Cara Mencari Sinyal TV Digital 2022, Mudah dan Praktis

"Cara mencari sinyal TV Gigital sangat mudah, berikut ini adalah cara mencari sinyal TV Digital."

Tech | 04 November 2022, 18:45
Cara Mencari Sinyal TV Digital 2022, Mudah dan Praktis

Perubahan televisi (TV) analog ke TV digital membuat masyarakat diharuskan mengubah kebiasaan mereka dari TV analog ke TV digital yang lebih modern. Meskipun tujuan dari perubahan TV ini memiliki tujuan yang baik, namun masyarakat tetap memerlukan waktu untuk membiasakan diri.

Jika kamu belum memiliki TV digital, tidak perlu membeli TV baru. Kamu dapat menambahkan perangkat penerima DVB-T2 bernama set top box pada TV kamu. Sedangkan untuk TV digital, bisa melakukan pemrograman ulang agar bisa menangkap sinyal baru. Pada kesempatan ini, Sahabat Daun akan memberikan ulasan mengenai cara mencari sinyal TV Digital 2022.

Penyebab Sinyal TV Digital Menghilang

Daun.id

pexels.com

Terdapat beberapa sebab yang menyebabkan sinyal TV menghilang. Berikut ini adalah sebab-sebab sinyal TV Digital menghilang.

Kabel Antena Putus
Meskipun sudah beralih ke siaran digital, TV masih membutuhkan alat penangkap sinyal, seperti antena atau parabola. Apabila sinyal tidak ditemukan, bisa saja permasalahannya di sini. Ada kabel pada antena yang terputus dan tidak dapat menangkap sinyal.

Jack Penghubung Antena Rusak
Selain kabel, kendala juga bisa disebabkan oleh jack yang rusak. Padahal komponen tersebut berperan sebagai penghubung antara tuner TV ke antena. Jika rusak, otomatis tidak dapat menghasilkan sinyal.

Posisi Antena Berubah
Penyebab ketiga jika sinyal tidak juga tertangkap setelah dicari lewat scan ulang yaitu posisi antena berubah. Biasanya karena arahnya yang kurang tepat. Bisa juga disebabkan angin kencang dan dihinggapi oleh hewan.

Lokasi Belum Terima Sinyal TV Digital
Penyebab terakhir inilah yang paling sering diabaikan. Meskipun dicari berulang kali, jika wilayahnya belum menerima sinyal TV digital, tidak akan tertangkap. Biasanya pada lokasi dataran tinggi atau pedalaman. 

Cara Mencari Sinyal TV Digital 2022

Daun.id

pexels.com

Kasus hilang sinyal tersebut mungkin saja terjadi akibat peralihan dari analog ke digital. Tapi tidak perlu khawatir. Agar tidak ketinggalan acara favorit di channel tertentu, ikuti saja cara yang akan diterangkan di bawah:

Memprogram Ulang TV
Untuk mencari sinyal yang hilang pada TV digital, kamu dapat melakukan pemrograman ulang. Tujuannya yaitu menangkap sinyal baru dan channel TV bisa dinikmati kembali. Berikut ini adalah langkah-langkahnya di bawah:

- Apa Itu Link Building, Ketahui Pengertian Dan Jenis-Jenisnya
Trending.

- Tekan Menu pada remote TV digital.

- Pakai tombol dengan tanda panah untuk memilih opsi Saluran.

- Tekan OK yang biasanya terletak di tengah remote.

- Geser lagi menuju opsi Pemindaian Saluran.

- Pilih jenis saluran televisi. Bisa Digital atau Semua Saluran.

- Tekan lagi tombol OK untuk menyetujui program ulang.

- Setelah mendapatkan sinyal kembali dan ada informasi channel beserta satelitnya, keluar dari Menu.

Men-scan TV LED Untuk Semua Merek
Cara mencari sinyal TV digital yang hilang yaitu dengan melakukan scan ulang. Rata-rata TV LED sudah mendukung siaran TV digital. Tapi pastikan dulu dengan mengecek spesifikasinya pada kardus atau melihat informasinya di internet. Selanjutnya, ikuti langkah berikut:

- Pilih tombol Pengaturan atau Setting pada remote.

- Kemudian geser ke submenu Program/Programmes.

- Tentukan metode scan yang diinginkan, bisa manual atau otomatis. 

- Jika memilih otomatis, pilih Auto Tuning.

- Pilih Antenna jika menggunakan tambahan antena sebagai alat penangkap sinyal.

- Kalau menggunakan DVB-T2, pilih Cable.

- Centang pada opsi Digital Only Tuning.

- Tunggu dan cek sinyal yang berhasil tertangkap. 

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya