Doa Sholawat Jibril Teks Arab, Latin dan Artinya, Ketahui Keutamaannya

"Berikut ini adalah bacaan shalawat Jibril teks Arab, Latin dan Artinya serta keutamaanya."

Life | 29 August 2022, 16:05
Doa Sholawat Jibril Teks Arab, Latin dan Artinya, Ketahui Keutamaannya

Membaca shalawat nabi adalah salah satu amalan yang memiliki banyak sekali keutamaan. Perintah membaca shalawat nabi adalah perintah Allah SWT melalui kitab suci Al Qur'an. Perintah Allah SWT kepada hambanya untuk bershalawat terdapat pada surat Al Ahzab ayat 56. Berikut ini adalah bacaan suratnya.

اِنَّ اللّٰهَ وَمَلٰۤىِٕكَتَهٗ يُصَلُّوْنَ عَلَى النَّبِيِّۗ  يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا صَلُّوْا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوْا تَسْلِيْمًا 

Artinya: “Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman! Bersalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam dengan penuh penghormatan kepadanya.”

Ada banyak bacaan shalawat, salah satunya adalah bacaan shalawat Jibril. Berikut ini adalah bacaan shalawat Jibril beserta keutamaanya.

Apa Itu Shalawat Jibril?

Daun.id

pixabay.com

Sholawat Jibril adalah bacaan sholawat kepada Nabi Muhammad SAW yang sudah ada sejak Allah menciptakan Siti Hawa. Dinamakan sholawat Jibril, lantaran yang pertama kali melafalkannya adalah malaikat Jibril.

Shalawat Jibril ini pertama kali dilafalkan oleh malaikat Jibril ketika mencontohkan nabi Adam. Ketika itu, shalawat tersebut digunakan sebagai mahar oleh Nabi Adam kepada Hawa.

Doa Shalawat Jibril Teks Arab, Latin dan Artinya

Berikut ini adalah bacaan shalawat Jibril dengan teks Arab, Latin dan 

صَلَّى اللّٰهُ عَلٰى مُحَمَّدٍ

SHALLALLAAHU 'ALAA MUHAMMAD

Artinya: “Semoga Allah swt. selalu melimpahkan shalawat kehadirat beliau Nabi Muhammad Saw.”

Keutamaan dan Fadhilah Shalawat Jibril

Daun.id

unplash.com

Keutamaan dari membaca shalawat Jibril diantaranya adalah: Barangsiapa rutin membacanya, maka ia akan mendapatkan pimpinan dari malaikat yang bagus-bagus. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan mendapatkan ampunan akan dosa-dosanya. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan ditinggikan derajatnya oleh Allah Swt. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan dicukupi kebutuhannya dunia akhirat oleh Allah Swt. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan mendapatkan pahala yang besar. Barangsiapa yang rutin membacanya, ia akan dianugerahi keselamatan oleh Allah dari segala malapetaka. 

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya