Obat Sakit Gigi Tanpa Membatalkan Puasa, Berikut Cara Pemakaian

"Berikut adalah daftar obat yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi tanpa membatalkan puasa. Berikut cara pemakaianya."

Life | 11 January 2023, 12:20
Obat Sakit Gigi Tanpa Membatalkan Puasa, Berikut Cara Pemakaian

Ada banyak jenis obat sakit gigi yang bisa dikonsumsi untuk mengobati sakit gigi. Obat-obatan tersebut seperti Ibuprofen, Paracetamol, Naproxen dan masih banyak lagi. Namun bagaimana jika sakit gigi saat berpuasa? Pada kesempatan ini kami akan memberikan beberapa obat dan tips yang bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi tanpa harus membatalkan puasa.

Penyebab Sakit Gigi Ketika Berpuasa

Pada orang-orang yang memiliki gigi sensitif, berpuasa berpotensi menyebabkan sakit gigi. Sebabnya adalah, ketika berpuasa mulut akan menjadi lebih kering karena berkurangnya produksi air liur akibat aktivitas konsumsi yang terbatas. 

Pada orang yang memiliki gigi sensitif, berkurangnya kadar air liur membuat gigi mereka tidak terlindungi secara maksimal hingga akhirnya berpotensi munculnya gejala sakit gigi.

Obat dan Cara Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Membatalkan Puasa

Saat berpuasa, seseorang tidak diperbolehkan untuk melakukan segala sesuatu yang membatalkan puasa. Termasuk mengonsumsi obat. Sehingga mengonsumsi obat adalah membatalkan puasa. Ketika sedang berpuasa, ada beberapa cara ampuh yang bisa kamu coba untuk mengobati sakit gigi. Berikut adalah cara mengobati sakit gigi ketika berpuasa:

1. Kompres Es Batu
Daun.id

pexels.com

Ketika mengalami sakit gigi saat berpuasa, Anda dapat melakukan kompres dingin menggunakan es batu. Masukkan es batu dalam sebuah plastik kecil, kemudian tempelkan plastik tersebut pada pipi atau tempelkan secara langsung pada area gigi yang sakit selama 15 menit.

Kompres es akan membantu mengebaskan saraf gigi sehingga rasa sakit berkurang. Cara tersebut sekaligus membantu mengurangi bengkak dan radang pada gusi.

2. Kumur Pakai Cairan Hidrogen Peroksida
Hidrogen peroksida (hydrogen peroxide) merupakan sejenis antiseptik ringan yang dapat Anda gunakan pada kulit maupun sebagai obat kumur untuk membersihkan mulut. Campurkan cairan hydrogen peroxide dengan air hingga merata.

Gunakan larutan ini untuk berkumur selama satu menit, lalu buang dan bilas dengan air putih. Jangan menggunakan hidrogen peroksida dalam bentuk murni karena akan memperparah kondisi dan melukai gusi, lidah, dan mulut Anda.

3.  Kumur Air Garam
Daun.id

pixabay.com

Salah satu cara untuk meredakan sakit gigi ketika puasa adalah dengan berkumur larutan garam dan air hangat. Untuk melakukannya, Anda dapat mencampurkan setengah sendok makan garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian, gunakan untuk kumur-kumur selama beberapa saat. Pastikan Anda tidak menelanya.

Larutan air garam hangat tersebut bersifat analgesik dan dapat membantu membersikan gigi dari sisa-sisa makanan dan bakteri yang menyebabkan gangguan mulut.

4. Minyak Cengkeh
Senyawa eugenol dalam minyak cengkeh bermanfaat untuk meredakan rasa sakit dan peradangan. Sebelum mengoleskan minyak cengkeh pada area gigi yang bermasalah, pastikan Anda sudah membersihkan bagian tersebut dengan cara menyikat gigi.

Setelah gigi Anda bersih, tuangkan dua tetes minyak cengkeh pada bola kapas dan tempelkan pada gigi yang bermasalah. Tekan kapas selama beberapa menit sampai rasa sakitnya mereda. Pastikan Anda tidak menelanya.

5. Bawang Putih
Daun.id

pexels.com

Bawang putih mengandung senyawa allicin yang bersifat antibakteri. Selain membunuh bakteri, allicin juga membantu mencegah plak gigi dan meredakan nyeri akibat saki gigi saat puasa.

Untuk menggunakan bawang putih sebagai obat sakit gigi, Anda bisa menghaluskan dua siung bawang putih dengan satu sendok teh garam dan minyak zaitun. Kemudian, tempelkan pasta tersebut pada area gigi yang terasa sakit. Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengunyah satu siung bawang putih segar dan berkumur setelahnya. Pastikan Anda tidak menelanya.

6. Daun Jambu Biji
Obat kumur dari ekstrak daun jambu memiliki manfaat yang sama baiknya dengan obat kumur chlorhexidine. Kandungan daun jambu biji bersifat anti-inflamasi yang membantu menyembuhkan luka. Selain itu, bahan alami ini juga bersifat antimikroba guna menekan pertumbuhan bakteri dan plak.

Anda dapat membuat obat kumur dengan merebus daun jambu biji maupun mengunyah daun jambu biji segar untuk mendapatkan manfaatnya. Pastikan Anda tidak menelanya.

7. Menempelkan Kantung Teh Peppermint
Daun.id

pixabay.com

Cara mengobati sakit gigi ketika puasa selanjutnya adalah dapat dengan menempelkan kantung teh peppermint. Daun teh peppermint juga efektif meredakan nyeri pada gigi, termasuk pada kasus gusi berdarah. 

  • Langkah-langkah menggunakan kantung teh peppermint untuk meredakan nyeri gigi adalah sebagai berikut: 
  • Dinginkan kantung teh peppermint terlebih dahulu
  • Tempelkan kantung teh pada gigi yang sakit selama beberapa menit
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari.


8. Mengoleskan Ekstrak Vanila
Ekstrak vanila juga dapat dijadikan cara mengatasi nyeri gigi saat puasa, karena di dalamnya mengandung alkohol yang dapat membantu meredakan nyeri. Cara menggunakan ekstrak vanilla untuk mengatasi sakit gigi yakni sebagai berikut:

  • Tuangkan ekstrak vanila secukupnya pada kapas atau cotton bud
  • Oleskan pada gigi yang sakit secara merata
  • Diamkan selama beberapa menit
  • Ulangi beberapa kali dalam sehari
  • Anda perlu berhati-hati agar ketiganya tidak tertelan, karena bisa membatalkan puasa. 

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SABTU, 11 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:47 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya