Doa Sebelum dan Sesudah Makan Teks Arab, Latin dan Arti, Ketahui Adab dan Sunnahnya

"Agar terlindungi dari godaan setan, bacalah doa sebelum dan sesudah makan."

Life | 24 August 2022, 16:45
Doa Sebelum dan Sesudah Makan Teks Arab, Latin dan Arti, Ketahui Adab dan Sunnahnya

Membaca doa sebelum makan adalah anjuran Rasulullah SAW. Bahkan sebagian ulama menilai bahwa berdoa sebelum makan adalah hal yang diwajibkan, dan bukan anjuran semata.

Sebagaimana yang telah disebutkan oleh An-Nawawi dalam kitabnya Al Adzkar,

روينا في كتاب ابن السني عن عبد اللّه بن عمرو بن العاص رضي اللّه عنهما عن النبيّ صلى اللّه عليه وسلم أنه كان يقول في الطعام إذا قُرِّبَ إليه : ” اللَّهُمَّ بارِكْ لَنا فِيما رَزَقْتَنا وَقِنا عَذَابَ النَّارِ باسم اللَّهِ “

Artinya: "Telah diriwayatkan dalam kitab Ibnus Sunni dari ‘Abdullah bin ‘Amr bin Al ‘Ash radhiyallahu ‘anhuma, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa ketika makanan didekatkan kepadanya, beliau biasa mengucapkan “Allahumma baarik lanaa fii maa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar, bismillah."

Doa Sebelum dan Sesudah Makan

Daun.id

pixabay.com

Berikut ini adalah doa yang dapat kamu baca sebelum makan dan sesudah makan.

Doa Sebelum Makan

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَناَ فِيْمَا رَزَقْتَنا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ، بِسْمِ اللهِ

Allâhumma bârik lanâ fî mâ razaqtanâ wa qinâ adzâban nâr, bismillâh.

Artinya: Ya Allah berikanlah keberkahan apa yang telah engkau berikan kepada kami dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Doa Sesudah Makan

اَلْحَمْدُ لِلهِ الَّذِيْ أَطْعَمَنَا وَسَقَانَا وَجَعَلَنَا مِنَ المُسْلِمِيْنَ

Alhamdulillâhilladzî ath‘amanâ wa saqânâ wa ja‘alanâ minal muslimîn.

Artinya: "Segala puji bagi Allah yang telah memberi kami makan dan telah memberi kami minum, dan menjadikan kami termasuk orang yang patuh."

Adab dan Sunnah Makan dari Rasulullah SAW

Dalam Islam, yang lebih tinggi dari ilmu adalah adab. Tak hanya pada ilmu, ketika makan adab juga hal yang harus didahulukan. Berikut ini adalah adab makan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW.

- Membaca Basmalah
Membaca basmalah merupakan satu bentuk rasa syukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat Islam.  Dalam sebuah riwayat, Abu Hafs Umar Bin Abu Salamah berkata:

"Ketika aku berada dalam bimbingan Rasulullah SAW, pernah suatu kali tanganku bergerak di atas piring ke segala arah, hingga Rasulullah pun berkata kepadaku, 'Wahai anak laki-laki, sebutlah nama Allah, makanlah dengan tangan kananmu, serta makanlah dari makanan yang dekat denganmu,' Maka, demikianlah cara makanku sejak saat itu." (HR Bukhari dan Muslim).

- Menggunakan Tangan Kanan
Rasulullah SAW mengajarkan kita untuk makan dengan tangan kanan. Selain makan, Nabi Muhammad SAW juga melakukan kegiatan apapun dengan tangan kanan. Kecuali untuk membersihkan kotoran.

Dari Abdullah Bin Umar, Rasulullah SAW bersabda, "Jika salah seorang dari kalian makan, hendaklah ia makan dengan tangan kanannya dan minum dengan tangan kanannya. Sesungguhnya, setan makan dan minum dengan tangan kirinya." (HR Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, dan Ahmad).

- Jangan Makan Sambil Berdiri
Rasulullah SAW menganjurkan umat Islam untuk makan sambil duduk. Banyak manfaat yang didapat dengan makan sambil duduk. Hikmah dari ajaran Nabi mengenai makan-minum dengan duduk sebagai adab dan juga manfaat kesehatannya. Dalam sebuah hadits, Anas Bin Malik menuturkan bahwa Rasulullah SAW pernah menyebut perbuatan makan sambil berdiri sebagai perbuatan yang buruk. Rasulullah SAW bersabda:

"Kalau makan (sambil berdiri) maka itu lebih buruk dan keji," (HR Muslim).

- Tidak Meniup Makanan dan Minuman yang Panas
Adab makan dan minum sesuai anjuran Rasulullah SAW selanjutnya adalah tidak meniup makanan dan minuman yang panas. Rasulullah SAW bersabda:

"Apabila kalian minum, janganlah bernafas di dalam gelas, dan ketika buang hajat, janganlah menyentuh kemaluan dengan tangan kanan," (HR. Bukhari).

- Tidak Makan Berlebihan
Makan berlebihan tidak membawa hal positif, melainkan negatif dan merugikan, termasuk dalam kegiatan makan dan minum. Islam mengatur tata cara makan dan minum, termasuk anjuran agar tidak makan dan minum secara berlebihan. Bahkan, dalam Al-Qur'an surah Al A'raaf ayat 31, Allah SWT berfirman:

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ خُذُوْا زِيْنَتَكُمْ عِنْدَ كُلِّ مَسْجِدٍ وَّكُلُوْا وَاشْرَبُوْا وَلَا تُسْرِفُوْاۚ اِنَّهٗ لَا يُحِبُّ الْمُسْرِفِيْنَ

Artinya: "Wahai anak cucu Adam! Pakaianmu yang bagus pada setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, tetapi jangan berlebihan. Sungguh, Allah tidak menyukai orang yang berlebihan."

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 15 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya