم الْحَمْدُ للهِ رب العالمين حَمْدًا كَثِيْرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيْهِ

Bismillaahir rohmaanir rohiim. Alhamdulillaahi robbil ‘aalamin hamdan katsiran thoyyiban mubaarokan fiihi

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam, dengan pujian yang banyak, baik dan keberkahan di dalamnya,

Itulah bacaan doa agar dijauhkan dari penyakit, bala', sekaligus doa melawan pandemi covid 19. Jangan lupa diamalkan, semoga bermanfaat dan terhindar dari segala macam penyakit.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya