Cara Membuat CV di HP dengan Aplikasi dan Manual

"Ikuti cara-cara berikut ini agar kamu dapat membuat CV dengan baik dan benar."

Life | 07 September 2022, 17:15
Cara Membuat CV di HP dengan Aplikasi dan Manual

Salah satu syarat umum yang dibutuhkan kamu butuhkan ketika ingin melamar pekerjaan adalah menyiapkan Curriculum Vitae atau yang lebih dikenal dengan CV.

Di dalam CV pada umumnya terdiri atas data diri,  riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan, skill atau keterangan yang dimiliki hingga riwayat pelatihan atau kursus.

CV ini adalah dokumen yang sangat penting saat melamar pekerjaan, sehingga kamu perlu menyiapkannya matang-matang. Agar kamu dapat menyiapkan CV dengan baik, kamu perlu memahami tentang fungsi dan hal-hal terkait CV yang lainnya.


Fungsi Curriculum Vitae

Dari Curriculum Vitae (CV) HRD dapat menilai apakah kamu pantas masuk dalam perusahaan atau tidak. Berikut ini adalah fungsi dan kegunaan CV:

- Mempermudah mengevaluasi kompetensi dan bakat pelamar yang memiliki relevansi dengan apa yang benar-benar dibutuhkan oleh perusahaan.

- CV ini mendeskripsikan kemampuan yang dimiliki dengan cara realistis dan sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan. 

- Mendiskripsikan tingkat relevansinya tergantung dari teknik evaluasi yang dilakukan pelamar.

Membuat CV di HP dengan Aplikasi 

Curriculum Vitae atau CV dapat dibuat dengan berbagai macam cara, baik dari komputer, laptop hingga HP. Dalam pembahasan kali ini, kami menyajikan tentang Cara Membuat CV di HP dengan Aplikasi dan Manual. Berikut ini adalah cara membuat CV dengan mengggunakan Aplikasi di HP.

Membuat CV dengan Canva
Daun.id

istimewa

Canva adalah salah satu aplikasi desain gratis yang menyediakan berbagai macam template desain, termasuk salah satunya adalah template CV. Kamu bisa memilih template CV mana yang ingin kamu gunakan sesuai dengan karakter yang mau kamu tunjukkan.

Cara menggunakan Canva untuk membuat CV sangat mudah, kamu hanya perlu memasukkan informasi kamu dibutuhkan. Setelah selesai, CV dapat kamu unduh sesuai dengan format file yang kamu butuhkan. Kamu bisa mengakses Canva melalui web dan aplikasi pada iOS dan Android.

Membuat CV dengan Resume Builder & CV Maker
Daun.id

istimewa

Aplikasi Resume Builder & CV Maker dapat kamu akses dengan HP. Aplikasi Resume Builder & CV Maker ini memiliki berbagai macam template yang dapat kamu gunakan untuk membuat CV sesuai dengan kebutuhan kamu.

Fitur yang disediakan aplikasi ini diantaranya yaitu lebih dari 100 template dan format resume, 250+ cover letter, berbagai pilihan jenis font, dan masih banyak lainnya. Salah satu kelebihan dari aplikasi ini adalah, kamu dapat membuat CV lebih dari 1 halaman.

Membuat CV dengan Easy Resume Builder
Daun.id

istimewa


Aplikasi yang dapat membantu kamu membuat CV lainnya adalah Easy Resume Builder, aplikasi ini dapat kamu gunakan untuk membuat CV secara gratis.
 
Aplikasi baik banget untuk kamu yang fresh graduate yang baru pertama kali membuat CV karena kemudahannya dan fitur-fitur pendukungnya yang lengkap.

Resume Star
Daun.id

istimewa

Aplikasi Resume Star menjadi salah satu rekomendasi buat kamu yang ingin membuat CV cuma lewat HP, kamu bisa membuat CV lebih dari satu sesuai dengan kebutuhan kamu. File CV yang sudah kamu buat bisa langsung kamu bagikan melalui email dengan format PDF.

PathSource Resume
Sama dengan aplikasi pembuat CV pada umumnya, aplikasi ini punya berbagai desain yang bisa kamu pilih sesuai dengan bidang kamu.  

Cara Membuat CV Manual dengan Microsoft Word

Ketika membuat CV di Word, kamu menemukan template yang sudah disediakan. Menggunakan template adalah salah satu cara membuat CV di Word yang cocok untuk pemula, karena tidak perlu lagi memikirkan layout CV Word milikmu. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat CV di Word.

- Buka aplikasi Microsoft Word.

- Klik opsi “More Templates” atau pilih “Resume and Cover Letters”.

- Pilih template Word CV yang kamu paling sukai.

- Klik “Create”.

- Simpan CV Ms Word.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya