9 Cara Mengatasi Sakit Perut dengan Cepat dan Aman, Kenali Penyebabnya

"Sebagian besar orang, pasti pernah mengalami sakit perut yang disebabkan oleh gangguan pencernaan dan terjadi sewaktu-waktu."

Life | 17 January 2022, 19:20
9 Cara Mengatasi Sakit Perut dengan Cepat dan Aman, Kenali Penyebabnya

Gangguan pencernaan pernah dialami oleh setiap orang, selain sakit juga dapat menimbulkan rasa nyeri. Meski terkadang tidak termasuk masalah medis yang tidak tampak berbahaya, akan tetapi sakit perus harus segera diatasi.

Pasalnya sakit perut dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Selain itu juga bisa menjadi pertanda suatu gejala medis tertentu. Sakit perut juga dapat menyebabkan perut kembung, mual, dan beberapa kondisi yang sangat kurang nyaman.

Pada umumnya penyebab sakit perut ialah terlalu banyak mengkonsumsi  makanan pedas dan beberapa jenis minuman lainnya. Jika memang sakitnya sudah tidak tertahan lagi, bahkan menimbulkan rasa yang sangat sakit sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter.

Sakit perut terjadi lantaran sering dipicu oleh gangguan pada organ yang berada di dalam perut. Seperti halnya, hati, empedu, infeksi, dan beberapa jenis penyumbatan. Pada saat sakit perut, perut dapat terasa kram, malas, atau seperti tertusuk-tusuk di area perut.

Mengenal penyebab sakit perut

Sakit perut dapat terjadi karena disebabkan oleh berbagai macam kondisi, mulai dari kondisi ringan hingga juga kondisi yang berat. Sebab terjadinya sakit perut ada kaitannya dengan beberapa masalah kesehatan lainnya.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab sakit perut ;

- Diare, merupakan suatu kondisi atau keadaan seseorang yang mengalami buang air besar dengan keadaan encer. Diare dapat menyebabkan seseorang lebih sering buang air besar dan menyebabkan sakit perut

- Usus buntu, hal ini bisa disebut dengan peradangan usus buntu yang menjadi pemicu sakit perut. Perut dapat terasa sakit pada bagian kanan bawah, usus buntu dapat menyumbat beberapa kotoran yang akan keluar.

- Konsumsi makanan berlemak, perut dapat menerima reaksi yang kurang nyaman ketika sedang mengonsumsi makanan yang mengandung minyak berlebihan. Makanan berlemak yang berlebihan dapat memicu sakit perut.

- Sindrom iritasi usus besar, kondisi tersebut dapat memicu terjadinya perut kram. Selain itu juga dapat memicu perut kembung, sembelit, dan diare.

- Intoleransi makanan, tubuh terkadang tidak dapat menerima jenis makanan tertentu. Ketika perut tidak mampu mencerna laktosa atau sejenis gula yang ditemukan pada susu dapat menyebabkan sakit perut.

- Batu empedu dan batu ginjal, batu empedu merupakan suatu kondisi adanya endapan keras yang terbentuk pada empedu. Sedangkan batu ginjal merupakan batu keras yang terdapat pada ginjal. Kedua kondisi tersebut dapat menyebabkan sakit perut.

- Penyakit crohn, yang sangat terasa menyakitkan di perut, bahkan dapat melemahkan tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan diare, penurunan berat badan, dan lain sebagainya.

- Asam lambung, ketika makanan yang sudah masuk ke dalam perut dan dipaksa kembali ke kerongkongan. Kondisi ini dapat menyebabkan perut terasa panas, bahkan diiringi dengan sensasi sakit.

- Infeksi saluran kencing, Ketika sedang terjadi gangguan pada saluran kemih dapat memicu sakit perut yang sangat luar biasa. Perut akan terasa nyeri, hal ini disebabkan terjadi infeksi bakteri.

- Sembelit, merupakan suatu kondisi sulit buang air besar, bahkan tidak bisa buang air besar. Jika kondisi ini terjadi hingga tiga hari berturut-turut dapat menyebabkan sakit perut.

Itulah beberapa hal atau kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya sakit perut. Ketika sedang mengalami beberapa kondisi yang menyebabkan sakit perut, sebaiknya periksakan ke dokter.

Cara Mengatasi sakit perut

Untuk mengatasi sakit perut bisa diatasi dengan beragam cara, baik secara alami maupun medis. Ada beragam cara yang dapat dilakukan, untuk mengatasi sakit perut. Berikut ini cara mengatasi sakit perut :

1. Gunakan Peppermint

Peppermint juga dapat digunakan untuk meredakan nyeri pada perut. Sehingga dapat juga dijadikan mengatasi mual dan perut sakit. Peppermint dapat dikonsumsi dengan sangat mudah, ditambahkan pada makanan, teh, hingga diseduh langsung. Gunakan peppermint dapat mengatasi sakit perut.

2. Mengonsumsi air sari lemon

Daun.id

sumber; pexels

Air sari lemon dapat diketahui dapat membantu mengatasi masalah perut untuk melancarkan perencanaan. Terganggunya perencanaan dapat menyebabkan perut terganggu dan menimbulkan rasa sakit. Mengonsumsi jus lemon dapat mengatasi sakit perut.

3. Mengonsumsi jahe

Akhir-akhir ini dapat diketahui bahwa jahe bisa dijadikan obat yang efektif untuk mengatasi sakit perut. Selain itu jahe juga dapat digunakan untuk mengatasi mual dan nyeri pada sendi. Konsumsi jahe dapat membantu mengatasi sakit perut.

4. Mandi dengan air hangat

Daun.id

sumber; pexels

Mandi dengan air hangat dapat menghindari perut begah yang disebabkan oleh stres. Salah satu cara untuk mengontrol perut begah yang disebabkan oleh stres bisa dilakukan dengan cara mandi air hangat. Mandi air hangat dapat mengatasi sakit perut.

5. Mengonsumsi probiotik

Daun.id

sumber; pexels

Konsumsi makanan atau minuman yang mengandung probiotik bisa membantu mengimbangi bakteri yang menyebabkan perut kembung. Beberapa makanan yang mengandung probiotik untuk dikonsumsi di antaranya ialah tempe, yoghurt, dll. Mengonsumsi makanan pribiotik dapat mengatasi sakit perut.

6. Hindari minuman soda

Terutama saat perut terjadi kembung, hindarilah minum soda atau minuman yang mengandung soda. Sebab jenis minuman tersebut mengandung senyawa karbon dioksida yang bisa bikin perut begah. Selain itu juga mengandung gula dan pemanis buatan yang mudah menyebabkan sakit perut. Kurangi konsumsi soda berlebihan dapat mengatasi sakit perut.

7. Mengonsumsi makanan serat

Daun.id

sumber; pexels

Kurangnya serat pada tubuh bisa menjadi pemicu perut sakit atau begah. Begitu juga kelebihan dalam mengonsumsi serat juga dapat menyebabkan hal yang sama. Untuk orang dewasa laki-laki cukup konsumsi sekitar 25 gram, untuk orang dewasa perempuan cukup 38 gram. Konsumsi makanan mengandung serat dapat mengatasi sakit perut.

8. Mengatur pola makan teratur

Untuk menghindari gangguan pencernaan yang menyebabkan sakit perut. Terapkanlah pola makan yang teratur, usahakan makan minimal 3 kali sehari (pagi, siang, sore). Dan makan secukupnya tidak terlalu sedikit juga tidak terlalu banyak. Hal ini dapat mengatasi sakit perut.

9. Mencukupi minum air putih

Daun.id

sumber; pexels

Barangkali sakit perut disebabkan akibat kurang nya cairan pada tubuh, maka perlu lebih banyak air putih. Cukupi kebutuhan minum air putih minimal 8 gelas sehari dapat mencegah dehidrasi serta dapat mengatasi sakit perut.

Demikianlah beberapa cara mengatasi sakit perut yang dapat dilakukan, jika sakit perut sulit untuk diatasi, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapat resep serta perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya