8 Cara Melihat Tagihan BPJS Secara Online dengan Cepat

"Sangat mudah dan gampang"

Tech | 10 October 2022, 14:20
8 Cara Melihat Tagihan BPJS Secara Online dengan Cepat

Cara untuk tagihan yang ada di BPJS terkadang dilakukan untuk memastikan berapa uang tersimpan. Menjadi tabungan yang cukup untuk membantu dalam proses pengurusan keuangan terkait kesehatan. Agar biaya lebih ringan.

Selain itu pengertian BPJS Ketenagakerjaan adalah badan hukum publik yang dibentuk melalui Undang-Undang No 24 Tahun 2011 Tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial dengan tujuan mewujudkan terselenggaranya pemberian jaminan terpenuhinya kebutuhan dasar yang layak bagi setiap peserta dan/atau anggota keluarganya.

Sementara, fungsi BPJS Ketenagakerjaan untuk menyelenggarakan program jaminan sosial ketenagakerjaan berdasarkan Undang-Undang No 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional terdiri dari:

1. Cara cek tagihan BPJS Kesehatan via WhatsApp

Daun.id

sumber: pixabay

Pertama-tama peserta perlu kirim pesan ke nomor Layanan CHIKA (Chat Asistant JKN) di 08118750400. Tunggu balasan pesan otomatis oleh CHIKA, dan kemudian balas dengan ketik angka "2" atau menu Cek Tagihan Iuran.

Selanjutnya ketikkan nomor peserta BPJS Kesehatan atau Nomor Induk Kependudukan (NIK). Setelah itu masukkan kembali tanggal lahir dengan format yyyy-mm-dd (tahun-bulan-tanggal lahir)

Barulah setelahnya akun Whatsapp CHIKA akan menampilkan tagihan iuran BPJS Kesehatan beserta status pembayaran peserta.

2. Cek Tagihan BPJS Lewat Website

Daun.id

sumber: bpjs-kesehatan.go.id

Cara cek pembayaran BPJS Kesehatan pertama dengan mengunjungi laman di alamat https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/. Kemudian, peserta diminta untuk mengisi data yang diminta.

Adapun, data untuk login BPJS Kesehatan tagihan adalah nomor kartu BPJS Kesehatan, tanggal lahir, dan angka validasi. Setelah mengisi semua data klik 'cek' dan data pembayaran akan keluar.

Data cek pembayaran BPJS Kesehatan akan menunjukkan nama peserta, jumlah anggota keluarga yang ikut, hingga status aktif, atau tidak. Selain itu, peserta juga bisa cek denda BPJS di laman yang sama. Pada sisi paling kanan akan tertera jumlah tagihan yang mesti dibayarkan pada bulan ini.

3. Cek Tagihan BPJS Lewat SMS
Cek pembayaran BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan dengan SMS. Pengguna cukup membuka SMS dan ketik 'NIK (spasi) Nomor Kependudukan atau NOKA (spasi) Nomor Kartu BPJS Kesehatan'.

Bila data yang dimasukkan sudah benar kirim SMS cek pembayaran BPJS Kesehatan ke nomor layanan BPJS di 08777-5500-400.

4. Cara cek tagihan BPJS Kesehatan via telepon

Daun.id

sumber: pixabay

Cara cek tagihan BPJS Kesehatan bisa dilakukan dengan menelepon Care Center 165. Caranya, peserta hanya perlu menghubungi nomor 165 untuk mengetahui tagihan iuran BPJS Kesehatan. Nantinya, operator akan menginformasikan jumlah tagihan BPJS Kesehatan yang harus dibayar peserta.

5. Cara cek tagihan BPJS Kesehatan via JKN Mobile
Cara cek tagihan BPJS Kesehatan melalui Mobile JKN bisa dilakukan setelah mengunduh aplikasi JKN Mobile. Berikut tahapan cara cek tagihan BPJS Kesehatan dengan JKN Mobile:

- Download aplikasi JKN Mobile di Play Store (Android) atau App Store (iOS)
- Daftar atau login menggunakan NIK atau nomor BPJS
- Klik “Menu Lainnya”
- Pilih “Info Iuran”
- Nantinya akan muncul rincian tagihan iuran BPJS bagi peserta mandiri.

Sementara, bagi peserta PPU info mengenai tagihan iuran BPJS Kesehatan tidak akan muncul di menu tersebut sebab biasanya iuran BPJS Kesehatan sudah dibayarkan oleh pemberi kerja. Selain cek tagihan BPJS Kesehatan, melalui aplikasi ini pula, masyarakat bisa memanfaatkan banyak fasilitas dan fitur yang ditawarkan.

6. Cara cek tagihan BPJS Kesehatan via Chika
Cara cek tagihan BPJS Kesehatan ketiga yakni melalui Chika. Layanan Chika atau Chat Assistant JKN adalah layanan BPJS Kesehatan yang membantu peserta mendapatkan informasi dengan cepat.

Chika bisa diakses melalui beberapa aplikasi media sosial, seperti Facebook Messenger yang dapat diakses melalui facebook.com/BPJSKesehatanRI/. Melalui aplikasi Telegram di @CHIKA_BPJSKesehatan_bot, serta aplikasi WhatsApp di nomor 0811-8750-400. Berikut cek tagihan BPJS Kesehatan via Chika:

- Chat Chika melalui Facebook Messenger, Telegram, atau WhatsApp.
- Pilih "Cek Tagihan Iuran" dengan ketik angka 2.
- Selanjutnya, balas pesan Chika dengan nomor peserta BPJS Kesehatan atau Nomor Induk Kependudukan (NIK).
- Ketik tanggal lahir dengan format yyyy-mm-dd atau tahun-bulan-tanggal.
- Chika akan menampilkan informasi iuran BPJS Kesehatan beserta status pembayarannya.

7. Cek tagihan BPJS Kesehatan via Tokopedia
Bagi pengguna Tokopedia, bisa juga mengecheck tagihan BPJS melalui platform e-commerce satu ini. Berikut ini caranya:

- Buka laman Tokopedia lalu pilih menu produk BPJS. Atau bisa juga klik link https://www.tokopedia.com/tagihan/bpjs-kesehatan/
- Masukan nomor peserta BPJS Kesehatan, lalu submit.
- Sistem akan secara otomatis mengeluarkan rincian pembayaran BPJS Kesehatan.

8. Cara cek tagihan BPJS Kesehatan lewat aplikasi LinkAja
Berikut cara cek tagihan BPJS Kesehatan lewat aplikasi LinkAja:

- Unduh aplikasi LinkAja di App Store dan Play Store
- Kemudian daftarkan diri dengan mengisi data diri yang diperlukan sesuai petunjuk aplikasi LinkAja
- Jika sudah berhasil terdaftar, di halaman utama pilih menu lainnya
- Klik menu Beli/Bayar Tagihan, lalu pilih Asuransi
- Pilih BPJS Kesehatan
- Kemudian input ID Pelanggan LinkAja dan nomor peserta BPJS Kesehatan
- Jika nomor yang dimasukkan sudah benar, maka peserta bisa melihat data nama, nomor BPJS Kesehatan, biaya admin, jumlah tagihan, dan jumlah keseluruhan total pembayaran.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya