13 Cara Mengatasi Pilek pada Bayi 1 Bulan tanpa Obat

"Salah satu penyakit yang diakibatkan oleh pilek ialah pneumonia."

Life | 19 January 2022, 15:52
13 Cara Mengatasi Pilek pada Bayi 1 Bulan tanpa Obat

Bayi yang baru lahir harus beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya. Inilah saat di mana sistem kekebalan tubuhnya melatih diri supaya kian matang melindungi dari berbagai infeksi dan virus menular.

Pada proses adaptasi ini, sangatlah umum jika bayi baru lahir terkena pilek. Dikutip dari healthline.com, ada 200 tipe virus yang menjadi penyebab pilek. Alasannya, sebagian besar pilek yang terjadi pada bayi ini malah akan memperkuat sistem imunnya.

Walaupun demikian, mengetahui bayi yang baru lahir terkena pilek hingga kesusahan bernapas ialah hal yang membuat orang tua khawatir.

Adapun gejala pilek di bayi baru lahir lainnya, seperti:

- Bersin

- Demam

- Susah tidur dan rewel

- Hilangannya nafsu makan

- Batuk, terutama pada malam hari

- Susah menyusu atau minum dari botol akibat hidung tersumbat

Penyakit lain yang diakibatkan oleh pilek, misalnya:

- Pneumonia

- Infeksi telinga

- Sakit tenggorokan

Apabila ditemukan tanda-tanda gejala penyakit tersebut, dokter dapat mengambil sampel darah atau urin guna mengetahui faktor penyebab pileknya sebab virus atau bakteri, yakni:

Tidak peduli berapa usia bayi, demam yang bertahan lebih dari lima hari wajib lekas dibawa ke dokter. Terlebih apabila diikuti gejala seperti:

- Ruam

- Muntah

- Diare

- Batuk persisten

- Kesusahan bernapas

- Ingus kental berwarna hijau

- Tangisan terdengar aneh dan tidak biasa

- Keluar lendir berdarah dari hidung atau mulut

- Semburat kebiruan pada area bantalan kuku atau bibir

- Tanda-tanda dehidrasi (menolak minum, intensitas buang air kecil berkurang drastis)

Cara mengatasi pilek pada bayi 1 bulan seperti halnya:

1. Usahakan bayi banyak beristirahat

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Tidur adalah salah satu cara yang ampuh dalam mengatasi gejala pilek di bayi, sebab ketika tidur imunitas tubuhnya bisa bekerja lebih maksimal guna melawan kuman atau virus faktor penyebab pilek. Oleh sebab itu, penting untukmu dalam memastikan Si Kecil banyak beristirahat ketika ia sakit.

2. Pastikan bayi tidur memakai posisi yang tepat

Si Kecil tidur lebih nyaman ketika pilek, kamu bisa memposisikan kepala Si Kecil lebih tinggi dari tubuhnya caranya dengan memakai bantal tambahan. Kamu juga dapat mengaplikasikan minyak telon dan menepuk punggungnya secara lembut ketika menidurkan Si Kecil. Aroma minyak telon yang menyegarkan mampu membuat Si Kecil tidur lebih nyenyak, lebih rileks, dan meringankan pernapasannya yang tersumbat.

3. Perhatikan keadaan ruangan bayi

Letakkan Si Kecil dalam ruangan tanpa pendingan udara atau AC guna mengurangi hidung tersumbat. Jika Si Kecil lebih nyaman pada ruangan ber-AC, pakai mesin pelembap udara atau humidifier guna menjaga kelembapan dan kualitas udara pada kamar Si Kecil.

4. Upayakan kebutuhan cairannya terpenuhi

Penting guna senatiasa memenuhi kebutuhan cairan Si Kecil secara rutin memberinya air putih ketika ia sakit. Jika Si Kecil masih menyusui, jangan lupa dalam memberikan asupan ASI dengan rutin.

Selain mencegah Si Kecil terhadap dehidrasi, kandungan nutrisi pada ASI juga baik dalam meningkatkan imunitas Si Kecil agar tubuhnya lebih kuat dalam melawan virus atau kuman faktor penyebab pilek.

5. Berikan sup

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Sup ayam diyakini sebagai cara mengatasi pilek pada bayi. Nutrisi misalnya ayam dan sayuran, dalam mengatasi peradangan yang mengakibatkan banyak gejala flu.

Selain itu, kaldu hangat di sup mampu mengencerkan lendir dan membersihkan hidung tersumbat. Apabila bayi baru mengenal makanan padat, kombinasikan sup ini dengan bubur atau puree.

6. Mandikan dengan air hangat

Coba mandikan Si Kecil menggunakan air yang paling hangat, agar masih dapat ditahan tubuhnya sebagai cara mengatasi pilek pada bayi.

Bersihkan dari kepala sampai tubuh 10-15 menit. Uap panas dari air hangat ini dapat melewati rongga hidung dan paru-paru si kecil. Secara tidak langsung uap hangat ini guna mengatasi lendir-lendir yang ada di tiap rongga.

Idealnya, suhu air mandi bayi sebesar 37-38 derajat Celcius. Bayi yang baru lahir sampai berusia 3 bulan belum dapat mengatur suhu tubuh mereka sendiri, sehingga rentan dalam udara dingin.

7. Essential oil dan humidifier

Senyawa aromatik ini mampu didapatkan dari pemakaian essential oil dan humidifier. Campuran ini dapat meringankan hidung tersumbat yang terjadi serta menciptakan aroma alami menjelang tidur agar pileknya mampu berkurang.

Selain itu, cara mengatasi pilek terhadap bayi dengan cara ini mengakibatkan anak menghirup udara lembap sehingga membantu mengeluarkan semua lendir yang mengakibatkan hidung tersumbat.

8. Usaha konsumsi cairan yang cukup

Dorong anak guna meminum cairan ekstra bebas gula pada siang hari sebagai cara mengatasi pilek pada bayi. Menjaga anak-anak tetap terhidrasi secara baik sangat penting ketika mereka sakit.

Pada jurnal Media Gizi Indonesia, dehidrasi adalah keadaan tubuh yang mengalami kekurangan cairan sebab jumlah yang keluar lebih besar dibandingkan yang masuk menuju tubuh.

Terdapat beberapa cairan yang dapat dipakai dalam menghidrasi tubuh Si Kecil terhadap cara mengatasi pilek pada bayi, yakni:

- Makan makanan berkuah

- Minum susu favorit Si Kecil

- Makan buah potong

- Konsumsi air kelapa

- Makan es krim atau sorbet buah

9. Jaga kebersihan tangannya

Bagi anak yang telah cukup besar, kamu dapat mengajaknya dalam menjaga kebersihan tangannya dan mencuci tangan dengan teratur. Terutama sesudah batuk atau bersin dan sebelum makan. Kebiasaan ini sangat membantu dalam cara mengatasi pilek pada bayi.

Centers for Disease and Control Prevention merekomendasikan supaya sering mencuci tangan memakai sabun dan air minimal sekitar 20 detik, terutama sesudah berada pada tempat umum, sesudah menyeka batuk, hidung, atau bersin.

Apabila susah memperoleh akses air dan sabun, kamu dapat memakai hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70 persen guna menghilangkan kuman lebih ampuh.

10. Madu

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Madu tidak aman bagi anak di bawah usia 1 tahun sebab risiko botulisme, namun bisa menenangkan tenggorokan dan batuk anak yang lebih besar dan cara mengatasi pilek pada bayi.

Pada sebuah penelitian tahun 2007, memberikan setengah sendok teh madu terhadap anak-anak usia 2 hingga 5 tahun terlihat mampu menekan batuk, walaupun penelitian lebih lanjut dibutuhkan.

11. Memberikan ASI

ASI mengandung antibodi yang membuat tubuh kebal dengan segala jenis kuman dan virus, terutama virus influenza. Berhubungan dengan itu, ASI juga memberikan hidrasi.

Hal ini merupakan salah satu solusi alami terbaik sebagai cara mengatasi pilek pada bayi. ASI mampu diberikan terhadap bayi yang berusia di bawah 6 bulan, dan tidak membutuhkan obat flu.

12. Bawang putih

Bawang putih merupakan obat yang efektif dalam mengatasi pilek pada bayi. Campuran ini merupakan salah satu obat herbal terbaik sebagai cara mengatasi pilek pada bayi dan anak.

Siapkan 2 siung bawang putih kemudian panggang kering. Sesudah dingin, masukkan ke dalam kain kemudian biarkan aromanya tercium dan dihirup oleh bayi. Kantung ini mampu membantu mengatasi penyumbatan yang mungkin terjadi pada bayi sebab pilek.

13. Pakai alat penyedot ingus

Apabila pilek di bayi telah sangat mengganggu, encerkan lendirnya secara air garam yang diteteskan pada ujung lubang hidung bayi. Kemudian, pakai alat penyedot ingus bayi guna membersihkan hidung. Kamu juga dapat memakai kapas yang dibasahi memakai air hangat guna membersihkan cairan hidung atau lendir yang mengeras di hidung Si Kecil.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 13 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya