12 Cara Mengatasi Muka Merah dan Panas dengan Cepat, Perhatikan Langkahnya

"Muka merah dan panas mampu diatasi dengan cara berikut."

Life | 19 January 2022, 14:49
12 Cara Mengatasi Muka Merah dan Panas dengan Cepat, Perhatikan Langkahnya

Rutinitas kecantikan yang salah dapat menimbulkan teriritasi, kulit kering, dan merah. Kadang kamu bahkan tidak mengetahui bahwa sebenarnya kamu merusak wajah dengan memakai produk yang sangat mahal. Itu diakibatkan merawat wajah tidak senantiasa mengenai harga perawatan kulit, namun perawatan yang tepat.

Beberapa kerusakan yang diakibatkan oleh terjadinya beberapa perawatan kulit wajah memang tidak dapat dianggap sepele. Misalnya saja, kulit wajah yang memerah dan terjadi iritasi. Dengan begitu, kamu melakukan cara mengatasi wajah merah dan iritasi secara cepat.

Berbagai cara yang sebenarnya aman saat dilakukan, supaya dipakai sesuai dengan ketentuan dan cara yang tepat supaya tidak berefek buruk teradap kulit.

Faktor penyebab muka merah dan panas adalah meningkatnya aliran darah menuju wajah sehingga pembuluh darah melebar. Akan tetapi, secara spesifik keadaan ini bisa diakibatkan beberapa hal misalnya seperti:

- Kepanasan

- Rosacea

- Konsumsi makanan pedas

- Penyakit kelima/fifth disease

- Ekspresi emosional: merasa cemas dan malu

- Pemakaian obat-obatan tertentu, misalnya overdosis Niacin

Faktor penyebab lainnya:

- Alergi

- Cuaca dingin

- Infeksi kulit

- Jerawat

- Konsumsi alkohol

- Sindrom Karsinoid

- Kanker tiroid

- Sakit kepala cluster

- Demam kuning

- Hiperrefleksia otonom

- Sindrom Cushing

- Menopause

- Agoraphobia

- Demam scarlet

- Hipertiroidisme

- Pielonepritis

- Gangguan sistem endokrin

- Terbakar sinar matahari

- Sindrom aktivasi sel mast (MCAS)

Konsultasikan diri/pasien pada dokter apabila:

- Wajahmu dipenuhi jerawat

- Muka merah dan panas sering terjadi

- Muka merah tanpa alasan yang jelas

- Muka merah mulai terasa mengganggu

- Muka merah dan panas dikuti gejala lain misalnya diare

- Muka merah dan panas tidak lekas sembuh dalam beberapa minggu

Jika kamu mengalami muka merah dan panas disertai gejala serius dan berkelanjutan lekas bawa ke UGD, yakni:

- Mengi

- Pusing

- Mulut bengkak

- Gatal-gatal

Dikutip dari Brightside, berikut ini kami sudah dirangkum 6 cara mengatasi wajah merah dan iritasi secara cepat yaitu:

1. Aplikasikan pelembap segera seusai mandi atau cuci muka

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Waktu terbaik dalam mengoleskan pelembap ialah ketika kulitmu lembap. Mengenai hal tersebut, ia mengunci hidrasi dan mencegah iritasi ekstra. Upayakan supaya tidak memakai handuk guna mengeringkan wajahmu, namun aplikasikan krim segera sesudah dicuci.

2. Batasi waktu mandi

Waktu mandi maksimal yang direkomendasikan ialah sekitar 5 hingga 10 menit. Ahli kulit mengatakan bahwa ini adalah waktu yang cukup dalam membersihkan dan melembapkan kulit.

Melakukannya dengan berlebihan bisa mengakibatkan konsekuensi yang tidak menyenangkan. Saat kamu melakukan overwash dan over-cleansing, minyak alami yang menjaga kesehatan kulitmu mampu terkelupas sehingga bisa membuat pori-pori terbuka dan air keluar dari tubuh. Kemudian, kemungkin kamu melihat iritasi dan kemerahan.

3. Hindari produk perawatan kulit tanpa pewangi

Cara mengatasi wajah merah dan panas berikutnya ialah dengan menghindari produk perawatan kulit tanpa pewangi. Apabila kamu memerhatikan bahwa kulitmu menjadi iritasi dan panas, mungkin akibat pemakaian “bebas pewangi ” dari sabun, losion, atau deterjen.

Mereka meminimalkan iritasi dan mengakibatkan lebih sedikit reaksi alergi. Hati-hatilah menggunakan produk yang ditandai dengan kata, “tanpa pewangi. Mereka mungkin mempunyai bahan kimia yang bisa mengiritasi kulitmu.

4. Menggunakan salep atau krim sebagai pengganti losion

Cara mengatasi wajah merah dan panas adalah dengan menggunakan salep atau krim yang digunakan sebagai pengganti losion. Ada perbedaan antara penggunaan krim dan losion. Dalam mengatasi kulit kering dan sensitif, lebih baik menggunakan krim sebab memberikan pelindung yang lebih berat agar kulit tetap terhidrasi. Losion cepat diserap oleh kulit dan direkomendasikan untuk kulit normal. Itu juga bisa digunakan pada bulan-bulan musim panas.

5. Beli produk kecantikan memakai kandungan bahan yang menenangkan

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi wajah merah dan panas selanjutnya ialah dengan memakai bahan-bahan yang menenangkan. Produk dengan kandungan niacinamide, allantoin, kafein, sulfur, chamomile, aloe, akar licorice, dan mentimun bisa membantu meredakan kemerahan.

Selain itu, para ahli menyarankan pemakaian persediaan pembersih organik. Sangat penting agar tidak memakai produk dengan berlebihan, dan sering menggunakan masker bisa menimbulkan “ maskne” yakni timbulnya jerawat akibat masker menjebak kotoran pada pori-pori.

6. Kurangi rutinitas kecantikanmu

Apabila telah dipercaya tidak mempunyai kelainan kulit apa saja, tetapi wajah tetap tampak merah dan panas ketika meminimalkan kosmetikmu, termasuk riasan, akibat salah satunya dapat mengakibat alergi. Kamu bisa mencoba memperkenalkan lagi produk, satu per satu, dalam beberapa hari.

Cara ini bisa membantumu memahami produk atau bahan yang berbahaya terhadap hidupmu, dan akhirnya kamu bisa menghindari membeli krim berbeda dengan komponen yang sama.

Cara mengatasi muka merah dan panas lainnya, yakni:

1. Mengolesi lidah buaya

Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Cara lain mengatasi wajah merah yakni menggunakan lidah buaya. Pemakaian lidah buaya sebagai obat tergolong efektif karena di dalamnya ada fungsi antiinflamasi yang dapat meredakan iritasi, peradangan, dan kulit kering yang menimbulkan wajah memerah.

Cara mengoleskannya juga sederhana sebab kamu hanya harus mengaplikasikan The Body Shop® Aloe Multi-Use Soothing Gel ke kulit yang bermasalah. Diamkan sampai kering sebelum membersihkannya menggunakan air dingin. Lakukan hal ini dengan rutin dan berkala sampai kulit wajah menjadi normal lagi.

2. Sabun muka yang tepat

Kemerahan pada wajah juga bisa terjadi karena salah pilih sabun cuci muka. Dalam kondisi lain yang kadang terjadi ialah wajah terasa kering, dan ketarik setiap selesai cuci muka.

Jika kamu mengalami hal ini, maka tidak ada cara lain dalam mengatasi wajah merah itu, yakni menghentikan pemakaian sabun muka. Kemudian ganti dengan sabun yang tidak mengandung alkohol, bersifat hydrating, dan tanpa pewangi.

3. Mengompres menggunakan es

Langkah yang paling praktis supaya dilakukan ialah mengompres wajah menggunakan es. Alasanya, suhu dingin dapat membantu mengontraksi pembuluh darah yang letaknya di bawah kulit sehingga kemerahan mampu berkurang. Es batu juga dapat mengurangi rasa gatal dan peradangan.

Dalam memulainya, kamu hanya butuh es batu yang telah dibungkus dengan kain bersih atau handuk kecil. Kompres wajah dengan perlahan selama satu menit. Hindari kontak langsung kulit memakai es akibat dapat berujung terhadap peradangan dan rusaknya sel-sel kulit.

4. Teh hijau

Kamu juga dapat mengatasi wajah merah memakai teh hijau. Caranya mudah sekali: seduh segelas teh hijau, kemudian dinginkan pada lemari es. Sesudah dingin, aplikasikan teh hijau di wajah, khususnya di daerah yang kemerahan. Kemudian tunggu sekitar beberapa menit, dan bersihkan dengan air bersih.

Jika kamu tidak mau ribet, atau tidak memiliki teh hijau di rumah, dapat langsung membeli masker teh hijau. Akan tetapi, kini sudah banyak merek perawatan wajah yang mengeluarkan jenis masker teh hijau.

5. Menggunakan masker mentimun

Daun.id

Sumber: Pixabay.com

Siapa kira bahwa mentimun bisa dipakai sebagai salah satu cara mengatasi merah pada muka? Hal ini sebab mentimun kaya akan kandungan vitamin dan mineral yang mampu menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya.

Prosesnya juga terbilang mudah sebab kamu harus mengiris mentimun dan mendinginkannya pada kulkas sebelum meletakkannya pada permukaan wajah. Tunggu sampai irirsan-irisan mentimun itu tidak lagi terasa dingin. Ulangi cara ini setiap hari dan rasakan khasiatnya.

6. Gunakan sleeping mask sebelum tidur

Pakai sleeping mask ialah dengan menenangkan kulit wajah sesudah seharian berkegiatan. Saat tidur, sleeping mask bekerja dengan maksimal pada seluruh wajah. Tidak hanya mengatasi masalah kulit kemarahan, keadaan kulit wajah lain juga mampu teratasi memakai sleeping mask.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SENIN, 13 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:16 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya