Obat Batuk Radang Tenggorokan, Ampuh dan Aman Digunakan

"Meski ampuh dan aman, jangan lupa tetap mengikuti resep dari dokter."

Life | 01 January 2023, 11:53
Obat Batuk Radang Tenggorokan, Ampuh dan Aman Digunakan

Batuk radang tenggorokan (laryngitis) adalah inflamasi atau peradangan pada tenggorokan, yang dapat menyebabkan batuk dan rasa sakit atau tidak nyaman pada saat menelan. Batuk radang tenggorokan dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti infeksi virus atau bakteri, alergi, atau paparan terhadap udara kering atau asap rokok.

Gejala batuk radang tenggorokan dapat berupa batuk yang kering atau berdahak, rasa sakit atau tidak nyaman saat menelan, suara serak atau rasa terbakar pada tenggorokan, serta demam atau bersin-bersin yang terus-menerus.

Hampir setiap orang pernah mengalami radang tenggorokan yang juga disertai batuk-batuk. Jika mengalami kondisi ini, gunakanlah obat batuk radang tenggorokan yang tepat. Agar tidak semakin parah dan membahayakan kesehatan. Kini obat radang tenggorokan dapat ditemui dengan mudah diberbagai pasaran. Sebelum menggunakan jangan lupa mengkonsultasikan dengan ahlinya terlebih dahulu.

Obat Batuk Radang Tenggorokan

Daun.id

sumber; pixabay.com

Ada beberapa jenis obat-obatan yang dapat digunakan mengatasi batuk radang tenggorokan. Pada umumnya terjadinya radang tenggorokan disertai batuk dapat menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Selain itu juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini harus segera diatasi dengan penanganan yang tepat, berikut obat batuk radang tenggorokan yang aman dan ampuh:

1. Menggunakan Air Garam

Garam memiliki kandungan senyawa yang secara efektif dapat digunakan untuk mengatasi batuk radang tenggorokan. Selain itu juga dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab terjadinya radang tenggorokan. Campurkan setengah sendok teh garam dengan segelas air hangat. Aduk hingga merata, lalu gunakan berkumur. Buang larutan bekas kumur tersebut.

2. Mengonsumsi Madu

Madu merupakan bahan alami yang terkenal memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya, madu dapat dikonsumsi untuk mengatasi batuk radang tenggorokan. Saat mengonsumsi dapat dicampur dengan teh secukupnya, lalu diminum. Jadi, sangat direkomendasikan untuk mengobati batuk radang tenggorokan. Kandungan antibiotiknya dapat secara efektif mencegah beberapa gejala batuk.

3. Methylprednisolone

Methylprednisolone adalah obat yang termasuk dalam kelompok obat steroid. Obat ini digunakan untuk mengurangi peradangan dan gejala yang disebabkan oleh berbagai kondisi kesehatan, seperti asma, radang sendi, lupus, dan penyakit ginjal. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet maupun cair yang digunakan dengan suntik. Sebelum menggunakan obat ini, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

4. Degirol

Degirol adalah merk dagang dari obat yang bernama diphenhydramine. Obat ini termasuk dalam kelompok obat antihistamin, yang digunakan untuk mengatasi gejala alergi seperti gatal-gatal, bersin-bersin, dan bengkak. Diphenhydramine juga dapat digunakan untuk mengatasi gejala yang disebabkan oleh reaksi obat, muntah, atau mual. Dapat dikonsumsi sebanyak 1 tablet setiap 3 hingga 4 jam, per hari maksimal 8 tablet.

5. Colling 5 Spray

Obat ini merupakan jenis obat yang tersedia dalam bentuk semprot. Memiliki khasiat untuk meredakan radang tenggorokan hingga nyeri yang diakibatkan beberapa penyebab. Selain itu obat ini juga dapat berperan sebagai antiseptik yang dapat membunuh kuman, virus, dan bakteri. Penggunannya tinggal menyemprot pada bagian tenggorokan setiap 3 jam sekali.

6. Efisol Lozenges

Merupakan jenis obat-obatan yang dapat digunakan mengatasi infeksi atau radang yang terjadi. Memiliki kandungan dequalinium 0,25 mg dan vitamin C 25 mg. Dalam kemasannya obat ini berbentuk tablet dan cair, dapat digunakan 2-4 kali dalam sehari atau meneteskan dalam gelas sebanyak 10-20 kali untuk diminum.

7. SP Troches Meiji

Obat ini berupa tablet hisap untuk mengatasi rasa sakit akibat radang tenggorokan yang disertai batuk. Diproduksi dalam dua rasa yaitu melon dan strowberi. Dalam penggunaannya, selama sehari hanya dapat digunakan maksimal 8 tablet.

8. Tantum Lozenges

Kandungan benzydamine HCl 3 mg memiliki manfaat untuk mengurangi rasa sakit yang terjadi pada bagian mulut akibat peradangan. Dalam kasus ringan dapat dikonsumsi 2 jam sekali untuk kasus berat, 3 jam sekali pada kasus ringan. Sebelum menggunakannya, konsultasikan dengan dokter atau ahlinya terlebih dahulu.

9. Permen Strepsils Cool

Permen ini diproduksi dengan bahan sukrosa, glukosa cair, dan beberapa bahan lainnya. Memiliki fungsi untuk melegakan tenggorokan serta bau mulut. Permen ini aman untuk dikonsumsi seperlunya atau sesuai dengan kebutuhan. Jika diperlukan, Anda juga dapat meminta resep dari dokter sebelum mengkonsumssi.

Demikianlah ragam obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengatasi batuk radang tenggorokan. Beberapa obat di atas memang terkenal ampuh dan aman. Namun akan lebih baik, jika mengikuti anjuran dari dokter.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya