5 Obat Tradisional Radang Tenggorokan pada Bayi 11 Bulan secara Alami

"Kenali obat tradisional radang tenggorokan yang tepat."

Life | 10 January 2023, 18:52
5 Obat Tradisional Radang Tenggorokan pada Bayi 11 Bulan secara Alami

Saat anak terkena demam atau terjadi hidung tersumbat, bisa jadi kamu akan lebih mudah mengetahuinya. Akan tetapi saat terkena sakit atau radang tenggorokan kamu akan lebih susah sebab bayi atau balita kesulitah dalam memberitahu atau mengungkapkan perasaannya.

Bayi di bawah 2 tahun cenderung tidak mengatakan mengenai sakit tenggorokan yang diderita. Itu terjadi akibat mereka tidak mempunyai kosakata dalam menerangkan gejala yang dirasakan. Sebelum kamu menegtahui cara mengatasinya, kamu dapat mengetahui beberapa gejala berikut:

Gejala radang tenggorokan

Adapun beberapa gejala yang terjadi pada bayi dan balita ketika terjadi radang tenggorokan, yaitu:

- Menolak makan atau minum, termasuk yang menjadi favoritnya.
- Menangis atau terlihat kesakitan ketika menelan.
- Muncul pembengkakan terhadap kelenjar di sisi lehernya.
- Di bagian belakang tenggorokannya terlihat merah atau bengkak.
- Adanya bintik-bintik putih pada tenggorokan atau amandelnya.
- Nafasnya berbau.

Berikut ini beberapa obat tradisional radang tenggorokan pada bayi 11 bulan secara alami, yakni:

1. Minum air putih
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Rasa tidak enak yang terjadi pada tenggorokan memang membuatnya tidak nyaman. Cara sederhana yang mampu menjadi obat radang tenggorokan ialah dengan minum air putih yang cukup.

2. Madu
 
Madu
juga pernah dapat menjadi salah satu obat untuk mengatasi radang tenggorokan. Kamu dapat mencampur teh, air putih atau meminumnya guna mengatasi tidak nyaman terhadap tenggorokan.

Manfaat madu juga dikenal pada jurnal berjudul, Effect of Honey, Dextromethorphan, and No Treatment on Nocturnal Cough and Sleep Quality for Coughing Children and Their Parents. Pada jurnal tersebut menjelaskan bahwa madu dapat lebih efektif dalam mengatasi batuk di malam hari apabila dibandingkan dengan obat batuk biasa.

3. Konsumsi sayur dan buah

Konsumsi sayur dan buah adalah salah obat untuk meredakan radang tenggorokan selanjutnya. Jika kamu mengonsumsi sayur dan buah itu dapat meningkatkan daya tahan tubuh supaya tidak mudah jatuh sakit. Kamu dapat memilih buah dengan warna terang dan pekat. Umumnya warna yang seperti itu menandakan sayur dan buah tersebut mempunyai kandungan nutrisi terbaik. Misalnya: terong, brokoli, kangkung, wortel, dan sayur bayam.

4. Pisang

Pisang merupakan asupan yang cocok dalam mengatasi radang tenggorokan terhadap anak sebab buah yang satu ini lembut dan tidak memiliki kandungan asam. Oleh karena itu, buah ini cocok bagi tenggorokan anak yang tengah sensitif.

Pisang
juga memiliki kandungan vitamin C yang baik terhadap sistem kekebalan tubuh, maka bisa membuat anak mudah sembuh dan terhindar dari serangan penyakit lain.

5. Istirahat cuku
pDaun.id

Sumber: Pexels.com


Tidur yang cuku
p bisa menjadi salah satu cara guna mengatasi radang tenggorokan untuk anak yang mudah. Mengutip dari The Centers for Disease Control and Prevention (CDC), menjelaskan bahwa kurang tidur mampu meningkatkan risiko terjangkit infeksi. Upayakan anak beristirahat dengan baik dan cukup, sesuai usianya.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya