Contoh Karya Ilmiah Populer, Ketahui Jenis dan Contohnya

"Buat karya ilmiah populer yang tepat."

Life | 12 February 2023, 17:25
Contoh Karya Ilmiah Populer, Ketahui Jenis dan Contohnya

Brotowidjoyo pada Arifin (2008) menjelaskan, karya tulis ilmiah merupakan suatu karangan ilmu pengetahuan yang memaparkan fakta dan ditulis berdasarkan metodologi penulisan secara baik dan benar.

Definisi dari karya ilmiah populer merupakan suatu bentuk karya yang tetap berpedoman terhadap prinsip keilmiahan, tetapi dipaparkan menggunakan bahasa yang umum dan lebih santai hingga memakai desain layout yang menarik supaya pembaca menjadi tertarik dan mudah mencernanya.

Struktur karya ilmiah populer
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Berikut ini adalah struktur karya ilmiah populer, yakni:

1. Judul

Pada umumnya, judul dari karya ilmiah populer harus menjelaskan isi dalam tulisan secara keseluruhan. Akan tetapi, ciri khas judul karya ilmiah populer ini biasanya akan lebih sederhana, komunikatif, dan menarik. Sehingga, dengan judul tersebut dapat lebih menarik perhatian dan memicu rasa ingin tahu para pembaca.

2. Pendahuluan

Pendahuluan merupakan bagian yang menerangkan tentang pengenalan atau pembukaan karya ilmiah populer. Bagian ini umumnya penulis akan menerangkan mengenai latar belakang dan metode yang dipakai untuk menciptakan karya ilmiah populer tersebut. Dengan demikian, pembaca tidak akan terkejut saat telah memasuki bagian isinya, maka dapat mengetahui karya ilmiah populer lebih dalam lagi.

3. Badan atau Isi

Badan atau isi merupakan pemikiran maupun analisis penulis tentang topik yang akan dipaparkan. Umumnya penulis akan memberikan beberapa argumen dari para ahli dan data yang dapat mendukung sebuah penulisan. Badan atau isi karya ilmiah populer ini tidak serinci karya tulis ilmiah. Maka, tidak heran apabila isinya akan begitu terbatas.

4. Penutup

Adapun bagian terakhir dari teks populer ialah penutup. Penutup berisi tentang kesimpulan penulis akan suatu topik yang telah dianalisisnya. Di sisi lain, penulis juga mampu menambahkan kritik dan saran yang dapat mengatasi berbagai permasalahan yang akan diteliti atau dikaji penulis.

Jenis-jenis karya ilmiah populer
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun beberapa jenis karya ilmiah populer, ialah sebagai berikut:

1. Esai

Esai merupakan suatu karangan prosa yang isinya tentang suatu topik atau problem tertentu dan ditulis menurut sudut pandang sang penulis. Esai dapat disebut juga dengan opini, pandangan, maupun ekspresi pribadi yang diuraikan pada berbagai macam tulisan. Walaupun begitu, esai tetap dapat ditulis menggunakan argumen yang jelas dan kuat.

2. Opini

Opini adalah suatu karya ilmiah populer yang isiya ide, pendapat, pikiran penulis tentang suatu pembahasan tertentu. Biasanya, teks ini sifatnya tidak objektif, namun isinya tetap mengutamakan tentang suatu argumen memakai data secara jelas. Tulisan opini yang paling mudah dijumpai seperti opini yang diunggah melalui media massa.

3. Artikel ilmiah

Artikel ilmiah ternyata juga termasuk sebagai karya ilmiah populer yang isinya meliputi ilmu pengetahuan dengan menjelaskan bermacam fakta. Tidak hanya itu, karya ini juga ditulis memakai metodologi yang tepat, namun tetap memakai bahasa yang lebih ringan untuk dibaca.

Langkah-langkah membuat karya ilmiah populer
Daun.id

Sumber: Pexels.com

Adapun langkah-langkah membuat karya ilmiah populer ialah sebagai berikut:

- Cari topik masalah dengan memakai sudut pandang rasa ingin tahu masyarakat awam. Cara ini begitu penting sebab umumnya penulisan karya ilmiah populer tidak harus terdapat hasil penelitian secara lengkap dan memang tidak diberikan terhadap golongan terpelajar saja namun untuk masyarakat luas.
- Pembahasan yang dipilih, sepatutnya juga sinkron dengan kemampuan atau bidang yang dikuasai oleh penulis karya ilmiah populer. Selanjutnya, buat tema dari topik masalah yang telah dipilih.
- Usai memperoleh dan menentukan topik masalah, kemudian penulis dapat menentukan metode yang dipakai. Penentuan metode ini berguna dalam memudahkan penulis guna menulis karya ilmiah populer.
- Tentukan data-data yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan. Data-data ini dapat diambil dari berbagai jenis tulisan, misalnya buku, artikel ilmiah, dan lainnya.
- Usai memperoleh data-data, selanjutnya olah data-data itu supaya dapat membuat suatu pernyataan dari penulis karya ilmiah populer. Adapun penyataan yang sudah dibuat, sepatutnya jangan begitu kaku dan jangan terlalu bertele-tele.
- Gunakan bahasa yang mudah dimengerti atau akrab dengan bahasa sehari-hari. Dalam langkah ini, penulis harus menyelaraskan bahasa yang dipakai oleh masyarakat sekitar.
- Selanjutnya, buat kerangka karya ilmiah populer supaya saat penyusunan bisa lebih mudah dalam menyelesaikannya.
- Penyusunan karya ilmiah populer menggunakan topik masalah yang telah ditetapkan dengan memakai metode dan data-data yang telah dipilih serta tidak lupa memakai bahasa yang dekat pada kehidupan sehari-hari.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya