Contoh Karya Seni Rupa, Pahami Pengertian dan Macamnya

"yuk simak"

Life | 12 February 2023, 07:43
Contoh Karya Seni Rupa, Pahami Pengertian dan Macamnya

Karya seni yaitu merupakan sebuah hasil dari proses kreatif dan ekspresif dari yang diciptakan melalui perpaduan bakat, imajinasi, dan kemampuan teknis. Karya seni bisa berupa berbagai macam bentuk, seperti lukisan, patung, desain grafis, fotografi, film, musik, tari, dan masih banyak lagi. Setiap karya seni memiliki makna dan tujuan yang berbeda-beda dan seringkali berkaitan dengan pandangan hidup, pengalaman, atau perasaan sang pelaku seni. Karya seni ini memainkan peran cukup penting dalam membentuk budaya dan mempengaruhi pandangan hidup masyarakat. Karya seni juga dapat menjadi sumber inspirasi dan memberikan pengalaman estetika bagi pengamat dan penikmatnya. Bahkan juga sering menjadi rujukan dari sebuah konsep atau ide dalam pembuatan sebuah bisnis.

Sedang pengertian dari seni rupa itu sendiri merupakan cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap oleh mata dan kemudian bisa dirasakan dengan rabaan. Kesan inilah diciptakan dengan mengolah konsep titik, garis, bidang, bentuk, volume, warna, tekstur, dan pencahayaan dengan acuan estetika.

- Jenis Karya Seni Rupa Menurut Wujudnya
1. Karya Seni Rupa Dua Dimensi
2. Karya Seni Rupa Tiga Dimensi
3. Karya Seni Rupa Empat Dimensi

- Jenis Karya Seni Rupa Menurut Fungsinya
1. Karya Seni Rupa Murni
2. Karya Seni Rupa Terapan (Applied Art)

- Jenis Karya Seni Rupa menurut Teknik Pembuatan
Berdasarkan pembuatannya adalah sebagai berikut;

1. Karya seni rupa dengan teknik goresan/sapuan warna
Seni rupa dengan teknik goresan atau sapuan warna dibagi menjadi tiga, yakni seni gambar, seni lukis, dan seni kaligrafi.

2. Karya seni rupa dengan teknik cetak
Jenis karya seni rupa teknik cetak umumnya disebut dengan seni grafis atau printmaking. Proses pembuatan karya seni grafis dimulai dengan membuat citraan yang disebut klise, kemudian dilakukan pencetakan.

Berdasarkan jenis klisenya, seni grafis dibedakan atas cetak tinggi atau timbul, cetak dalam, dan cetak tembus. Seni fotografi juga menggunakan teknik cetakan, tetapi berdiri sendiri dan tidak dikelompokkan sebagai seni grafis.

3. Karya seni rupa dengan teknik ukir
Jenis karya seni rupa dengan teknik ukir dibentuk dengan cara memahat atau menoreh bagian yang akan dibuang dari material untuk merupa bentuk yang diinginkan. Karya ukiran ini sendiri terbagi menjadi dua dimensi disebut relief, sedangkan karya ukiran tiga dimensi disebut patung.
Daun.id

pixabay

4. Karya seni rupa dengan teknik anyam, tenun, dan rajut
5. Karya seni rupa dengan teknik sulam
6. Karya seni rupa dengan teknik tempel

Karya seni rupa dengan teknik tempel dibagi menjadi tiga yakni, mosaik, kolase, dan montase.

7. Karya seni rupa dengan teknik membentuk dan mengonstruksi
Berdasarkan teknik membentuk dan mengonstruksi, jenis karya seni rupa dibagi menjadi tiga, yakni patung, keramik, dan arsitektur.

8. Karya seni rupa dengan teknik merangkai atau menyimpul
Berikut ini Macamnya;

a. Meronce
b. Makrame
c. Ikebana

9. Karya seni rupa dengan teknik membatik
10. Karya seni rupa dengan teknik lipat
Melipat kertas merupakan cabang seni rupa yang menggunakan teknik lipat untuk menjadi bentuk tiga dimensi, seperti burung, binatang, rumah, topi, dan lainnya.

11. Karya seni rupa dengan olahan komputer
Seni rupa komputer mengacu pada penggunaan komputer dalam menghasilkan karya seni rupa. Seni rupa komputer di antaranya bersinggungan dengan seni rupa multimedia, seni rupa media baru, dan seni rupa digital.

12. Karya seni rupa dipertunjukkan
Karya seni rupa dipertunjukan dibagi menjadi dua, yakni seni instalasi dan seni rupa pertunjukan. Macam-macamnya adalah; Seni instalasi, Seni rupa pertunjukan atau happening, dan Seni rupa pertunjukan atau happening adalah bentuk improvisasi spontan perupa pada sebuah lingkungan yang sudah dirancang.

- Jenis Karya Seni Rupa menurut Sikap Batin Seniman
Berdasarkan sikap batin seniman, terdapat tiga jenis karya seni rupa, yakni tradisional, modern, dan posmodern.

1. Tradisional
Untuk karya seni rupa tradisional memiliki ciri seni yang mengikuti aturan atau bentuk yang telah mentradisi. Dapat berupa benda fungsional dan tidak mementingkan nama penciptanya, seperti kain kafan Toraja, wayang kulit Jawa, dan lainnya.

2. Modern
Karya seni modern tidak memiliki keterikatan dalam norma dan bentuk yang mentradisi. Ciri-ciri seni modern yakni menonjolkan kreativitas gagasan, ide, teknik, berorientasi masa depan, bersifat universal, menonjolkan individualitas sehingga nama penciptanya menjadi penting.

3. Posmodern
Seni rupa posmodern mementingkan pada ekspresi seni kontekstual, memiliki semangat pluralisme, elektisme, dan kontekstualisme. Karya seni rupa posmodern juga tidak membedakan seni murni yang dianggap seni tinggi dan seni terapan sebagai seni rendah.

(alvain shinta/n)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 29 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya