Doa Sebelum Tidur dan Artinya, Ketahui Sunnah Rasulullah Sebelum Tidur

"Bacalah doa sebelum tidur agar dilindungi dari godaan setan."

Life | 24 August 2022, 19:10
Doa Sebelum Tidur dan Artinya, Ketahui Sunnah Rasulullah Sebelum Tidur

Salah satu doa sehari-hari yang paling sering kita dengan adalah doa sebelum tidur. Doa sebelum tidur ini adalah amalan yang paling sederhana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Berdoa sebelum tidur ini adalah doa yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Doa ini memiliki khasiat menjauhkan kita dari mimpi buruk akibat godaan setan. Dengan berdoa, tidur akan menjadi lebih tenang dan nyenyak.

Dengan membaca doa sebelum tidur, akan dijaga oleh malaikat sepanjang malam dan dilindungi dari gangguan setan. Rasulullah SAW menganjurkan muslim untuk membaca doa sebelum tidur, berikut ini adalah doanya:

"Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah lebih dulu seperti wudhumu untuk salat, kemudian berbaringlah pada pinggangmu yang kanan dan bacalah doa ini (doa sebelum tidur). Dalam hadits ini, Rasulullah SAW juga bersabda, 'Jadikanlah doa itu sebagai akhir dari semua perkataanmu," (HR Bukhari Muslim).

Doa Sebelum Tidur dan Bangun Tidur Teks Arab, Latin dan Artinya

Daun.id

pexels.com

Doa Sebelum Tidur

اللَّهُمَّ بِاسْمِكَ أَحْيَا وَأَمُوتُ

Allahumma bismika ahya wa amut.

Artinya: "Ya Allah! Dalam namaMu aku hidup dan mati."

Doa Bangun Tidur

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَانَا بَعْدَ مَا أَمَاتَنَا وَإِلَيْهِ النُّشُورُ

Al-hamdu li l-lahi al-ladhi ahyana ba'da ma amatana wa ilaihi-nnushur.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah mengembalikan kehidupan, mematikan kami, dan hanya kepadaNyalah kami kembali."

Amalan Sunnah Rasulullah SAW Sebelum Tidur

Daun.id

pixabay.com

Sebagaimana dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW yang pernah berkata kepada Fatimah:

“Janganlah engkau tidur sebelum mengerjakan empat hal. Pertama, mengkhatamkan Alquran. Kedua, menjadikan para nabi sebagai pemberi syafaat bagimu. Ketiga, meminta ridha dari semua kaum muslimin. Keempat, melaksanakan haji dan umrah”.

Mendengar hal tersebut, Fathimah bertanya kepada Rasulullah, "Bagaimana mungkin aku melakukan itu semua sebelum tidur?"

Seraya tersenyum, Rasulullah SAW menjawab:

"Bacalah Surat Al Ikhlas tiga kali karena sama halnya dengan mengkhatam Alquran. Kemudian bacakan sholawat untukku agar mendapat syafaat dariku dan para nabi sebelumku. Lalu untuk mendapatkan rasa ridha dari kaum Mukmin maka hendaklah membaca istighfar bagi dirimu, orangtuamu, dan seluruh kaum Muslim. Sedangkan untuk menunaikan haji dan umrah, umat Muslim dapat membaca subhanAllaah walhamdulillaahi walaa ilaaha illa Allahu wAllaahu akbar karena dinilai sama dengan orang yang melakukan haji dan umrah."

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya