3 Cara Membuat STRP Jakarta, Ketahui Syarat dan Dokumen Lengkapnya

"Pengajuan STRP dapat dilakukan dengan mudah dan praktis melalui cara ini."

Tech | 26 September 2022, 06:42
3 Cara Membuat STRP Jakarta, Ketahui Syarat dan Dokumen Lengkapnya

STRP atau Surat Tanda Regristasi Pekerja, hal ini telah diberlakukan di Ibu Kota Jakarta. Pemberlakuan ini berguna untuk memudahkan dalam mengendalikan mobilitas masyarakat yang keluar atau masuk pada saat wilayah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Pentingnya surat ini diperuntukkan bagi pekerja di sektor esensial, kritikal, maupun seorang yang sedang memiliki kebutuhan mendesak. Pada saat beberapa waktu yang lalu, pemeriksaan STRP pernah dilakukan selama penerapan PPKM di Jakarta. Pada saat itu pula para petugas melakukannya dibeberapa sejumlah titik.

Sehingga penting untuk membuat STRP saat sedang memilih hidup di Jakarta. Dalam proses pengajuannya dapat dilakukan secara individu maupun kolektif. Jika dilakukan secara kolektif biasanya akan diurus oleh penanggung jawab perusahaan. Pengajuan STRP dapat dilakukan melalui aplikasi online jakEVO.

Hanya orang-orang tertentu saja yang dapat keluar masuk Jakarta secara bebas tanpa STRP. Misalnya dibeberapa kementrian, lembaga, atau instasi pemerintah. Seperti halnya TNI, POLRI, Bank Indonesia, dan OJK. Selain itu juga pada penanganan pandemi yang terbilang sebagai urusan mendadak.

Cara Membuat STRP Jakarta

Daun.id

sumber; pexels.com

Guna melakukan pengajuan STRP diperlukan beberapa syarat dan dokumen yang perlu dilengkapi. Berikut ini beberapa syarat dan dokumen yang perlu disiapkan saat melakukan pengajuan STRP, baik secara perorangan maupun kolektif.

1. Syarat dan dokumen pengajuan STRP secara perorangan

- Menyertakan KTP pemohon
- Bagi yang sudah vaksin menyertakan sertifikat vaksin. Bagi yang belum melampirkan surat kesediaan melakukan vaksin dalam waktu dekat.
- Foto pemohon berukuran 4x6 berwarna.
- Surat pengantar RT/RW, yang dikhususkan untuk pemohon dengan kebutuhan mendesak.

2. Syarat dan dokumen untuk pengajuan STRP secara kolektif melalui perusahaan

- Menyertakan KTP pemohon atau penaanggung jawab.
- Melampirkan surat tugas dari perusahaan, untuk pengajuan secara kolektif wajib dilampirkan nama, NIK, KTP, foto, alamat tempat tinggal dan alamat yang dituju pemohon.
- Menyertakan sertifikat vaksin dengan masa transisi satu minggu. Jika belum, maka melampirkan surat kesediaan vaksin dalam waktu dekat.
- Foto warna 4X6 yang dilampirkan pada surat tugas.
- Memasukan Nomor Induk Berusaha, bagi perusahaan swasta saja.

Itulah persyaratan dan dokumen yang perlu dilengkapi terlebih dahulu. Setelah lengkap dapat melangkah ke tahap selanjutnya.

3. Cara membuat STRP Jakarta

Jika syarat dan dokumen yang dibutuhkan sudah lengkap, kini tinggal melakukan langkah pengajuannya. Berikut ini langkah membuat STRP Jakarta :

- Melakukan login pada aplikasi terpadu JakEvo melalui link ini jakevo.jakarta.go.id
- Melengkapi atau mengisi formulir permohonan unggah dokumen persyaratan atau pengajuan STRP.
- STRP akan diterbitkan melalui tanda tangan elektrik ataupun ditolak sesuai dengan alasan yang tercantum di Undang-Undang.
- Secara rutin melakukan pengecekan proses pengajuan STRP melalui aplikasi JakEvo atau link jakevo.jakarta.go.id (Klik menu STRP yang terdapat di halaman depan, lalu masukkan NIK dan Nomor HP pemohon.
- Jika sudah berhasil surat ini dapat dicetak secara langsung di website tersebut. Selain itu surat penolakan STRP juga dapat di cetak pula melalui website ini.

Demikianlah langkah-langkah yang harus ditempuh ketika ingin melakukan pengajuan STRP Jakarta. Penerbitan STRP dapat dipastikan paling lambat 5 jam setelah proses pelengkapan dokumen dilakukan.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya