Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat paling Efektif, Hindari Penyebabnya 

"Berikut adalah tips mengatasi gigi berlubang tanpa obat medis."

Life | 30 December 2022, 15:00
Cara Mengatasi Sakit Gigi Berlubang Tanpa Obat paling Efektif, Hindari Penyebabnya 

Sakit gigi karena gigi berlubang tentu bukan hal yang nyaman untuk dirasakan. Rasa sakit berdenyut-denyut yang tak kunjung reda membuat aktivitas keseharian terganggu. Gigi berlubang umumnya disebabkan karena kurangnya perawatan pada gigi yang mengalami iritasi. Sementara sakit gigi pada umumnya terjadi karena infeksi gigi, pembusukan, cidera atau gigi copot.

Rasa nyeri juga berasal dari daerah lain yang memancar ke rahang sehingga menyebabkan sakit gigi. Bagian lain yang umum terjadi termasuk sendi rahang, sakit telinga, sinus, hingga masalah jantung. Sakit gigi dapat ditimbulkan oleh beberapa sebab. Berikut ini adalah penyebab sakit gigi:

Produk pemutih gigi
Produk pemutih gigi memiliki risiko gigi menjadi lebih sensitif. Namun jangan khawatir nyeri hanya bersifat sementara. Setelah berhenti menggunakan produk pemutih, nyeri akan mereda.
Daun.id

unplash.com

Kerusakan gigi
Saat bakteri dan sisa makanan menumpuk, keduanya akan menghasilkan zat asam yang dapat merusak enamel gigi dan menyebabkan timbulnya lubang pada gigi (karies), khususnya pada enamel atau lapisan terluar gigi.

Gigi sensitif
Gigi sensitif menyebabkan rasa nyeri dan ngilu akibat tereksposnya dentin gigi ke lingkungan luar. Dentin merupakan saluran di dalam gigi yang dipenuhi serabut saraf. Paparan suhu dingin atau panas pada saluran inilah yang menyebabkan gigi terasa ngilu dan tidak nyaman.

Radang gusi (gingivitis)
Salah satu gangguan gusi yang umum terjadi yaitu radang gusi (gingivitis). Infeksi bakteri menyebabkan gusi bengkak dan meradang.

Infeksi gusi (periodontitis)
Jika mengalami radang gigi (gingivitis) dan tidak segera mendapat pengobatan dapat menyebabkan komplikasi berupa infeksi gusi (periodontitis). Infeksi serius bisa merusak jaringan lunak dan tulang penyokong gigi. Tanpa pengobatan, periodontitis bisa membuat gigi tanggal. Bahkan, penyakit ini mungkin bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan serius, seperti serangan jantung dan stroke.

Abses gigi
Abses gigi adalah kondisi dimana terdapat kantong berisi nanah di area gigi dan gusi. Kondisi ini disebabkan oleh infeksi bakteri di dalam lubang gigi yang tidak ditangani. Kondisi ini akan menyebabkan rasa nyeri yang berdenyut dan terasa menyakitkan. Selain itu, rasa sakit bisa muncul tiba-tiba dan menjadi lebih intens selama beberapa jam.

Impaksi gigi bungsu
Gigi bungsu atau gigi geraham ketiga bukanlah masalah bila tumbuh dengan normal. Namun, akan jadi masalah bila gigi ini tumbuh dengan posisi miring alias mengalami impaksi. Gigi geraham bungsu yang tumbuh miring bisa merusak gigi sebelahnya, merusak saraf, serta menyebabkan kerusakan pada tulang rahang.

Gigi retak dan patah
Kedua kondisi ini berpotensi menyebabkan penipisan atau terbukanya struktur gigi terluar. Akibatnya, bagian dentin gigi yang sangat sensitif terekspos ke lingkungan luar.
Daun.id

pexels.com

Cara Mencegah Gigi Berlubang

Terdapat beberapa cara untuk mencegah sakit gigi, yaitu:

1. Menyikat gigi secara rutin
Menyikat gigi secara rutin dengan cara tepat setiap hari merupakan cara mencegah sakit gigi paling utama tapi sering dianggap sepele.

Dikutip dari Mayo Clinic, American Dental Association merekomendasikan untuk rutin menyikat gigi dua kali dalam sehari. Hal ini dikarenakan menyikat gigi bermanfaat untuk membersihkan sisa makanan serta plak yang mengandung bakteri didalamnya.

2. Menggunakan pasta gigi yang tepat
Saat menyikat gigi, coba untuk menggunakan pasta gigi yang tepat. Memilih pasta gigi dengan kandungan fluoride dapat menjadi salah satu cara mencegah sakit gigi.

3. Menggunakan sikat gigi yang tepat
Daun.id

pexels.com

Tidak hanya pasta gigi, Kamu pun disarankan untuk menggunakan sikat gigi yang tepat sebagai cara mencegah terjadinya sakit gigi. Apalagi, setiap orang mempunyai ukuran rahang yang berbeda-beda.

Maka dari itu, Kamu perlu memilih ukuran sikat yang tepat sehingga dapat menjangkau area gigi yang sulit dijangkau agar tetap bersih. Pilih pula sikat gigi dengan pegangan yang nyaman.

4. Membersihkan dengan benang gigi
Apabila Kamu tidak sempat menyikat gigi sehabis makan, Kamu bisa mencegah terjadinya sakit gigi dengan menggunakan benang gigi.

Penggunaan benang atau dental floss bermanfaat untuk meningkatkan kebersihan mulut Kamu. Cara kerjanya adalah membersihkan partikel serta plak yang tertinggal dan masih menumpuk karena sulit dijangkau.

5. Pilih obat kumur dengan kandungan yang aman
Selain untuk mengusir bau mulut, obat kumur juga dapat menjadi cara kamulan Kamu untuk mencegah kena sakit gigi. Kandungan di dalam obat kumur diklaim mampu mengontrol pertumbuhan bakteri sekaligus mengurangi plak yang masih menempel.

Obat kumur dengan kandungan fluoride dapat mencegah masalah gigi seperti karies dan gigi keropos. Lalu, Kamu juga bisa menggunakan obat kumur yang mempunyai kandungan hidrogen peroksida sebanyak 3% untuk membunuh bakteri.

6. Kurangi makan/minum yang dapat merusak gigi
Bagi sebagian orang, mengonsumsi makanan atau minuman tertentu terasa tidak ada masalah. Padahal, ada beberapa jenis makanan atau minuman yang dapat menyebabkan sakit gigi. Misalnya, seperti makanan atau minuman yang panas, dingin, asam, lengket, dan manis berlebih.

7. Berkumur dengan larutan garam
Selain berkumur dengan obat kumur atau mouthwash, Kamu juga bisa menggunakan cara alami untuk mencegah sakit gigi. Yaitu, dengan rutin berkumur menggunakan air larutan garam.

8. Rutin memeriksakan gigi ke dokter
Sudahkah Kamu pergi ke dokter gigi dalam rentang waktu 6 bulan sekali? Walaupun sebagian orang menganggap remeh, pemeriksaan gigi oleh dokter dapat mendeteksi sekaligus mengobati berbagai masalah gigi yang sebelumnya tidak Kamu ketahui.

Obat Alami Gigi Berlubang

Terdapat beberapa obat alami yang bisa kamu gunakan untuk mengobati gigi berlubang, yaitu:

1. Lemon
Daun.id

pixabay.com

Keasaman lemon dinilai cukup efektif untuk mengatasi sakit gigi. Lemon mengandung antiseptik dan antibakteri. Cara menggunakan lemon untuk meredakan sakit gigi sederhana. Peras lemon dan teteskan pada gigi yang terasa sakit. Kamu bisa mencampurkan dengan perasan buah lemon dengan sedikit air menggunakan kapas, lalu aplikasikan pada gigi yang sakit.

2. Berkumur Air Garam
Berkumur dengan garam cukup efektif untuk mengobati sakit gigi. Cara mengatasi sakit gigi dengan air garam cukup simpel. Pertama, larutkan satu sendok teh garam di air mendidih. Kemudian, berkumurlah selama kurang lebih 30 detik sebelum membuang air itu dari mulut. Jangan sampai airnya tertelan. Berkumur air garam mampu membersihkan daerah sekitar gigi dan menarik keluar cairan yang menyebabkan pembengkakan.

3. Cuka Apel
Cuka apel juga bisa kamu gunakan untuk meredakan sakit gigi. Cuka apel mengandung senyawa antimikroba dan antibakteri yang efektif untuk meredakan sakit gigi. Caranya juga mudah, gunakan cuka apel dan berkumurlah setidaknya selama 30 detik.

4. Daun Jambu
Daun jambu bersifat analgesik, anti radang sekaligus sebagai antimikroba. Cara menggunakannya kunyahlah daun jambu merah yang bersih sebanyak satu atau dua lembar hingga ekstraknya keluar. Selanjutnya, oleskan ekstrak daun pada bagian gigi yang sakit menggunakan lidah.

Selain itu, kamu bisa juga dengan merebus lima lembar daun jambu. Setelah mendidih, diamkan rebusan tadi sampai suhunya menghangat, lalu tambahkan sedikit garam. Selanjutnya, pakai rebusan tersebut untuk berkumur.

5. Minyak Cengkeh
Cengkeh sendiri banyak digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan India sejak berabad-abad lamanya. Cengkeh atau minyak cengkeh memiliki sifat penghilang rasa sakit dan antibakteri alami. Minyak cengkeh ini mengandung eugenol yang bertindak, seperti anestesi alami untuk mematikan saraf.

Hal yang perlu diingat, hati-hatilah ketika menggunakan minyak cengkeh. Sebab, ketika tetesan minyak ini mengenai lidah atau gusi yang sensitif, maka bisa menimbulkan rasa nyeri. Alternatifnya, gunakanlah kapas yang sudah ditetesi minyak cengkeh dan olesi pada gigi yang sakit.

6. Kompres dengan Es
Caranya cukup simpel. Masukan es ke dalam kantong plastik, lalu bungkus dengan kain tipis. Kemudian, tempelkan es yang sudah terbungkus pada area gigi yang terasa sakit. Sensasi dingin dari es ini bisa “mematikan” saraf gigi yang terasa sakit. Selain menempelkan es, kita juga bisa sembari memijat daerah gigi yang terasa sakit dengan jari.
Daun.id

pixabay.com

7. Teh Peppermint
Teh peppermint juga bisa membantu untuk meredakan sakit gigi. Cobalah rebus daun teh ini hingga mendidih. Setelah dingin, berkumurlah dengan air ini. Air kumur tersebut boleh ditelan atau dibuang. Teh peppermint mengandung zat tanin yang membantu untuk meredam rasa sakit gigi dan mengurangi pembengkakan.

8. Bawang putih
Bawang putih memiliki sifat antibakteri dan telah digunakan secara turun-temurun sebagai obat tradisional untuk sakit gigi berlubang. Bawang putih juga membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang sekaligus membuat gigi dan gusi menjadi lebih sehat. Adapun, cara menggunakan bawang putih bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

- Sediakan 3–4 siung bawang putih dan ¼ sendok teh garam, lalu campurkan.
- Oleskan campuran pada gigi yang berlubang atau terinfeksi.
- Biarkan selama 10 menit sebelum berkumur dengan air atau obat kumur pilihan. Lakukan dua kali sehari dalam beberapa minggu untuk mengurangi perkembangan lubang gigi.

Hal yang perlu digaris bawahi, beberapa bahan alami di atas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut guna memastikan manfaatnya untuk kesehatan gigi.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya