8 Tips Pilih Jurusan Kuliah Buat Karier Makin Gemilang

"Pilih Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Masa Depanmu! Temukan Tips dan Trik untuk Memilih Jurusan yang Sesuai dengan Minat dan Bakatmu. Jangan Sampai Salah Pilih, Yuk Baca Artikel Ini!"

Life | 28 December 2023, 03:14
8 Tips Pilih Jurusan Kuliah Buat Karier Makin Gemilang

Memilih Jurusan Kuliah yang Tepat untuk Karier yang Cemerlang

Memilih jurusan kuliah memanglah tidak mudah. Kadang kala seseorang bingung dalam menentukan pilihan kuliahnya sendiri. Nah, langkah terakhir yang bisa kamu lakukan supaya tidak bingung dalam menentukan jurusan kuliah adalah konsultasi dengan orangtua, teman, atau orang terdekat yang sudah duduk di bangku kuliah dan ahli.

Jangan merasa takut atau minder untuk melakukan konsultasi dengan siapa pun. Masukan-masukan yang kamu peroleh melalui konsultasi akan membuka pikiranmu lebar-lebar mengenai jurusan kuliah yang tepat buat kamu.

Hal paling penting yang harus kamu ketahui saat konsultasi adalah jangan terpengaruh dengan pilihan orang lain. Masukan-masukan yang diperoleh melalui diskusi hanya sebagai pertimbangan saja. Kamu harus tetap memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan pilihanmu sendiri dengan berdasarkan berbagai pertimbangan.

Salah satu alasan seseorang melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi adalah ingin mendapatkan pekerjaan atau karir yang menjanjikan untuk masa depan. Pekerjaan yang menjanjikan merupakan salah satu impian dalam kehidupan seseorang. Melalui pekerjaan inilah seseorang bisa menghidupi dirinya maupun keluarganya.

Pastikan jurusan kuliah yang kamu pilih memiliki peluang karir yang luas. Pilih jurusan kuliah yang dibutuhkan untuk masa depan. Lakukan riset tentang kebutuhan lapangan pekerjaan. Melalui riset inilah kamu akan mengetahui jurusan yang tepat yang dibutuhkan untuk masa depan.

Setiap perguruan tinggi memiliki jurusan atau program studi (prodi) unggulan tersendiri. Perguruan tinggi yang memiliki ranking terbaikpun memiliki jurusan yang tidak begitu diunggulkan. Pilihlah jurusan yang diunggulkan di universitas incaranmu. Apabila jurusan unggulannya tidak sesuai dengan kemampuanmu, maka kamu bisa mencari universitas terbaik lain yang memiliki keunggulan pada jurusan yang kamu pilih nantinya.

Kemampuan adalah segala sesuatu yang dapat dilakukan oleh seseorang. Mengetahui kemampuan akan memudahkan kamu dalam memilih jurusan kuliah. Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan kemampuan akan membuat kamu merasa mudah dalam menjalani perkuliahan. Tugas perkuliahan tidak akan membuat kamu bingung atau stres dikarenakan kamu bisa menyelesaikannya sendiri berdasarkan kemampuan yang kamu miliki.

Pilihlah jurusan kuliah yang sesuai dengan minat dan hobimu. Hal ini akan membuat kamu senang dalam menjalani perkuliahan. Tugas yang menumpuk tidak akan menjadi beban apabila kamu tertarik menjalaninya. Memilih jurusan kuliah yang sesuai dengan hobi ibarat kata pepatah “sambil menyelam minum air”. Tujuan kuliah memang untuk memperdalam ilmu pengetahuan, namun apabila kamu memilih jurusan yang sesuai hobi, kamu tidak hanya memperdalam ilmu pengetahuan namun juga bisa menyalurkan hobi. Menyalurkan hobi merupakan salah satu cara refreshing yang paling mudah dibandingkan dengan berlibur.

Sebagai contoh, kalau kamu memiliki minat dan hobi di bidang olahraga, maka pilihlah jurusan olahraga. Jika kamu memiliki minat atau hobi dalam dunia seni, khususnya seni lukis atau menggambar, jurusan yang tepat buat kamu adalah desain grafis. Di era serba internet ini, lulusan desain grafis sangat diperlukan. Apabila kamu memiliki keahlian dalam mendesain, maka kamu memiliki dua pilihan setelah lulus kuliah. Pilihan pertama adalah kamu bisa langsung melamar pekerjaan di perusahaan sesuai dengan jurusan atau keahlian yang kamu miliki dan pilihan kedua adalah kamu bisa membuka jasa desain sendiri.

Cara memilih jurusan kuliah untuk karier yang cemerlang berikutnya adalah kenali atau pahami kepribadianmu. Di era internet ini, cara mengenali kepribadian tidak perlu bayar. Kamu cukup cari artikel tes kepribadian di internet. Tes kepribadian juga bisa dijadikan pertimbangan dalam memilih jurusan kuliah. Melalui tes kepribadian kamu bisa mengetahui minat, karakter, kelebihan, dan kekurangan yang kamu miliki. Dengan pengetahuan kepribadian inilah kamu bisa menentukan jurusan kuliah yang tepat buat kamu.

Pertimbangan pertama kali yang harus kamu perhatikan dalam memilih jurusan kuliah adalah kemampuan finansial. Pilihlah jurusan kuliah yang sesuai dengan kemampuan finansialmu. Setiap jurusan kuliah memiliki biaya yang berbeda-beda. Baik biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) maupun uang tambahan seperti praktek dan buku pelajaran. Sebelum kamu mendaftar dengan jurusan pilihanmu, alangkah baiknya kamu berdiskusi terlebih dahulu dengan orangtua atau siapapun yang menanggung biaya selama kamu kuliah. Jangan memilih jurusan kuliah yang memiliki biaya terlalu tinggi sehingga orangtua tidak sanggup membiayaimu. Hal ini akan membuat kamu bingung di tengah jalan apalagi saat waktu pembayaran kuliah. Cara lain yang bisa kamu tempuh untuk memilih jurusan kuliah sesuai keingingan namun memiliki biaya mahal adalah mencari beasiswa.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pilihlah jurusan yang sesuai kemampuan, minat, dan finansialmu. Jangan memilih jurusan kuliah dikarenakan pengaruh dari orang lain, termasuk teman. Kamu masih bisa berteman dengan temanmu meskipun berbeda jurusan. Beda jurusan tidak mesti beda universitas. Kamu bisa memilih universitas yang sama dengan temanmu selama itu masih dalam kemauan. Tidak ada unsur keterpaksaan. Memiliki teman saat duduk di bangku perkuliahan memanglah sangat penting. Melalui teman kita bisa berdiskusi mengenai materi yang belum dipahami. Tidak usah khawatir tidak memiliki teman di awal perkuliahan. Kamu akan mendapatkan teman seiring berjalannya waktu.

Itulah 8 cara memilih jurusan kuliah untuk karier yang cemerlang. Semoga bermanfaat dan kamu bisa masuk ke perguruan tinggi favoritmu dengan jurusan yang diimpikan.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya