Cara Membuat Daftar Isi untuk Proposal dan Skripsi, Berikut Cara Mudahnya

"Berikut adalah tips membuat daftar isi yang mudah dan benar."

Life | 02 September 2022, 17:05
Cara Membuat Daftar Isi untuk Proposal dan Skripsi, Berikut Cara Mudahnya

Ketika kamu sedang mengerjakan skripsi, proposal atau makalah, pasti ada hal yang membuat kamu kerepotan. Tidak hanya yang baru belajar, yang sudah terbiasa saja kadang merasa sulit ketika membuat daftar isi. Apalagi jika daftar isi membuat banyak sekali pembahasan.

Fungsi dari daftar isi adalah untuk memudahkan penulis dan pembaca ketika mencari bab atau meteri yang diinginkan. Nah berikut ini adalah cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat daftar isi yang baik dan benar.

Pengertian Daftar Isi

Daftar isi merupakan bagian urutan judul pada tiap bab beserta halaman yang terdapat pada sebuah buku atau bentuk tulisan lainnya, termasuk skripsi dan proposal. Fungsi daftar isi yaitu untuk memudahkan kita mencari judul penulisan secara cepat tanpa harus mencari satu persatu.

Daftar isi yang terdapat dalam sebuah dokumen berfungsi sebagai peta bagi pembaca, sehingga membuat pembaca lebih mudah untuk menemukan informasi dalam dokumen berdasarkan judul dan nomor halaman. 

Cara Mebuat Daftar Isi Manual

Daun.id

istimewa

Terdapat beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat daftar isi. Saat kamu ingin membuat daftar isi, kamu dapat melakukanya dengan cara manual. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

- Pada menu 'Home' > 'Paragraph', klik jarum yang berada di sudut kanan kanan bawah. Selanjutnya akan muncul jendela pop-up.

- Pilih 'Left' untuk bagian Alignment.

- Klik 'Tabs' dan Ok'.

- Pada jendela pop-up yang baru, isi tab stop position dengan 15, untuk alignment pilih 'Right', pada bagian leader klik angka '2'.

- Klik 'Set' dan 'Ok'.

- Untuk memunculkan titik, letakkan kursor misalnya pada kalimat Kata Pengantar, klik 'Tab' pad keyboard. Selanjutnya akan muncul titik-titik. 

- Isi nomor halaman secara manual.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Daun.id

istimewa

Cara membuat daftar isi otomatis di Word, kamu bisa melakukannya dengan memilih heading styles ke text yang ingin kamu sertakan di daftar isi. Setelah itu, Word akan secara otomatis menjadi daftar isi Anda dari berbagai heading yang ada di dokumen kamu.

Cara buat daftar isi otomatis pertama adalah pilih teks yang Anda ingin masukkan ke dalam daftar isi, kemudian di tab Home, pilih heading style, misalnya Heading 1.

Lakukan cara ini pada setiap text yang ingin kamu masukkan ke dalam daftar isi. Contohnya adalah, saat kamu ingin menulis sebuah proposal, kamu bisa menggunakan Heading 1 untuk setiap judul bab di proposal kamu. Dengan cara ini kamu dapat membuat daftar isi otomatis yang bisa di update langsung saat Anda mengubah heading text, sequence, atau level. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

- Klik menu 'References' dan pilih opsi 'Table of Contents'.

- Pada pilihan opsi, pilih format 'Automatic Table 1'.

- Microsoft Word akan secara otomatis membuat daftar isi yang memuat sub-judul pada setiap halaman beserta keterangan.

- Apabila hendak menambahkan atau memperbarui isi dokumen, maka daftar isi juga wajib untuk diperbarui.

- Caranya, cukup klik 'References' > 'Update Table' dan pilih antara opsi 'Update page numbers only' atau 'Update entire table'.

- Opsi 'Update page numbers only' berfungsi untuk memperbarui nomor halaman saja tanpa melakukan perubahan pada teks judul.

- Sedangkan, 'Update entire table' memungkinkan Anda untuk memperbarui seluruh daftar isi, termasuk halaman dan teks judul yang baru ditambahkan pada isi dokumen sebelumnya.

- Apabila terdapat entri yang hilang pada daftar isi, silakan klik menu Home > Style > Heading 1.

- Kemudian masukkan nama teks judul serta halaman yang diinginkan.

Cara Membuat Daftar Isi di Microsoft Word MacOS

Cara membuat daftar isi di Microsoft Word MacOS Proses membuat daftar isi di MacOS tak jauh berbeda dengan yang ada di Windows 10. Berikut ini adalah cara membuat daftar isi di Microsoft Word MacOS:

- Klik References > Update Table dan pilih antara opsi 'Update page numbers only' atau 'Update entire table'.

- Opsi 'Update page numbers only' berfungsi untuk memperbarui nomor halaman saja tanpa melakukan perubahan pada teks judul.

- Sedangkan, 'Update entire table' memungkinkan kamu untuk memperbarui seluruh daftar isi, termasuk halaman dan teks judul yang baru ditambahkan pada isi dokumen sebelumnya.

- Klik References > Table of Contents > Auto Contents dan daftar isi akan muncul secara otomatis.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 27 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:50 ISYA 19:01  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya