16 Cara Mengatasi Ketiak Hitam dengan Mudah, Pakai Bahan Alami

"Kulit jeruk dapat digunakan dalam mengatasi ketiak hitam, lo."

Life | 18 January 2022, 17:25
16 Cara Mengatasi Ketiak Hitam dengan Mudah, Pakai Bahan Alami

Kulit ketiak seharusnya mempunyai warna sama dengan bagian kulit lainnya. Akan tetapi, beberapa keadaan bisa membuat warna kulit di daerah lipatan ini menjadi lebih gelap dibanding area sekitarnya. Ketiak hitam kadang bukan masalah kesehatan yang harus diwaspadai. Tetapi, keadaan ini kadang mengakibatkan sebagian orang tidak percaya diri. Terlebih ketika harus menggunakan pakaian tanpa lengan.

Dikutip dari Healthline, faktor penyebab ketiak hitam dapat diakibatkan oleh faktor gaya hidup. Di antaranya sebab mencukur bulu ketiak, iritasi deodoran, penumpukan sel kulit mati, hingga akibat gesekan baju ketat. Ketiak hitam juga dapat diakibatkan infeksi bakteri (eritrasma), efek samping rokok, hiperpigmentasi, dan bercak hitam di kulit (melasma). Selain itu, ketiak hitam bagian dari masalah kulit acanthosis nigricans yang kemungkinan pertanda penyakit tertentu. Mengutip Medical News Today, penyakit yang dapat membuat ketiak hitam seperti obesitas, kadar hormon tidak normal, diabetes, dan penyakit yang menyerang kelenjar adrenal.

Terdapat beberapa keadaan yang mengakibatkan ketiak menjadi hitam, seperti:

1. Iritasi kulit ketiak

Salah satu faktor penyebab kulit ketiak hitam yang paling umum ialah sering menghilangkan bulu ketiak menggunakan cara mencukur atau mencabut bulu ketiak.

Hal ini bisa menyebabkan kulit mudah teriritasi dan meningkatkan produksi melanosit yang berlebih. Melanosit adalah sel penghasil pigmen atau warna alami kulit (melanin).

2. Acanthosis nigricans

Kulit ketiak hitam juga mampu diakibatkan oleh penyakit yang dikenal acanthosis nigricans. Orang yang mempunyai masalah ini akan mengalami penebalan kulit dan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap. Timbulnya juga tak hanya di ketiak, tetapi juga dapat pada tubuh, perut, lengan, leher, wajah, dan area pangkal paha.

3. Kehamilan

Sebagian ibu hamil mampu mengalami perubahan atau gangguan kulit, dan salah satunya ialah kulit ketiak hitam. Hal ini memungkinan diakibatkan akibat perubahan hormon kehamilan yang merangsang meningkatnya produksi melanin. Warna kulit yang menghitam kadang dapat memudar pada beberapa bulan seusai melahirkan.

4. Infeksi bakteri

Kulit ketiak hitam dapat dikarenakan infeksi bakteri Corynebacterium minutissimum. Bakteri ini kadang tumbuh subur apabila kamu banyak berkeringat, kurang menjaga kebersihan tubuh, bermukin di lingkungan yang lembap, atau menderita penyakit tertentu, misalnya diabetes dan obesitas.

Acanthosis nigricans ini dapat dikarenakan akibat beberapa faktor, misalnya:

- Kelebihan berat badan atau obesitas.

- Diabetes tipe 2.

- Gangguan hormon, misalnya pada penyakit penyakit tiroid, sindrom Cushing, atau sindrom ovarium polikistik (PCOS).

- Efek samping obat-obatan yang bisa memengaruhi hormon, semisal pil KB dan kortikosteroid.

Apabila timbulnya kian berat dengan waktu cepat, maka acanthosis nigricans  mungkin berhubungan dengan penyakit kanker, contohnya kanker lambung dan kanker hati.

Adapun hal yang yang dapat digunakan sebagai cara mengatasi ketiak hitam, yakni:

1. Timun

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Mentimun dipercaya mampu mencerahkan kulit, terutama kulit ketiak. Tak hanya mencerahkan, mengoles atau menempel irisan mentimun pada kulit juga bisa membuat kulitmu terasa lebih segar.

Caranya cukup mengiris timun bulat setebal 2 cm. Gosokkan timun pada ketiak dengan lembut dan tunggu selama 15 menit. Sesudah itu, basuh ketiakmu dengan air dingin.

2. Kentang

Kandungan enzim katekolase di kentang dapat mengurangi masalah hiperpigmentasi di kulit, terutama daerah ketiak. Cara merawat ketiak hitam menggunakan kentang cukup mudah. Kamu tinggal memarut kentang kemudian memeras airnya. Pakai air perasan kentang tersebut pada ketiak hitam. Sesudah 10 menit, baru basuh menggunakan air dingin dan keringkan.

3. Kunyit

Dalam menambah efektivitas lemon guna merawat ketiak hitam, kamu juga dapat mencampurkannya memakai kunyit. Cara mengatasi ketiak hitam secara alami memakai kunyit dan lemon cukup praktis. Kamu tinggal mencampurkan dua sendok makan perasan lemon segar dan bubuk kunyit secukupnya. Oleskan pasta campuran keduanya sampai merata ke area ketiak hitam. Setelah 30 menit, baru bilas pasta sampai bersih.

4. Minyak tea tree

Minyak tea tree juga mampu menjadi bahan pencerah alami guna mengatasi ketiak hitam. Hal yang harus diperhatikan, hindari mengaplikasikan langsung minyak ini pada bagian ketiak hitam sebab bisa memicu iritasi. Dengan begitu, upayakan supaya senantiasa mengencerkan minyak tea tree memakai air. Cara mengatasi ketiak hitam secara alami menggunakan minyak tea tree dapat membuat campuran lima tetes minyak dengan 250 mililiter air. Simpan campuran itu dalam botol semprot, kemudian semprotkan di ketiak setiap habis mandi sebagai deodoran alami.

5. Lemon

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Lemon selama ini dipercaya mempunyai reputasi dapat mengatasi beberapa masalah kulit yang menghitam. Cara mengatasi ketiak hitam dengan lemon dapat dengan meletakkan potongan lemon yang telah diiris tipis pada area ketiak hitam. Sesudah 10 menit, baru bersihkan bekas lemon dengan air dingin, keringkan, dan beri pelembab. Mengingat sifat lemon yang asam, beberapa orang dengan kulit sensitif mampu mengalami iritasi ketika terkena bahan alami ini. Sebelum memakainya, sebaiknya coba aplikasikan lemon pada kulit bagian dalam lengan. Apabila tidak muncul alergi contohnya gatal hebat atau panas, baru lanjutkan penggunaannya.

6. Bengkoang

Buah khas Indonesia ini telah terbukti manfaatnya dalam memutihkan kulit tubuh dan wajah. Beberapa produk perawatan kulit yang mengandung sari bengkoang telah banyak beredar di pasaran, namun sebaiknya jika kamu memakai bengkoang asli bagi kulitmu.

Bengkoang terdapat senyawa dan vitamin yang sudah terbukti bisa memutihkan kulit terutama kulit ketiak. Cara memakai bengkoang dalam memutihkan kulit ketiak yakni:

- Siapkan 1 buah bengkoang dan kupas kulitnya.

- Parut bengkoang sampai halus.

- Gosokkan di kulit ketiak yang hitam.

- Tunggu menempel sekitar 15 menit, sesudah kering basuh sampai bersih.

- Ulangi langkah ini dengan teratur setiap habis mandi guna memperoleh hasil yang maksimal.

7. Lidah buaya

Lidah buaya mampu bekerja dalam menghambat pembentukan enzim yang mengakibatkan pigmentasi kulit. Dengan begitu, bisa dipakai dalam membantu mencerahkan ketiak yang menghitam.

Selain itu, lidah buaya juga mengandung antibakteri dan bisa menenangkan kulit karena iritasi. Cukup dengan mengaplikasikan lidah buaya di ketiak, lalu tunggu sampai 15 menit. Jangan lupa membersihkannya memakai air dingin.

8. Jeruk nipis

Tidak hanya lemon, jeruk nipis juga dipercaya menjadi salah satu cara mengatasi kulit ketiak yang hitam. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa tidak semua ketiak hitam mampu diatasi dengan jeruk nipis.

Ketiak hitam dengan masalah medis tertentu tidak mampu diatasi menggunakan jeruk nipis, misalnya obesitas, iritasi, diabetes, atau infeksi tertentu.

Cara memutihkan ketiak dengan jeruk nipis hanya dengan memotong jeruk nipis menjadi beberapa bagian. Lalu, peras dan aplikasikan airnya di bagian ketiak yang hitam. Tunggu sekitar 10 menit dan basuh dengan air hingga bersih. Jangan lupa supaya memberi pelembab sesudahnya.

9. Air mawar

Air mawar mempunyai banyak khasiat kulit, misalnya menenangkan, melembapkan, mencerahkan, dan menyeimbangkan pH kulit. Semua kandungan yang terdapat pada air mawar sangat diperlukan dalam memutihkan ketiak yang gelap. Kamu hanya perlu membasahi ketiak menggunakan air mawar, kemudian tunggu sekitar 5-7 menit, dan bersihkan dengan air dingin.

10. Kulit jeruk

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Kulit jeruk nyatanya dapat dipakai dalam memutihkan ketiak yang hitam. Caranya cukup dengan mencampurkan 1 sendok makan susu, kemudian 1 sendok makan air mawar dengan lembar kulit jeruk yang diparut.

Lalu gosokkan campuran itu pada ketiakmu dengan lembut, tunggu sekitar 15 menit sebelum dibasuh menggunakan air dingin. Ulangi dua sampai tiga kali per minggu.

11. Biji bunga matahari

Minyak biji bunga matahari kaya akan kandungan vitamin C dan E, yang sangat berkhasiat dalam mencerahkan pigmen kulit yang gelap. Oleh sebab itu, kandungan minyak biji bunga matahari atau sunflower seed oil di deodorant mampu menjadi solusi efektif dalam mengatasi masalah ketiak hitam. Minyak biji bunga matahari juga dapat bermanfaat sebagai emolien yang ampuh dalam melembabkan kulit dan mengatasi iritasi. Itulah mengapa, pemakaian bahan ini di ketiak juga sangat aman.

12. Yogurt

Tidak hanya enak dimakan, yogurt dapat dipakai dalam mengatasi ketiak yang menghitam. Perlu kamu ketahui bahwa terdapat kandungan asam folat yang bermanfaat guna mengangkat sel-selt kulit mati. Adanya vitamin B5 dan B12 juga dapat mencerahkan permukaan kulit ketiak yang menghitam.

Pakai yogurt sebagai masker, kemudian campurkan dua sendok yogurt memakai susu. Aduk rata semua bahan, lalu oleskan di bagian permukaan kulit ketiak.

Diamkan sampai 30 menit hingga benar-benar mengering, kemudian bersihkan dengan air hangat. Pemakaiannya dua atau tiga kali seminggu supaya memperoleh hasil yang dikehendaki.

Ini merupakan beberapa bahan alami yang dapat mencerahkan dan mengatasi ketiak hitam. Akan tetapi, perlu diperhatikan bahwa cara ini memerlukan kesabaran dan waktu yang lama, sehingga keadaan kulit ketiak dapat lebih cerah.

13. Cuka apel

Selain dapat dijadikan toner dan mengobati jerawat, cuka apel dapat membantu dalam mengatasi ketiak yang menghitam. Perlu kamu ketahui bahwa cuka mengandung asam sitrat dan asam asetat.

Kandungan itu dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan membunuh bakteri yang ada di sekitar daerah ketiak. Cara pemakaiannya hanya cukup siapkan dua sendok teh cuka apel dan bubuk soda kue. Campurkan kedua bahan itu secara merata.

Sesudahnya, kedua bahan itu dapat dioleskan di ketiak yang menghitam. Tunggu 10-15 menit hingga mengering, lalu bersihkan memakai air dingin. Apabila hendak mendapatkan hasil yang optimal, maka pakai dua atau tiga kali seminggu.

14. Cegah iritasi kulit ketiak

Apabila sering mencukur bulu ketiak, coba mandi air hangat terlebih dulu dan pakai krim atau gel cukur ketika ingin mencukur supaya kulit ketiak tidak mudah iritasi. Apabila kulit ketiak sering teriritasi seusai memakai deodoran, coba ganti deodoran dengan jenis deodoran yang tanpa pewangi atau hentikan pemakaian deodoran dalam sementara waktu.

15. Susu

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Asam lemak dan vitamin di susu nyatanya mampu mengatasi ketiak hitam. Dalam menghilangkan noda hitam di ketiak, cara yang dapat dilakukan ialah dengan mengaplikasikan susu pada ketiak terlebih dulu. Dalam mendapatkan hasil yang maskimal, kamu dapat mencampur satu sendok makan susu, satu sendok makan tepung, dan satu sendok makan plain yogurt. Sesudah itu, aplikasikan pada ketiak dan diamkan sekitar 15 menit. Lalu, bersihkan menggunakan air dingin.

16. Pakai krim pencerah

Pakai krim pencerah yang mengandung niacinamide, retinol, azelaic acid, hydroquinone, atau kojic acid. Ini dapat membantu guna mencerahkan bagian yang lebih gelap.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 19 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya