Cara Melihat Kecepatan Wifi di HP dan Laptop, Mudah dan Simpel

"Jika kamu penasaran dengan bagaimana cara melihat kecepatan Wifi, berikut ini adalah langkah-langkahnya."

Tech | 15 October 2022, 16:32
Cara Melihat Kecepatan Wifi di HP dan Laptop, Mudah dan Simpel

Menyambung dengan jaringan wifi yang lambat adalah sebuah yang menyebalkan. Proses download atau pun unduh tidak akan bisa berjalan secara maksimal jika menyambung wifi yang lambat. Sehingga kamu perlu memastikan terlebih wifi yang yang kamu sambungi cepat atau lambat.

Untuk memastikan kecepatan jeringan wifi cepat atau lambat, kamu bisa mengeceknya dengan beberapa cara. Berikut ini adalah cara melihat kecepatan wifi di HP dan Laptop.

Cara Melihat Kecepatan Wifi di HP dan Laptop

Untuk dapat melihat kecepatan wifi, kamu bisa melihatnya dengan beberapa cara. Cara yang bisa kamu lakukan juga relatif mudah dan simpel.

Kamu bisa melihat kecepatan jaringan wifi melalui situs web, pengguna bisa cek kecepatan wifi berdasar ukuran kecepatan unduh dan unggah dalam satuan Mbps (Megabit per second), serta ukuran latensi atau waktu yang dibutuhkan untuk transmisi data internet dalam satuan Ms (Milisecond). Berikut ini adalah cara melihat kecepatan wifi di HP dan Laptop:

Melihat Kecapatan Wifi dengan Speedtest by Ookla
Daun.id

istimewa

Speedtest by Ookla merupakan salah satu situs untuk mengecek kecepatan internet yang cukup terkenal. Cara cek kecepatan WiFi lewat Speedtest by Ookla bisa diakses dengan mengunjungi halaman ini https://www.speedtest.net/id.

Setelah membuka halaman tersebut, silakan klik opsi “Mulai” dan situs web bakal memulai mendeteksi kecepatan unduh, unggah, dan latensi dari jaringan WiFi yang terhubung di perangkat. Pemeriksaan kecepatan mungkin bakal membutuhkan waktu sekitar 3 menit.

Melihat Kecapatan Wifi dengan Fast.com
Daun.id

istimewa

Fast.com merupakan situs untuk mengecek kecepatan internet yang dikembangkan oleh perusahaan Netflix. Cara cek kecepatan WiFi lewat Fast.com bisa diakses dengan mengunjungi laman ini https://fast.com melalui browser di laptop dan HP.

Saat laman terbuka, pengguna tak perlu mengetuk opsi apapun untuk cek kecepatan WiFi. Situs bakal memulai pemeriksaan secara otomatis. Hasil pemeriksaan kecepatan WiFi bakal muncul setelahnya.

Melihat Kecapatan Wifi dengan SpeedSmart
Daun.id

isitmewa

SpeedSmart merupakan situs web dengan fitur utama untuk melakukan cek kecepatan internet. Untuk memulai memeriksa kecepatan internet lewat situs ini, silakan kunjungi laman https://speedsmart.net. Saat laman terbuka, klik opsi “Start Test”.

Dengan mengetuk opsi tersebut, situs bakal memulai melakukan pemeriksaan kecepatan unduh, unggah, dan latensi pada jaringan WiFi yang tengah terhubung ke perangkat. Setelah itu, SpeedSmart bakal menampilkan hasilnya.

Melihat Kecapatan Wifi dengan Speed Test Google
Google juga memiliki layanan untuk memeriksa kecepatan koneksi internet pada WiFi. Untuk mengakses layanan ini, silakan kunjungi Google Search pada browser di HP atau laptop, lalu lakukan pencarian dengan kata kunci “Speed Test”.

Setelah itu, di daftar teratas hasil pencarian Google Search, bakal muncul kolom khusus untuk pengujian kecepatan internet. Klik opsi “Jalankan Uji Kecepatan” pada kolom tersebut dan hasilnya bakal ditampilkan pada pop up halaman informasi baru.

Melihat Kecapatan Wifi dengan Open Speed Test
Daun.id

istimewa

Sama seperti keempat situs web di atas, Open Speed Test juga memiliki fitur utama untuk melakukan cek kecepatan internet. Cara cek kecepatan internet lewat Open Speed Test bisa dilakukan dengan mengunjungi laman ini https://openspeedtest.com/.

Saat laman telah terbuka, klik ikon “play” untuk memulai proses pemeriksaan kecepatan internet pada WiFi yang terhubung di perangkat. Setelah pemeriksaan selesai, pengguna bisa melihat hasil kecepatan unduh, unggah, dan latensi dari jaringan WiFi miliknya.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya