Obat Sakit Gigi Tidak Berlubang Menurut Medis, Aman dan Ampuh 

"Berikut ini adalah daftar obat untuk mengatasi sakit gigi tidak berlubang secara medis."

Life | 10 January 2023, 13:30
Obat Sakit Gigi Tidak Berlubang Menurut Medis, Aman dan Ampuh 

Sakit gigi merupakan kondisi yang cukup menjengkelkan. Sakit gigi akan menimbulkan rasa nyeri yang berdenyut-denyut. Pada beberapa kondisi, rasa nyeri karena sakit gigi dapat mengurangi produktifitas seseorang ketika bekerja.

Sakit gigi yang umum terjadi adalah karena gigi berlubang, namun sakit gigi tidak selalu disebabkan kerena kondisi tersebut. Terdapat beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan gigi sakit, seperti trauma gigi, sinusitis, menggertakan gigi, reporsi dan kondisi lainya. Untuk mengatasinya, ada beberapa rekomendasi obat yang bisa kamu gunakan.

Selain nyeri, gejala yang dapat timbul akibat sakit gigi adalah pembengkakan di wajah atau di pipi tempat dimana gigi terinfeksi. Terkadang juga disertai dengan demam, pusing serta gusi merah dan meradang. Tak jarang dari mulut penderitanya pun tercium bau tidak sedap.

Daun.id

pexels.com

Penyebab Sakit Gigi Tidak Berlubang

Penyebab sakit gigi umumnya terkait dengan masalah gigi berlubang. Namun, mengingat kompleksitas bagian dalam gigi yang terhubung dengan berbagai jaringan di sekitarnya membuat sakit gigi tidak hanya disebabkan oleh gigi yang berlubang saja. Berikut beberapa penyebab sakit gigi yang tidak berlubang, antara lain:

Trauma gigi

Trauma gigi, atau yang dikenal dengan Traumatic Dental Injury (TDI), merupakan kerusakan pada jaringan keras gigi yang mengandung bahan kapur. Jaringan pada gigi terdiri dari jaringan email, jaringan dentin, dan jaringan sementum. Trauma pada gigi ini umumnya terjadi akibat ketidaksengajaan (unintentional trauma), seperti terjatuh atau kecelakaan yang memberikan pukulan keras terhadap mulut sehingga menyebabkan keretakan pada gigi yang terlihat dengan jelas.

Umumnya keretakan pada gigi ini tidak dapat dilihat dengan mata telanjang karena ukurannya begitu kecil, sehingga tidak disadari oleh penderitanya. Lambat laun, kondisi ini memberikan celah pada bakteri untuk masuk dan menginfeksi hingga ke jaringan sementum (akar) gigi yang menimbulkan peradangan.

Sinusitis
Secara anatomi, gigi geraham atas letaknya berdekatan bahkan terkadang akarnya sampai pada satu rongga sinus, yang disebut dengan sinus maksilaris. Ketika terjadi infeksi pada bagian gigi tersebut, maka infeksinya dapat menjalar hingga ke rongga sinus dan memicu terjadinya sinusitis.

Kebiasaan menggertakkan gigi
Kebiasaan menggeretakan gigi atau bruxism dapat memicu tekanan berlebih pada jaringan pendukung gigi, sehingga memicu sakit gigi.

Resorpsi
Resorpsi adalah kondisi hilangnya struktur gigi akibat kerja sel tubuh yang menyerang bagian dari gigi. Berdasarkan etiologinya, resorpsi dibagi menjadi dua yakni resorpsi internal dan ekternal. Beberapa faktor yang memicu terjadi resorpsi, di antaranya trauma, inflamasi dan bahan kimia.

Menurut Scleroderma Foundation, kondisi ini sering kali disebabkan oleh penyakit scleroderma, yaitu suatu penyakit yang menyerang sistem imun dan menimbulkan gejala berupa pengerasan dan penebalan kulit.

Obat Sakit Gigi Tidak Berlubang Menurut Medis

Ada beberapa obat yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit gigi berlubang maupun tidak berlubang. Secara khusus, berikut beberapa pilihan obat sakit gigi yang tidak berlubang:

1. Obat topikal
Obat sakit gigi berlubang dan tidak berlubang juga tersedia dalam bentuk topikal. Bisa berbentuk gel atau cairan yang digunakan dengan cara dioles atau diteteskan langsung pada gigi yang sakit.

Obat jenis topikal ini mengandung benzokain yang bekerja dengan cara mematikan saraf sementara, sehingga mampu meredakan rasa sakit dengan cepat.

2. Hidrogen peroksida
Hidrogen peroksida merupakan pembasmi bakteri yang ampuh dan terbukti khasiatnya sebagai obat sakit gigi berlubang maupun yang tidak berlubang. Senyawa kimia anorganik ini memiliki sifat oksidator kuat dan terbuat dari hidrogen dan oksigen.

Hidrogen peroksida dapat digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati sakit gigi. Ambil sebanyak 1 cup kecil hidrogen peroksida, lalu campurkan dengan segelas air. Kemudian berkumurlah selama 5 menit, muntahkan, dan ulangi lagi selama 5 menit sampai rasa sakitnya berkurang.

3. Ibuprofen
Daun.id

istimewa

Ibuprofen termasuk obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) atau NSAID. Obat ini tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirop. Ibuprofen bekerja dengan cara mengurangi pembengkakan dan nyeri yang disebabkan oleh peradangan pada tubuh. Oleh karenanya, ibuprofen merupakan jenis obat yang umum digunakan untuk mengatasi sakit gigi.

Meski termasuk obat sakit gigi paling ampuh, ibuprofen tidak boleh diminum berlebihan dan dalam jangka panjang. Konsumsi jangka panjang dapat meningkatkan risiko iritasi atau tukak lambung, serta kerusakan pada ginjal dan hati. Ibuprofen juga tidak boleh diminum bersamaan dengan aspirin, kortikosteroid, pengencer darah, diuretik, dan ACE inhibitor.

4. Paracetamol
Paracetamol tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, dan sirop. Berbeda dengan ibuprofen yang dapat mengurangi peradangan, paracetamol bekerja dengan cara mengurangi produksi prostaglandin di otak. Prostaglandin adalah senyawa kimia yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan.

Jika diminum dalam dosis besar dan jangka panjang, paracetamol dapat menyebabkan kerusakan hati. Karena efek sampingnya yang besar ini, hindari minum alkohol saat mengonsumsi obat sakit gigi yang satu ini.

5. Benzocaine
Benzocaine berperan sebagai anestesi lokal (obat mati rasa). Obat sakit gigi dengan kandungan benzocaine umumnya tersedia dalam bentuk gel, salep, atau semprot. Obat ini meredakan sakit gigi dengan cara memblokir sinyal saraf, sehingga nyeri di bagian yang dioleskan obat dapat berkurang.

Benzocaine tidak boleh digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada balita dan anak berusia kurang dari 2 tahun. Penggunaan berlebihan menyebabkan efek samping yang fatal, yang disebut methemoglobinemia, di mana jumlah oksigen di dalam darah berkurang. Selalu perhatikan dosis dan peringatan pada kemasan obat sebelum mengonsumsinya untuk mencegah efek samping yang tidak diinginkan.

6. Bufect Forte
Obat sediaan sirup ini juga memiliki kandungan ibuprofen yang terkenal efektif meredakan rasa sakit. Obat ini bisa dikonsumsi 3-4 kali sehari sesudah makan. Ibu hamil, menyusui, dan anak di bawah 1 tahun tidak dianjurkan mengonsumsi obat ini.

7. Sumagesic
Sumagesic juga dapat kamu jadikan alternatif untuk mengobati sakit gigi. Obat pereda sakit gigi ini tersedia dalam bentuk tablet dengan kandungan bahan aktif paracetamol yang bermanfaat meredakan nyeri termasuk nyeri akibat sakit gigi yang sudah tidak tertahan. Aturan pakai obat sumagesic disesuaikan dengan usia. Untuk anak-anak cukup berikan 1/4-1/2 tablet sebanyak 3-4 kali dalam sehari. Sedangkan untuk dewasa bisa konsumsi 1 tablet sebanyak 3-4 kali sehari.

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya