10 Cara Mengatasi Kulit Kering pada Wajah, Ketahui Penyebabnya

"Kulit kering pada wajah dapat terjadi pada siapa saja, kondisi ini tidak dapat dibiarkan begitu saja karena dapat mengurangi rasa percaya diri."

Life | 20 January 2022, 08:55
10 Cara Mengatasi Kulit Kering pada Wajah, Ketahui Penyebabnya

Indonesia termasuk negara yang beriklim tropis, dan dapat te4rasa sangat panas. Terutama pada saat musim kemarau, tentunya pada musim tersebut terkenal dengan kondisi panas yang begitu menyengat.

Kondisi yang sangat panas dapat menimbulkan kulit kering pada wajah, selain itu juga beberapa dampak negatif lainnya. Bahkan juga dapat menimbulkan kerutan pada wajah, hal ini harus dipedulikan agar tidak menimbulkan kerusakan pada kulit wajah.

Sebagian besar orang selalu menginginkan wajah yang tampak segar. Masalah kulit kering pada wajah tentunya dapat diatasi melalui beragam cara. Sebelum mencari cara untuk mengatasinya, sebaiknya kenali dulu penyebabnya.

Salah satu penyebab kulit kering pada wajah ialah karena kehilangan atau kekurangan produksi minyak yang dapat menjaga kelembapan wajah. Sehingga terjadi masalah kulit kering pada wajah.

Penyebab kulit kering pada wajah

Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya kulit kering pada wajah, salah satunya bisa dipengaruhi oleh faktor dari dalam maupun faktor dari luar. Contoh faktor dari luar, seperti disebabkan cuaca, panas, debu, dll. Sedangkan contoh faktor dari dalam , hal ini bisa dipengaruhi oleh faktor genetik, usia, dan beberapa kondisi medis.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab kulit kering pada wajah :

- Penggunaan sabun secara berlebihan, sabun memang dapat membersihkan kulit wajah. Namun, jika penggunaannya tidak teratur dan berlebihan dapat menghilangkan lapisan minyak sehingga menyebabkan kulit kering pada wajah.

- Faktor usia, semakin bertambahnya usia seseorang, maka akan memiliki risiko kulit kering pada wajah.

- Mengonsumsi obat-obatan tertentu, obat untuk menyembuhkan beberapa masalah medis juga dapat menyebabkan kulit kering pada wajah.

- Udara terlalu lembap. penggunaan pendingin udara pada ruangan dapat menciptakan kondisi suhu dan udara yang lembap. Penggunaan AC secara berlebihan dapat menyebabkan kulit kering pada wajah.

- Faktor genetik, penyebab kulit kering juga bisa disebabkan dari dalam oleh faktor genetik. Risiko terjadi kulit kering pada wajah akan lebih besar jika orang tuanya juga mempunyai kulit kering pada wajah.

- Penggunaan parfum dan alkohol, Sebelum menggunakan produk perawatan yang mengandung bahan alkohol. Sebaiknya baca dan cermati petunjuk penggunaan yang terdapat pada kemasan.

- Udara panas, selain dingin udara panas juga dapat menyebabkan kulit kering pada wajah. Hal ini akan terjadi jika seseorang terlalu lama berada di tempat yang panas, atau juga bisa terjadi pada orang yang sering mandi dengan air panas.

Itulah beberapa penyebab secara umum terjadinya kulit kering pada wajah. Setelah mengetahui penyebabnya, akan memudahkan kita untuk melakukan penanganan dengan baik dan tepat.

Cara mengatasi kulit kering pada wajah

Kulit wajah kering harus segera diatasi, sebab dapat menimbulkan efek yang semakin negatif pada kulit wajah seperti yang telah diurai di atas. Ada banyak cara mengatasi kulit kering pada wajah yang dapat dilakukan.

Berikut ini cara mengatasi kulit kering pada wajah :

1. Gunakanlah tabir surya

Daun.id

sumber; pexels

Paparan langsung sinar matahari secara berlebihan dapat menjadikan kulit kering pada wajah. Gunakanlah tabir surya untuk melindungi kulit wajah sebelum beraktivitas di luar ruangan yang secara langsung bersentuhan dengan sinar matahari. Tabir surya dapat digunakan sebagai cara mengatasi kulit kering pada wajah.

2. Oleskan gel lidah buaya

Lidah buaya juga memiliki manfaat untuk mengatasi kulit kering pada wajah secara alami. Selain itu lidah buaya juga sudah banyak digunakan sebagai bahan perawatan kecantikan dan mudah dijumpai di pasaran. Cara mengatasi kulit kering pada wajah ialah dengan menggunakan gel lidah buaya.

3. Menggunakan sabun pembersih wajah yang tepat

Daun.id

sumber; pexels

Sebelum menggunakan sabun pembersih wajah, sebaiknya pilihlah dengan menyesuaikan kondisi kulit wajah. Sesuaikan sabun tersebut dengan tekstur kulit untuk mendapatkan hasil wajah yang bersih dan mengatasi kulit kering pada wajah.

4. Pakailah pelembap

Pelembap dapat diketahui mampu membantu meningkatkan retensi air kulit sehingga dapat membantu melembapkan kulit wajah. Selain digunakan pada pagi dan sore hari, pelembab juga baik digunakan untuk malam hari. Selain itu pelembap dapat mengatasi kulit kering pada wajah.

5. Meningkatkan kebutuhan minum air putih

Kulit kering pada wajah juga bisa disebabkan akibat kekurangan cairan yang dibutuhkan tubuh. Dehidrasi dapat juga mempengaruhi kulit kering pada wajah, Untuk mengatasi kulit kering pada wajah akibat dehidrasi, maka tingkatkanlah kebutuhan minum air putih.

6. Eksfoliasi wajah

Daun.id

sumber; pexels

Eksfoliasi wajah merupakan cara mengatasi kulit kering pada wajah dengan proses pengelupasan pada kulit. Cara ini dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati yang memicu kulit wajah kering. Sehingga kulit pada wajah akan tampak lembap dan segar kembali.

7. Mengonsumsi makanan antioksidan

Kulit kering pada wajah bisa diatasi dengan meningkatkan konsumsi makanan yang memiliki kandungan antioksidan. Makanan kaya antioksidan dapat membantu produksi sel-sel kulit baru dan lebih sehat. Maka konsumsilah makanan kaya antioksidan dapat mengatasi kulit kering pada wajah.

8. Menggunakan mesin pelembab udara

Daun.id

sumber; pexels

Salah satu penyebab kulit kering pada wajah dikarenakan panas, untuk menjaga agar kulit tetap lembap maka gunakan lah mesin pelembab udara di ruangan kerja atau beberapa ruangan lainnya. Dengan cara tersebut, masalah kulit wajah kering dapat teratasi.

9. Membersihkan wajah dengan teratur

Membasuh wajah memiliki dampak yang positif untuk kebersihan kulit wajah. Tetapi jika membasuh wajah terlalu sering justru memiliki efek yang negatif terhadap kulit wajah. Membasuh muka cukup dilakukan 2 kali dalam sehari, pada pagi dan menjelang tidur malam. Sehingga dapat mengatasi kulit kering pada wajah.

10. Menggunakan masker alpukat

Daun.id

sumber; pexels

Cara alami yang juga dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kering pada wajah ialah dengan menggunakan masker alpukat. Caranya, sediakan 1 buah alpukat, dan ambil dagingnya untuk dihaluskan. Campurkan 1 sendok makan madu dan 1 sendok teh minyak zaitun. Lalu aduklah cairan tersebut hingga merata, dan gunakanlah untuk masker wajah.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit kering pada wajah. Cobalah beberapa cara di atas untuk mengatasi kulit kering pada wajah. Jika masih membandel, lakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya