8 Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil 7 Bulan yang Aman dan Manjur

"Kamu dapat mengatasi sakit gigi yang tepat."

Life | 11 January 2023, 20:23
8 Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil 7 Bulan yang Aman dan Manjur

Sakit gigi tentu bisa sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Apalagi jika kamu banyak aktivitas di luar rumah. Sehingga cara menghilangkan sakit gigi sangat penting. Terlebih jika hal tersebut dirasakan oleh ibu hamil 7 bulan, maka kamu dapat menghilangkan sakit tersebut.

Melansir Health Line, sakit gigi setiap orang terjadi akibat faktor yang berbeda. Adapun beberapa penyebab yang sering menjadi faktor terjadinya sakit gigi, antara lain:

- Gigi sensitif
- Tumbuh gigi bungsu,
- Kebiasaan mengertakkan gigi,
- Sakit gusi,
- Karies gigi,
- Gigi berlubang, dan lain sebagainya.

Berikut ini beberapa cara mengobati sakit gigi untuk ibu hamil 7 bulan, yakni:

1. Kompres memakai air dingin
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Obat sakit gigi untuk ibu hamil 7 bulan adalah mengkompres menggunkan air dingin. Melansir dari Medical News Today, balut es dengan handuk lalu letakkan di area dagu dan gigi yang sakit. Kompres itu akan menjadikan pembuluh darah mengencang sehingga rasa sakit dapat berkurang. Kamu dapat melakukan cara itu sekitar 15 sampai 20 menit sebelum tidur.

2. Minyak cengkeh

Cengkeh adalah tangkai bunga kering yang asalnya dari keluarga pohon Myraceae. Pada setangkai cengkeh memiliki kandungan senyawa aktif dikenal dengab eugenol yang khasiatnya sebagai obat bius alami. Eugenol bekerja dalam mematikan sinyal saraf penyebab sakit, maka dapat mengurangi nyeri karena sakit gigi. Euganol juga memiliki sifat antiradang yang ampuh dalam mengobati gusi bengkak dan mengatasi iritasi di daerah gigi yang memiliki masalah.

Penelitian yang diunggah di Journal of Dentistry bahkan melaporkan minyak cengkeh mampu menggantikan peran obat benzocaine guna mengatasi nyeri ringan. Benzocaine merupakan obat bius lokal yang bekerja menekan sinyal saraf pada tubuh.

Efek samping

Adapun beberapa efek samping dari obat sakit gigi, yakni:

- Sariawan.
- Sakit perut.
- Mual dan muntah.
- Sesak napas.
- Susah buang air kecil.
- Pusing dan sakit kepala.
- Diare.
- Munculnya tasa terbakar di mulut yang bisa merambat ke hidung dan tenggorokan.
- Terjadinya sakit tenggorokan.

3. Mengoleskan bawang putih

Obat sakit gigi untuk ibu hamil 7 bulan berikutnya dengan memakai bawang putih. Bawang putih mempunyai khasiat antiradang dan antibakteri.

Kamu dapat menghaluskan satu siung bawang putih, kemudian aplikasikan di bagian gigi yang sakit. Apabila merasa kesulitan kamu dapat mengunyahnya secara langsung.

4. Paracetamol

Paracetamol bisa membantu mengatasi nyeri karena sakit gigi. Paracetamol mampu bekerja, caranya dengan meredakan peradangan di tubuh. Paracetamol diyakini aman jika dikonsumsi oleh ibu hamil guna mengatasi sakit gigi, tetapi dengan catatan pemakaiannya sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Jika sakit gigi masih terjadi, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter gigi supaya dapat memperoleh penanganan yang tepat.

Harga: Rp 15.000 – Rp 20.000

5. Cefadroxil
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cefadroxil adalah antibiotik yang bermanfaat dalam meredakan infeksi karena bakteri, kamu dapat memakainya jika nyeri sakit gigi diakibatkan oleh bakteri, biasanya antibiotik akan diresepkan langsung oleh dokter. Adapun tujuan diresepkan langsung oleh dokter ialah supaya dosis yang diberikan tepat dan sesuai dengan tingkat sakit gigi yang tengah terjadi. Biasanya antibiotik tertentu cukup aman untuk ibu hamil.

Harga: Rp. 1.092,- / tablet

6. Panadol Extra
 
Panadol Extr
a mempunyai kandungan utama paracetamol dan caffeine. Kedua kandungan itu bermanfaat guna meredakan nyeri sebab sakit gigi. Kandungan itu bisa dipakai untuk ibu hamil guna mengobati sakit gigi. Pakai sesuai aturan dokter, dengan dosis 3-4 kali sehari terhadap orang dewasa.

Bagi beberapa orang yang hipersensitif bisa menyebabkan kontra indikasi. Konsultasikan u dokter cepat jika ada gejala kontra indikasi.

Harga: Rp. 9.800 - Rp. 15.700/strip

7. Sumagesic

Sumagesic adalah salah satu obat yang bisa dipakai dalam mengatasi nyeri dan menurunkan panas, serta bisa mengobati nyeri karena sakit gigi.  Obat tersebut bisa mengandung paracetamol dan termasuk aman jika dipakai untuk ibu hamil. Sumagesic juga mampu digunakan dengab bebas. Bagi orang dewasa dosis dan aturan pakai ialah 3 kali sehari setelah makan.

Upayakan dalam menghentikan pemakaian obat jika terdapat gejala alergi atau nyeri tidak berkurang seusai konsumsi obat. Kamu dapat segera berkonsultasi terhadap dokter sebagai penanganan lebih lanjut.

Harga: Rp. 2.100 - Rp. 3.100/strip

8. Enkasari

Enkasari adalah obat kumur yang memakai daun saga. Obat kumur tersebut bermanfaat dalam membasmi bakteri di mulut akibat sakit gigi. Obat ini juga terbilang aman untuk ibu hamil. Kamu dapat memakainya 2 kali sehari dengab dikumur memakai air. Jika terdapat tanda-tanda alergi lekas hentikan penggunaan dan konsultasikan kepada dokter.

Harga: Rp. 24.100 - Rp28.800/botol

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

RABU, 15 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya