5 Cara Mengatasi Stres, Ketahui Penyebab dan Dampaknya Bagi Kesehatan

"Stres merupakan suatu gejala yang dapat dialami oleh siapa saja, selain dapat mengganggu pikiran juga memiliki dampak yang negatif terhadap kesehatan."

Life | 18 January 2022, 18:38
5 Cara Mengatasi Stres, Ketahui Penyebab dan Dampaknya Bagi Kesehatan

Meski bukan termasuk masalah kesehatan yang serius, stres tidak dapat diacuhkan begitu saja. Stres tidak dapat dihindari, namun dapat diatasi dengan beberapa cara. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam keadaan atau kondisi.

Tidak selamanya stres memiliki orientasi yang buruk pada hidup. Terjadinya stress merupakan suatu tanda seseorang sedang memikirkan sesuatu. Misalnya karena tugas kuliah, pekerjaan, dan beberapa urusan yang lainnya.

Akan tetapi tidak semua orang dapat mengetahui cara mengatasi stres dengan baik, hingga tidak bisa mengelola stress dengan baik. Sehingga dapat menimbulkan dampak yang buruk. Dan juga dapat mempengaruhi kondisi kesehatan, bahkan dapat menimbulkan serangan jantung.

Sebelum mengatasi sebaiknya mengenal dahulu penyebabnya, mengatasi stress dapat dengan beberapa cara. Cara mengatasinya berbeda-beda, sesuai dengan penyebabnya.

Dampak stres pada kesehatan

Saat sedang terjadi stress, tubuh dapat melepaskan hormon kortisol yang dapat membuat jantung bekerja lebih cepat. Selain itu juga dapat menyebabkan tubuh terasa lebih mudah lelah. Kekebalan imun tubuh, juga ikut menurun, sehingga rentan terkena serangan virus dan mudah sakit.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini beberapa dampak yang ditimbulkan oleh tubuh akibat stress :

- Masalah pada kulit dan rambut, menyebabkan rambut jadi lebih mudah rontok, dan menyebabkan tumbuhnya jerawat.

- Terjadi gangguan menstruasi, selain itu juga dapat menyebabkan terjadinya gangguan PMS.

- Dapat menyebabkan serangan jantung, selain itu juga memiliki dampak tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.

- Mengalami gangguan sakit kepala.

- Tidak dapat tidur dengan nyenyak, atau sedang mengalami gangguan tidur.

- Mengganggu mental, hingga menimbulkan depresi, kecemasan, dan beberapa gangguan kepribadian.

- Tidak saja menyebabkan tubuh kurus, tetapi juga dapat memicu seseorang mengonsumsi makanan yang lebih banyak. Sehingga menyebabkan obesitas.

- Dapat memicu gangguan pencernaan, dan beberapa masalah iritasi, asam lambung dan lain sebagainya.

Demikian beberapa dampak stress, maka segera atasi atau kelola stress dengan baik agar tidak memiliki dampak yang berbahaya bagi kesehatan.

Macam-macam stress

Stres juga memiliki banyak macam, dan bahkan setiap orang tidak bisa menghindari stres. Ada stres baik dan stres buruk, stres baik dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang. Hindarilah stres buruk, berikut ini macam-macam stres buruk yang perlu diwaspadai

Daun.id

sumber' pexels

1. Stres akut, Seseorang yang mengalami stres akut dapat membuat jantungnya berdebar lebih kencang, bahkan dapat membuat tekanan darah menjadi naik. Stres akut bisa dimaknai reaksi tubuh secara langsung terhadap macam-macam kondisi tertentu.

2. Stres akut episodik, seseorang yang cepat marah dan mudah cemas. Stres akut yang sering terjadi pada seseorang bisa memicu timbulnya stres akut episodik. Biasanya orang akan mengalami stres akut episodik karena sering menghadapi krisis.

3. Stres kronis, stres ini palinglah berbahaya, pasalnya stres ini dapat memicu terjadinya beberapa jenis penyakit yang kronis pula. Penderita stres kronis cenderung mendapat tekanan berat dan sangat melelahkan. Suatu kondisi yang demikian telah terjadi selama bertahun-tahun.

Demikian beberapa macam stress yang dapat di ketahui, kenalilah agar dapat membedakan jenis stress ringan hingga stress berat. Hal ini untuk memudahkan dalam mengatasi stress.

Mengenal penyebab stress

Pengelolaan pekerjaan atau tugas yang tidak dapat diselesaikan dengan baik dapat menyebabkan kondisi pikiran seseorang tertekan. Kondisi ini dapat menyebabkan seseorang menjadi stress. Berikut ini beberapa hal yang menyebabkan stress :

Daun.id

sumber; pexels

- Memiliki banyak beban kerja yang belum teratasi dengan baik.

- Khawatir secara berlebihan, sehingga mempengaruhi kondisi tekanan pikiran seseorang.

- Hubungan sosial yang kurang baik dengan berbagai orang.

- Menderita suatu penyakit yang sangat sulit untuk disembuhkan dan menyebabkan beban pikiran yang menyebabkan stress.

Itulah beberapa penyebab yang menjadi pemicu stress, ketahuilah beberapa penyebabnya agar dapat mengatasi stress dengan baik dan dapat terhindar dari stress.

Cara mengatasi stress

Stress sebenarnya juga dapat diatasi dengan beberapa cara. Ada banyak cara yang bisa ditempuh atau dilakukan untuk mengatasi stress, berikut ini beberapa cara mengatasi stress :

1. Alihkan dengan hal positif

Untuk mengatasi stress yang harus dilakukan pertama kali ialah menumbuhkan kesadaran. Kenali diri sendrii lebih dalam, kemudian carilah kekurangan yang terdapat pada diri sendiri. Setelah itu netralkan pikiran anda, tidak memikirkan hal yang buruk maupun hal baik. Setelah berada pada kondisi netral barulah mencoba hal positif secara pelan-pelan.

2. Melawan pikiran yang negatif

Setiap orang pasti pernah mengalami pikiran yang negatif, lawanlah pikiran yang negatif tersebut. Jangan biarkan diri sendiri dikuasai oleh pikiran yang negatif, jangan pula menghindarinya. Sebab menghindari pikiran negatif itu sama halnya dengan menunjukkan kekalahan.

Daun.id

sumber; pexels

Maka suatu ketika pikiran negatif akan kembali menyerang. Cara melawannya, terimalah pikiran yang negatif tersebut. Kemudian kenali dan pelajari pikiran yang negatif, setelah itu alihkan atau kendalikan secara pelan-pelan ke arah yang positif. Sehingga dapat mengatasi stress dengan baik.

3. melakukan meditasi

Meditasi dapat dijadikan salah satu cara mengatasi stress. Stress banyak disebabkan karena memikirkan sesuatu yang kurang penting secara berlebihan. Meditasi dapat membantu melatih konsentrasi berpikir dengan baik, secara tidak langsung meditasi dapat mengatasi stress secara berlebihan.

4. Fokus pada memecahkan masalah

Menumpuknya masalah yang tak dapat terselesaikan dengan baik, bisa menyebabkan penumpukan masalah. Setelah beberapa masalah yang tak terselesaikan akan menimbulkan stres. Maka berkonsentrasilah dalam menyelesaikan masalah, agar masalah sedikit demi sedikit sehingga tidak banyak menanggung beban dan stress dapat diatasi.

5. Memperbanyak bersyukur

Daun.id

sumbur; pexels

Bersyukur merupakan cara seseorang menerima dirinya sendiri dan menerima apa yang dimilikinya. Sesuatu yang dapat diterima dengan baik, maka akan memiliki manfaat yang baik pula. Bersyukur dapat dijadikan sebagai cara mengatasi stress.

Demikianlah beberapa cara mengatasi stress yang dapat dilakukan. Jika stress masih sulit teratasi, sebaiknya jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 21 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:14 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Gemini Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan kamu akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang baik dan saling pengertian akan menjadi kunci untuk menjaga hubunganmu tetap harmonis. Jangan ragu untuk mengungkapkan perasaanmu kepada pasanganmu.



Gemini Selengkapnya