Contoh CV Taaruf yang Rapi, Dilengkapi Langkah Pembuatannya

"simak yang berikut ini"

Life | 11 February 2023, 11:50
Contoh CV Taaruf yang Rapi, Dilengkapi Langkah Pembuatannya

Dalam proses taaruf, CV merupakan media utama yang digunakan untuk saling mengenal sesuai dengan syariat Islam.

Juga dalam ajaran Islam sendiri, di tahap ini kedua pihak diusahakan untuk tidak saling bertemu, kecuali jika melibatkan pihak yang menjadi mahramnya. Karenanya itu, CV taaruf harus dibuat sejelas dan selengkap mungkin agar masing-masing pihak bisa mendapatkan gambaran yang baik.

Taaruf atau Taruf adalah istilah dari Bahasa Persia yang mengacu pada bentuk kesopanan atau seni etiket di Iran, yang menekankan pada rasa hormat dan peringkat sosial. Taaruf adalah ritual kesopanan yang bertujuan menyamakan kedudukan dalam budaya hirarkis.

Kemudian menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), taaruf adalah perkenalan. Dapat dimaknai pula bahwa Taaruf berasal dari kata ta'arafa - yata'arafu, yang berarti saling mengenal sebelum menuju jenjang pernikahan. 

Terkait konsep dalam taaruf ini, mungkin tak sedikit banyak orang yang bertanya-tanya apakah proses taaruf harus menggunakan CV atau boleh tidak menggunakan?

Dan kembali kepada konsep taaruf itu sendiri yang berarti merupakan proses saling mengenal, sehingga CV ini berfungsi sebagai media untuk mempermudah proses pengenalan dua pihak.

Juga CV taaruf ini mirip dengan seperti CV melamar pekerjaan. Hanya saja, informasi yang dimuat lebih lengkap. Tapi tentunya berbeda dengan melamar pekerjaan. CV taaruf ini digunakan untuk mengenalkan diri ke orang yang hendak dilamar.

Cara membuat CV ta'aruf sebenarnya tidak diatur secara khusus dalam Islam. Namun, dalam menyusun CV tersebut, tentu harus memberikan informasi yang jujur, tanpa ada unsur maksud untuk membohongi siapa pun. Sebab, dari CV itulah kedua calon pasangan akan memiliki gambaran satu sama lain.

CV ta'aaruf umumnya berisi tentang informasi data diri yang mencangkup sebagai berikut;
- soal fisik dan juga kepribadian orang tersebut
- lalu keluarga
- riwayat pendidikan
- pekerjaan
- visi misi dalam pernikahan
- termasuk kriteria pasangan

Berikut ini contoh CV Taaruf
Daun.id

taaruf

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya