6 Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Secara Cepat, Banyak Minum Air Putih

"Tekanan darah rendah dapat mengganggu aktivitas dan membahayakan jika tidak segera ditangani"

Life | 20 January 2022, 09:00
6 Cara Mengatasi Tekanan Darah Rendah Secara Cepat, Banyak Minum Air Putih

Keseimbangan tekanan darah dapat membantu untuk memastikan keseimbangan bagian tubuh pula. Jika tubuh mengalami tekanan darah rendah, maka dapat mengganggu keseimbangan organ tubuh, termasuk jantung, paru-paru, bahkan otak.

Dalam istilah medis kondisi tekanan darah rendah disebut dengan hipotensi. Kondisi tekanan darah rendah dapat menyebabkan timbulnya beberapa keluhan. Contoh kecilnya seperti, pusing, hingga sakit kepala.

Pada umumnya tekanan darah yang normal memiliki tensi darah 120/80 mmHg, jika tekanan darah memiliki tensi di bawah 90/60 mmHg dapat dikatakan sebagai tekanan darah rendah. Kondisi ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter untuk mencari penyebabnya.

Selain menimbulkan gejala pusing, tekanan darah rendah juga terkadang tidak menimbulkan gejala apa pun. Meski demikian, orang yang memiliki tekanan darah rendah tidak bisa dibiarkan begitu saja. Untuk memudahkan dalam mengatasi, sebaiknya ketahui dulu penyebabnya.

Penyebab tekanan darah rendah

Melansir dari beberapa sumber, tekanan darah rendah dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor atau kondisi. Kondisi ini harus segera dicari penyebabnya terlebih dahulu guna memudahkan dalam mengatasinya.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab tekanan darah rendah :

- Jantung bermasalah, ketika jantung sedang mengalami masalah dapat menyebabkan beberapa masalah medis. Salah satunya menyebabkan detak jantung sangat rendah, serangan jantung, hingga gagal jantung.

- Dehidrasi, merupakan suatu kondisi kekurangan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Dehidrasi dapat terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya olahraga berat. Kondisi ini dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

- Stepkimea, merupakan suatu kondisi infeksi berat dan masuk tercampur pada aliran darah. Kondisi ini dapat menyebabkan tekanan darah rendah, bahkan dapat menyebabkan seseorang syok.

- Kekurangan nutrisi, seringkali seseorang yang sedang melakukan diet mengalami hal ini. Kondisi tersebut dapat menyebabkan tubuh kekurangan sel darah merah. Selain itu juga dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

- Anafilaksis, suatu kondisi dari reaksi alergi yang parah dan memiliki risiko mengancam jiwa. Anafilaksis juga dapat menyebabkan gatal, bengkak tenggorokan, masalah pernapasan, bahkan tekanan darah yang sangat rendah.

- Kurangnya jumlah darah, kecelakaan yang menimbulkan luka parah dapat membuat darah keluar atau terbuang sangat banyak. Kondisi ini dapat membuat kondisi tekanan darah menurun secara drastis.

- Masalah pada endoktrin, suatu penyakit paratiroid, penyakit addison, gula darah rendah, diabetes, dan diabetes dapat menyebabkan tekanan darah rendah.

- Kondisi hamil, kondisi perempuan yang sedang hamil dapat mengalami sistem peredaran darah yang meluas. Hal ini dapat menyebabkan tekanan darah menurun atau tekanan darah rendah. Namun kondisi ini normal terjadi pada perempuan melahirkan, dan akan kembali normal setelah melahirkan.

Itulah beberapa faktor atau kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya tekanan darah rendah. Hindarilah beberapa kebiasaan yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah, dan segera mengatasinya.

Mengenal jenis-jenis tekanan darah rendah

Kondisi tekanan darah rendah dapat dibagi menjadi beberapa jenis. Beberapa jenis dapat dibedakan menjadi beberapa macam, sesuai dengan penyebabnya. Berikut ini jenis-jenis tekanan darah rendah.

Daun.id

sumber; pexels

- Tekanan darah rendah postprandial, kondisi ini biasanya terjadi ketika seseorang usai makan. Pada umumnya dapat terjadi satu hingga dua jam seusai makan. Hal ini disebabkan pembuluh darah yang menyempit.

- Tekanan darah rendah ortostatik, Tekanan darah rendah ini dapat menyebabkan kerusakan pada saraf yang mengontrol tekanan darah. pernapasan, dan ritme jantung. Kondisi ini memiliki gejala yang mirip penyakit parkinson.

- Tekanan darah Neurally mediated hypotension, kondisi ini dapat terjadi karena seseorang yang terlalu lama berdiri. Dapat terjadi karena kesalahan otak dalam menerima sinyal, pada umumnya sering dialami oleh anak-anak.

- Tekanan darah postural, seringkali terjadi ketika seseorang berdiri dari tidur dan duduk. Hal ini dapat terjadi karena frativasi menyebabkan darah menumpuk pada kaki.

Itulah beberapa jenis tekanan darah rendah yang dapat diketahui, jadi berbeda jenis dapat juga mempengaruhi cara mengatasinya.

Cara mengatasi tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah dapat membuat tubuh terasa lemah dan lemas, kondisi ini harus segera diatasi. Ada beragam cara yang bisa dilakukan guna mengatasi tekanan darah rendah. Berikut ini cara mengatasi tekanan darah rendah :

1. Menggunakan stoking kompresi

Daun.id

sumber; pexels

Stoking ini memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk mencegah darah yang mengumpul pada pembuluh darah yang ada di kaki. Stoking ini juga dapat digunakan untuk mengurangi keluhan tekanan darah rendah, terlebih pada saat perpindahan posisi kaki.

2. Mengonsumsi suplemen herbal

Daun.id

sumber; pexels

Ada beberapa macam jenis tanaman herbal yang dapat digunakan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Tetapi sebelum mengonsumsi suplemen herbal ini sebaiknya lakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Macam-macam tanaman yang dapat dipilih yaitu jahe, lada, dan kayu manis.

3. Gunakan obat menaikkan tekanan darah

Obat ini bisa didapatkan dari resep dokter, atau membelinya di apotek sesuai dengan resep dokter. Jenis obat-obatan yang digunakan menaikkan tekanan darah dapat mengatasi tekanan darah rendah.

4. Minum dan makan yang mengandung gula

Daun.id

sumber; pexels

Ketika sedang mengalami tekanan darah rendah, konsumsilah makanan dan minuman yang mengandung gula yang dapat menaikkan tekanan darah. Misalnya gula, jagung, dan lain-lain, sehingga dapat mengatasi tekanan darah rendah.

5. Perhatikan posisi tubuh

Cara ini terbilang cukup sederhana, namun juga sangat penting. Memperhatikan posisi tubuh dengan benar dapat mengatasi tekanan darah rendah. Setelah bangun tidur dan menjelang beraktivitas sebaiknya lakukan secara perlahan dan bertahap.

6. Meningkatkan minum air putih

Daun.id

sumber; pexels

Dehidrasi juga dapat menjadi pemicu terjadinya tekanan darah rendah, jika tekanan darah rendah terjadi karena dehidrasi sebaiknya cukupi kebutuhan minum air putih. Minimal 8 gelas per hari, sehingga dapat mengatasi tekanan darah rendah.

Lakukanlah beberapa cara seperti di atas untuk mengatasi tekanan darah rendah. Jika mengalami kesulitan dalam mengatasinya, sebaiknya lakukanlah konsultasi dengan dokter untuk mendapat masukan.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan berjalan dengan baik. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Jika masih single, ada kemungkinan Anda akan bertemu seseorang yang menarik dan memiliki potensi untuk menjadi pasangan yang serius.



Taurus Selengkapnya