Obat Sakit Gigi Berdenyut, Mudah Dilakukan dengan Bahan Alami

"Bahan alami yang mampu meredakan sakit gigi."

Life | 12 January 2023, 17:42
Obat Sakit Gigi Berdenyut, Mudah Dilakukan dengan Bahan Alami

Sakit gigi yang terjadi seringkali diikuti dengan rasa nyut-nyutan pada gigi hingga gusi tersa berdenyut. Hal ini dapat terjadi karena disebkan oleh infeksi virus hingga bakteri. Saat terjadi kita perlu segera melakukan penanganan agar tidak semakin parah. Pada umumnya, kondisi ini diatasi dengan menggunakan obat pereda nyeri.

Penggunaan obat pereda nyeri, biasanya hanya akan bersifat sementara saja. Selanjutnya, terkadang dapatt timbul kembali. Selain obat pereda nyeri terdapat beragam bahan alami yang dapat digunakan menyembuhkan sakit gigi berdenyut. Penting bagi kita untuk mengetahuinya sehingga dapat menangani sakit gigi secra mandiri.

Sakit gigi berdenyut adalah rasa sakit atau rasa tidak nyaman yang terasa seperti berdenyut atau bergetar di atau sekitar gigi. Rasa sakit ini dapat terjadi secara tiba-tiba atau bersifat intermiten dan dapat menyebar ke wajah, telinga, leher, atau bagian lain dari tubuh. Lakukan beberapa cara  di bawah ini.

Obat Sakit Gigi Berdenyut

Daun.id

sumber; pixabay.com

Sakit gigi disertai berdenyut dapat diobati dengan beberapa obat medis. Namun juga dapat diatasi dengan beberapa bahan alami dengan lebih praktis. Berikut ini obat sakit gigi berdenyut, mudah dilakukan dengan bahan alami:

1. Minyak Cengkeh

Gunakan minyak cengkeh saat terjadi sakit gigi, langkah ini cukup mudah dilakukan. Minyak cengkeh diketahui secara ammpuh mampu membuat saraf gigi mati. Sehingga tidak terasa nyut-nyutan, pada saat pertama kali digunakan akan timbul sensasi yang menyengat. Cara penggunannya teteskan minyak cengkeh ke kapas, lalu tempelkan pada bagian gigi yang mengalami sakit. Jangan melebihi waktu hingga 2 menit.

2. Air Garam

Garam memiliki kandungan yang dapat dimanfaatkan dalam mengatasi beberapa masalah kesehatan. Termasuk dapat meredakan gejala nyeri pada sakit gigi, hanya  dengan berkumur menggunakan air garam. Gunakan air garam berkumur selama 30 detik. Caranya gunakan satu sendok makan garam dengan segelas air panas, lalu aduk hingga merata. Tunggu hingga hangat dan gunakan untuk berrkumur.

3. Es Batu

Rasa dingin mampu meredakan rasa nyeri hingga peradangan pada sakit gigi. Langkah ini cukup praktis dan mudah dilakukan. Anda hanya perlu menyediakan es batu yang dibungkuus dengan plastik secukupnya. Lalu lapisi dengan kain lap dan tempelkan pada bagian gigi atau tepat di atas gigi yang terasa sakit.

4. Bawang Putih

Selain dapat digunakan sebagai bumbu dapur penyedap makanan, bawang putih juga dapat digunakan sebagai obat sakit gigi. Bahan alami ini mengandung sebyawa alicin yang mampu meredakan nyeri pada sakit gigi. Bawang putih juga dapat bersifat sebagai antiseptik dan antibiotik yang ampuh melawan infeksi. Caranya cukup simpel, dapat dikunyah secara langsung atau mengiris bawang putih dengan tipis, lalu ditempel pada bagian gigi yang sakit.

5. Daun Jambu Biji

Bahan alami ini memiliki sifat anti radang Yang mampu menyembuhkan luka. Selain itu juga memiliki sifat antimikroba yang dapat melindungi kesehatan gigi dan mulut. Mengobati pengobatan jambu biji dapat dilakukan dengan mudah. Penderita sakit gigi berdenyut bisa langsung mengunyah daun jambu biji. Sebelum mengunyah cuci terlebih dahulu hingga bersih.

Demikianlah obat sakit gigi berdenyut yang mudah dilakukan melalui bahan alami. Langkah-langkah di atas dapat digunakan sebagai pertolongan pertama pada sakit gigi.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya