9 Cara Mengatasi Bayi Demam secara Cepat, Ketahui Penyebabnya

"Beri pakaian nyaman bisa mengatasi demam pada bayi"

Life | 20 January 2022, 13:07
9 Cara Mengatasi Bayi Demam secara Cepat, Ketahui Penyebabnya

Ketika bayi demam, tentu dapat membuat kedua orang tuanya panik, kondisi ini sebenarnya tidak berbahaya jika tahu cara mengatasinya. Pada umumnya bayi demam terjadi karena sebagai reaksi sistem imunitas tubuh yang sedang melawan virus.

Bayi demam akan memiliki suhu sekitar 38 C, kondisi ini disebabkan oleh infeksi virus. Untuk mengetahui kondisi tersebut, peganglah dahi bayi atau gunakan alat pengukur suhu. Agar tidak semakin parah kondisi ini harus segera diatasi.

Jika usia bayi masih di bawah 6 bulan, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter untuk berkonsultasi. Sehingga cara ini dapat membantu untuk mencari penyebab dan mengatasi demam. Sehingga tidak semakin parah.

Pasalnya ada beberapa kondisi bayi demam yang harus diwaspadai, jika hal ini tidak dapat ditangani bisa membahayakan bayi. Kondisi ini merupakan suatu kondisi yang serius dan harus segera diatasi.

Mengenal penyebab bayi demam

Ada beberapa penyebab yang menjadi pemicu bayi demam, biasanya kondisi ini dilatarbelakangi oleh berbagai kondisi. Mengetahui penyebabnya dapat membuat penanganan bayi demam lebih mudah.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab bayi demam :

- Infeksi pada telinga, dapat menjalar ke tubuh dan menyebabkan demam bayi.

- Meningitis, suatu infeksi virus yang terjadi pada sumsum tulang belakang dan otak.

- Suatu penyakit yang berkaitan dengan panas dapat menyebabkan bayi demam.

- Terjadi infeksi pada saluran kemih, jenis infeksi tersebut ialah infeksi. Dan dapat menyebabkan bayi demam.

- Pada usia di bawah 3 bulan infeksi virus atau bakteri dapat lebih cepat.

- Virus pneumonia, atau beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan demam bayi.

- Terjadi infeksi virus yang disebabkan dari luar tubuh, virus pernapasan, flu, infeksi pernapasan, dan lain-lain.

Itulah yang menjadi beberapa penyebab terjadinya demam bayi. Jika sudah mengetahui penyebabnya langsung lakukan cara untuk mengatasinya. Jika bingung, konsultasikan dengan dokter.

Mengenal gejala bayi demam yang harus diwaspadai

Ada beberapa kondisi bayi demam yang perlu diwaspadai, pasalnya dapat membuat bayi mudah menangis dan rewel. Selain itu juga dapat menyebabkan masalah medis lainnya. Berikut ini beberapa gejala bayi demam yang harus diwaspadai :

Daun.id

sumber; pexels

- Ketika bayi tampak lesu, dan tidak dapat tertawa dengan lepas atau mudah menangis.

- Pada kulit bayi dapat muncul beberapa ruam.

- Bayi demam juga dapat mengalami kejang, hingga dapat mengalami sesak napas.

- Bayi dapat mengalami muntah, hingga diare ketika sedang terjadi bayi demam.

- Bayi terasa kurang semangat untuk merespon kondisi di sekitarnya.

- Nafsu makan yang semakin menurun, bahkan ASI nya juga ikut menurun.

Itulah beberapa kondisi bayi demam yang harus diwaspadai ketika terjadi beberapa hal seperti di atas. Ketika kondisi ini terjadi pada bayi sebaiknya lakukan konsultasi atau periksakan ke dokter.

Cara mengatasi bayi demam

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bayi demam. Salah satunya ialah memandikan bayi dengan air hangat, jika terjadi bayi demam. Langsung saja mencari cara untuk mengatasi.

Berikut ini cara mengatasi bayi demam :

1. Berilah bayi pakaian yang nyaman

Daun.id

sumber; pexels

Berikan pakaian yang dikenakan bayi sesuaikan kondisi yang terjadi, jika tubuhnya menggigil akibat bayi demam. Maka kenakanlah pakaian yang tebal agar dapat menghangatkan, sehingga dapat mengatasi bayi demam.

2. Memberikan cairan tubuh yang dibutuhkan bayi

Ketika terjadi bayi demam, sebaiknya penuhilah kebutuhan cairan tubuh yang dibutuhkan. Cairan tubuh yang kurang, dapat menyebabkan dehidrasi sekaligus menyebabkan bayi demam. Sehingga dapat mengatasi bayi demam.

3. Memberikan obat penurun demam

Daun.id

sumber; pexels

Sebelum melakukan atau memberikan obat pada bayi demam, sebaiknya lakukanlah terlebih dahulu pemeriksaan ke dokter. Obat penurun demam dapat di apotek atau langsung ke dokter, sehingga dapat mengatasi bayi demam.

4. Menjaga suhu ruangan

Suhu ruangan yang ideal adalah sekitar 22-20 derajat celcius. Menjaga suhu ruangan yang seimbang juga dapat mengatasi bayi demam. Buatlah suhu ruangan tidak terlalu panas dam tidak terlalu dingin juga.

5. Mandikan bayi dengan air hangat

Daun.id

sumber; pexels

Mandi dengan menggunakan air hangat dapat membuat tubuh bayi semakin rileks, dan melancarkan pernapasan. Pastikan air yang digunakan cukuplah hangat, sehingga tidak terlalu dingin ataupun panas dan dapat mengatasi demam bayi.

6. Istirahat dengan cukuplah

Pastikan bayi dapat memiliki waktu istirahat yang sangat cukup, dan memiliki waktu yang tenang, serta kamar yang nyaman. Dan jangan pernah membawa bayi demam untuk perjalanan atau jalan-jalan keluar dari rumah. Sehingga dapat mengatasi bayi demam.

7. Membuka kepala bayi

Kepala bayi dapat menutupi kepala bayi dalam suhu yang tinggi, menutup kepala bayi dapat membuat sekitar kepala terasa sangat panas. Melepas topi di kepala anak dapat menurunkan panas, sehingga membiarkan kepala bayi terbuka dapat mengatasi bayi demam.

8. Angkat dua kaki bayi

Daun.id

sumber; pexels

Ketika sedang terjadi demam bayi dan sangat terlalu panas, cara yang dilakukan ialah dengan mengangkat kaki bayi. Sehingga dapat mengatasi demam bayi, caranya meletakkan bayi dalam keadaan terlentang kemudian angkat kaki bayi sedikit. Sehingga dapat mengatasi bayi demam.

9. Menjaga pola makan bagi ibu yang sedang menyusui

Bagi seorang ibu yang masih menyusui sebaiknya menjaga pola makanan, sebab apa yang dikonsumsi akan mempengaruhi kandungan air susu ibu. Sehingga dapat menyebabkan demam bayi, jika seorang ibu mengonsumsi makanan secara sembarangan. Menjaga pola makan bagi ibu menyusui dapat mengatasi demam bayi.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan guna mengatasi demam bayi. Cobalah beberapa cara tersebut untuk mengatasi demam bayi, jika demam pada bayi tak kunjung reda. Maka lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapat perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 28 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya