Obat Antibiotik untuk Radang Tenggorokan Paling Ampuh, Hindari Penyebabnya

"Berikut ini daftar obat antibiotik untuk mengobati radang tenggorokan."

Life | 02 January 2023, 15:46
Obat Antibiotik untuk Radang Tenggorokan Paling Ampuh, Hindari Penyebabnya

Sakit tenggorokan (faringitis) sering kali menganggu aktivitas karena rasa tidak nyaman yang ditimbulkan. Pada artikel kali ini kami akan berbagi tips dan informasi tentang obat antibiotik untuk mengatasi radang tenggorokan.

Radang tenggorokan  merupakan gangguan kesehatan pada tenggorokan yang ditkamui dengan rasa nyeri, gatal hingga kering yang membuat rasa tidak nyaman. Radang tenggorokan umumnya disebabkan oleh infeksi bakteri sehingga membutuhkan antibiotik. Tetapi tidak semua kasus radang tenggorokan diakibatkan oleh infeksi bakteri.
Daun.id

pexels.com

Faktor Risiko Sakit Tenggorokan

Kebiasaan sehari-hari juga dapat meningkatkan risiko dari gangguan ini. Berikut beberapa faktor risiko dari sakit tenggorokan yang perlu diketahui:

  • Anak-anak dengan usia antara 3 hingga 15 tahun lebih rentan mengalami sakit tenggorokan karena infeksi bakteri.
  • Paparan asap rokok. Kebiasaan merokok atau kerap berdekatan dengan seseorang, sehingga terkena asap rokok dapat mengiritasi tenggorokan yang menimbulkan rasa tidak nyaman.
  • Alergi musiman atau reaksi alergi yang berkelanjutan terhadap debu atau bulu hewan peliharaan membuat kemungkinan sakit tenggorokan lebih besar.
  • Rentan terkena paparan terhadap iritasi kimia, seperti asap pembakaran dari bahan bakar atau bahan kimia rumah tangga.
  • Memiliki sistem imunitas tubuh yang lemah, seperti pada seseorang dengan penyakit HIV/AIDS atau bahkan diabetes.

Penyebab Sakit Tenggorokan

Beberapa penyakit virus yang dipercaya juga mampu menimbulkan rasa sakit pada tenggorokan, antara lain virus cacar air, virus influenza, virus campak, hingga mononukleosis. Berikut ini adalah penyebab sakit tenggorokan:

  • Alergi pada serbuk sari.
  • Penyakit asam lambung (GERD) akibat naiknya asam lambung dari perut ke tenggorokan.
  • Iritasi yang disebabkan oleh alkohol dan rokok.
  • Udara yang kering.
  • Ketegangan otot akibat berteriak terlalu lama.
  • Penyakit tumor yang mengandung kanker pada bagian tenggorokan dan lidah.

Obat Antibiotik untuk Radang Tenggorokan Paling Ampuh

Obat antibiotik sendiri hanya dapat dibeli dengan resep dokter. Pemberian antibiotik untuk radang tenggorokan umumnya berkisar antara 7-10 hari. Terdapat banyak jenis antibiotik yang tersedia di pasaran, namun tidak semuanya cocok digunakan untuk mengobati radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus grup A. Jenis antibiotik yang paling sering digunakan untuk radang tenggorokan adalah Beta-laktam (Penisilin, Amoxicillin), Cephalosporin (Cefadroxil, Cephalexin), dan Makrolida (Eritromicyn, Azytromicin).
Daun.id

pexels.com

1. Penicilin V (Fenoksimetilpenicillin)
Penicilin V merupakan jenis obat antibiotik yang biasa menjadi pilihan pertama untuk mengobati infeksi bakteri di saluran pernapasan. Penicilin banyak digunakan untuk mengatasi bakteri Streptococcus dan bakteri Pneumococcus. Cara kerjanya adalah dengan menghancurkan peptidoglikan, yakni komponen penting yang ada di dinding sel bakteri.

Dengan terganggunya dinding sel bakteri, bakteri akan perlahan mati dan pertumbuhan sel bakteri pun akan terhambat. Penicilin V termasuk jenis obat yang dapat ditebus dengan resep dokter. Obat ini termasuk golongan obat antibiotik yang aman digunakan oleh anak-anak.

2. Penicillin G Procaine
Penicillin G procaine adalah pilihan alternatif obat antibiotik untuk radang tenggorokan. Obat ini terkenal untuk mengatasi infeksi bakteri Streptococcus A yang bisa menyebabkan radang tenggorokan. Obat ini bekerja dengan cara menghambat pembentukan dinding sel bakteri tertentu. Dengan begitu, jumlah bakteri dalam tubuh dapat berkurang secara signifikan.

Obat ini tergolong aman digunakan untuk anak-anak dan orang dewasa. Ibu menyusui sebaiknya melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini karena Penicillin G procaine dapat terserap ke dalam ASI.

3. Amoxicillin
Sama dengan jenis obat antibiotik lainnya, amoxicillin dapat melawan bakteri penyebab infeksi dan menghambat pertumbuhannya. Untuk mengobati radang tenggorokan, dokter biasanya menganjurkan penggunaan obat amoxicillin selama 8-10 hari hingga gejala radang tenggorokan mereda.

Obat amoxicillin terdiri dari berbagai macam bentuk, mulai dari tablet, sirup, kapsul, dan suntik.
Obat ini termasuk golongan antibiotik penisilin yang terbukti aman digunakan oleh anak-anak dan orang dewasa. Bagi ibu menyusui, lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat amoxicillin.
Daun.id

pexels.com

4. Cefadroxil
Cefadroxil termasuk dalam golongan antibiotik Sefalosporin. Antibiotik ini bekerja dengan mengikat protein pengikat penisilin (PBPs) yang pada akhirnya dapat menghambat pembentukan dinding sel bakteri dan mematikan bakteri penyebab infeksi. Antibiotik ini tidak hanya digunakan untuk obat radang tenggorokan, tetapi juga infeksi saluran pernapasan lainnya, infeksi saluran kemih, infeksi menular seksual, dan infeksi bakteri pada kulit dan jaringan lunak.

Obat cefadroxil dapat digunakan oleh anak-anak di atas 6 tahun dan orang dewasa. Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul dan sirup. Untuk mengatasi radang tenggorokan, cefadroxil bisa dikonsumsi selama 8-10 hari sesuai anjuran dokter.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya