8 Cara Mengatasi Asma di Malam Hari, Bersihkan Kamar Secara Teratur

"Asma dapat menyebabkan susah napas di malam hari"

Life | 18 January 2022, 15:50
8 Cara Mengatasi Asma di Malam Hari, Bersihkan Kamar Secara Teratur

Penderita asma seringkali mengalami susah tidur di malam hari, pasalnya gejala asma dapat timbul ketika sedang tidur di malam hari. Asma dapat kambuh pada malam hari. Asma dapat kambuh pada malam hari biasanya dapat dipicu oleh benda-benda yang menyebabkan alergi.

Selain itu juga dapat disebabkan oleh suhu udara, posisi tidur, dan produksi hormon tertentu. Bahkan asma juga dapat menimbulkan beberapa gejala pada malam hari dan mengalami gangguan tidur.

Pada malam hari suhu dapat mengalami penurunan, dan dapat terasa dingin yang luar biasa. Kondisi ini dapat menyebabkan gejala asma kambuh, selain itu juga dapat disebabkan beberapa hal lainnya.

Pada umumnya asma memang sulit untuk disembuhkan, akan tetapi dapat diantisipasi gejalanya. Dengan melakukan beberapa cara, gejala asma dapat dicegah dan mengurangi risiko bahaya yang tinggi.

Gejala asma di malam hari

Asma merupakan suatu penyakit yang dialami dan bisa terjadi pada anak-anak hingga orang dewasa. Asma juga dapat menimbulkan berbagai macam gejala pada malam hari, kenalilah beberapa gejala asma pada malam hari sebagai berikut ini :

Daun.id

sumber; pexels

- Mengi, kondisi bernapas yang dapat menimbulkan bunyi seperti orang bersiul dan dapat terjadi di malam hari.

- Dada terasa sesak, hal ini diakibatkan karena saluran pernapasan mengalami penyempitan.

- Batuk-batuk pada malam hari, seringkali dialami pengidap penyakit asma.

- Insomnia, susah untuk tidur, dan mendapatkan waktu istirahat yang cukup pada malam hari.

- Sesak napas di malam hari, ketika terjadi serangan. Napas terasa cepat dan memburu seperti orang berlari.

- Lelah dan lesu, meski tidak melakukan aktivitas yang berat. Pengidap asma dapat terasa lelah dan lesu.

- Serangan asma dapat datang secara tiba-tiba, bahkan dalam hari atau waktu yang sama sekaligus.

- Mulai memburuk dengan infeksi virus, seperti pilek.

- Serangan asma paling buruk terjadi ketika pagi dan malam hari.

Itulah beberapa gejala yang dapat ditimbulkan oleh asma di malam hari yang dapat dikenali. Kenalilah sehingga asma dapat segera teratasi dan tidak membahayakan. Sebelum mengatasinya lebih baik mengenal penyebabnya terlebih dahulu.

Penyebab asma di malam hari

Penyebab asma di malam hari perlu untuk diketahui, untuk mengantisipasi jika terjadi serangan asma di malam hari. Sehingga asam tidak membahayakan, jika secara tiba-tiba menyerang di malam hari.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab asma di malam hari :

- Kondisi kamar, lingkungan kamar yang berdebu, kotor, dan kurang nyaman merupakan beberapa kondisi yang dapat memicu terjadinya asma. Maka perhatikanlah kondisi kebersihan lingkungan.

- Udara dingin, ketika sedang berkendara dimalam hari pakailah jaket yang tebal karena dapat memicu asma. Selain itu jangan menggunakan AC dalam ruangan yang terlalu dingin, karena dapat memicu asma.

- Polusi udara, beberapa kondisi dapat memicu terjadinya polusi udara. Salah satu penyebab polusi udara ialah asap yang timbul dari pabrik, kebakaran hutan, kendaraan dan lain sebagainya. Kondisi tersebut dapat menyebabkan terjadinya asma.

- Stres, merupakan kondisi suatu carut marutnya pikiran seseorang yang disebabkan beberapa kondisi. Stres dapat menyebabkan asma, maka sangat penting untuk mengelola stres dengan hal yang positif.

- Faktor genetik, Selain faktor eksternal, asma juga bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan. Penyakit asma dapat mengalami turun temurun ke beberapa generasi.

- Rokok, memiliki kandungan zat yang berbahaya untuk kesehatan dan dapat mengganggu masalah pernapasan. Perokok aktif maupun pasif dapat menimbulkan terjadinya asma.

- Makanan dan minuman, makanan yang mengandung MSG tinggi dapat memicu terjadinya asma. Atau makanan yang mengandung pengawet dan minuman yang bersifat sangat dingin. Beberapa hal dapat memicu terjadinya asma.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan terjadinya asma. Hindarilah beberapa kebiasaan buruk dan mulai terapkan kebiasaan yang baik agar tidak terserang oleh penyakit asma.

Cara mengatasi asma di malam hari

Meski sulit untuk disembuhkan, asma di malam hari dapat diatasi dengan beberapa macam obat. Selain obat-obatan juga bisa diatasi dengan berbagai macam terapi. Dan masih banyak cara lainnya yang bisa dilakukan.

Berikut ini cara mengatasi asma di malam :

1. Terapi pernapasan di malam hari

Daun.id

sumber; pexels

Melakukan terapi pernapasan di malam hari, ketika sedang terjadi serangan asma di malam hari. Selain itu, rutin melatih pernapasan dapat membantu meningkatkan paru-paru untuk menampung dan menyerap oksigen. Sehingga dapat melatih napas untuk lebih efektif dan cara yang benar. Melakukan terapi pernapasan dapat mengatasi asma di malam hari kambuh kembali.

2. Membersihkan kamar tidur dengan teratur

Kamar tidur merupakan tempat yang harus dibersihkan secara teratur, agar selalu bersih dan terhindar dari berbagai pemicu yang dapat menyebabkan alergi dan memicu asma. Membersihkan kamar secara teratur dapat mengatasi asma di malam hari atau sedang tidur.

3. Menggunakan humidifier

Daun.id

sumber; pexels

Penggunaan alat pelembab udara dapat membantu melembapkan udara kamar tidur. Sehingga udara kamar tidur tidak terlalu dingin, sebab udara dingin dapat memperparah serangan asma. Menggunakan humidifier di kamar tidur dapat mengatasi asma di malam hari.

4. Meninggikan bantal kepala pada saat tidur

Posisi tidur dapat mempengaruhi terjadinya serangan asma, kondisi ini dapat diatasi dengan menambah tinggi bantal kepala saat tidur. Sehingga membuat napas lebih lega, dan dapat mengatasi asma di malam hari.

5. Melakukan terapi yoga

Daun.id

sumber; pexels

Olahraga selain baik untuk kesehatan juga dapat membantu mengatasi asma yang kambuh kembali. Yoga merupakan suatu olahraga yang dapat membuat seseorang mengatur pola pernapasan dan embusan napas dapat mengikuti setiap gerakan tubuh.

Jika teknik pernapasan yoga rutin dilakukan, lambat laun dapat dapat meningkatkan kapasitas paru-paru. Sehingga dapat menghirup volume oksigen dengan kapasitas yang lebih banyak. Yoga secara tidak langsung dapat mengatasi asma yang kambuh di malam hari.

6. Melakukan terapi akupunktur

Terapi akupunktur dapat meringankan gejala asma yang kambuh, hal ini seperti yang diungkapkan oleh beberapa hasil penelitian. Selain itu juga dapat mengobati beberapa macam gejala medis lainnya. Terapi akupunktur ialah pengobatan tradisional asal Tiongkok dengan cara menusukkan jarum tipis ke titik-titik tubuh tertentu.

7. Melakukan terapi obat herbal tradisional

Daun.id

sumber; pexels

Asma juga dapat diatasi dengan cara melakukan terapi obat herbal tradisional. Salah satu yang bisa dilakukan ialah dengan menggunakan bawang putih, ekstrak bawang putih memiliki sifat anti inflamasi. Maka dapat diyakini bawang putih bisa mengatasi asma yang kambuh, namun obat herbal tidak bisa dijadikan sebagai obat utama.

8. Melakukan terapi obat-obatan

Terapi ini dapat dijalani dengan jangka panjang atau pendek tergantung tingkat parahnya asma. Pengobatan asma dapat terbagi menjadi tiga sesuai dengan tingkat parahnya, yaitu jangka panjang, jangka pendek, dan pengobatan alergi. Lakukan dengan memberikan beberapa obat asma untuk mengatasinya.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi asma di malam hari. Jika masih kesulitan memintalah bantuan dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 19 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya