8 Cara Mengatasi Mata Kelilipan, Hindari Mengucek Secara Langsung

"Masalah mata yang sering dialami adalah kelilipan."

Life | 28 January 2022, 12:39
8 Cara Mengatasi Mata Kelilipan, Hindari Mengucek Secara Langsung

Mata kelilipan merupakan kondisi gangguan terselipnya benda asing ke bagian mata, misalnya debu, serangga kecil, dan beberapa lainnya. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu mata saat melihat.

Meski tidak berbahaya, kelilipan jika tidak mendapat penanganan yang tepat bisa menjadi risiko yang besar. kadang-kadang, seseorang juga terburu-buru untuk mengucek mata saat sedang terjadi kelilipan. Kondisi ini justru dapat membuat kondisi semakin parah.

Selain itu kelilipan juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, pasalnya dapat menimbulkan rasa perih pada mata. Bahkan akan terasa mengganjal pada bagian mata, hingga dapat membuat mata merah dan kuning.

Untuk dapat mengatasi mata kelilipan atau kotoran yang masuk pada mata, tentunya tidak dapat diatasi dengan cara sembarangan. Tetapi sebelum mengeluarkan, kenalilah beberapa hal yang dapat menyebabkan mata kelilipan.

Penyebab mata kelilipan

Mata secara tiba-tiba dapat terasa mengganjal, menjadi pertanda sedang terjadi mata kelilipan. Sebagian orang, mungkin mengalami kesulitan mencari penyebabnya. Berikut ini penyebab mata kelilipan :

Daun.id

sumber; pexels

- Terjadinya peradangan episdera.
- Terjadinya chalazion
- Herpes mata dapat menyebabkan mata kelilipan
- Sedang terjadi sindrom sjogren
- Laserasi
- Terjadi peradangan sklera.

Itulah beberapa hal yang dapat menyebabkan sensasi mata kelilipan, jagalah mata anda dari beberapa penyebab di atas untuk menghindari mata kelilipan. Selain itu juga dapat dilakukan pencegahan dengan menjauhkan mata dari beberapa benda asing.

Mengenal mata terasa kelilipan

Mata kelilipan dapat membawa efek hingga berhari-hari, terkadang sudah diberi obat mata namun masih terasa perih dan berair. Hal ini menandakan sedang terasa seperti kelilipan.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab mata terasa kelilipan :

- Tumbuhnya bulu mata ke dalam, bulu mata memiliki peran penting dalam melindungi mata agar tidak kemasukan benda asing.

- Sedang terjadinya konjungtivitas atau mata bintitan, dapat menimbulkan sensasi mata kelilipan.

- Reaksi alergi yang terjadi pada bagian mata, sehingga menimbulkan sensasi mata kelilipan.

- Terlukanya pada kornea mata yang dapat menimbulkan sensasi mata kelilipan.

- Kondisi mata kering yang dapat menimbulkan sensasi mata kelilipan.

- Begitu juga kondisi mata yang lelah juga memicu terjadinya sensasi mata kelilipan.

- Mata kemasukan benda asing, seperti debu, hewan kecil, bulu mata yang rontok, dan beberapa penyebab lainnya.

Itulah beberapa penyebab yang menjadi pemicu mata kelilipan, jagalah kondisi mata agar tidak terjadi mata kelilipan. Jika masih terjadi, lakukan beberapa cara seperti di bawah ini.

Cara mengatasi mata kelilipan

Kelilipan merupakan keluhan pada umumnya yang sudah terjadi, terkadang kondisi ini dapat menimbulkan refleks seseorang untuk mengucek mata. Sayangnya, kebiasaan ini tidak menjadi anjuran yang lebih baik. Pasalnya dapat membuat kondisi mata terasa kelilipan.

Berikut ini cara mengatasi mata kelilipan :

1. Mengedipkan mata

Daun.id

sumber; pexels

Melebarkan mata dapat membantu untuk mengeluarkan kotoran yang terselip di mata. Sehingga memudahkan untuk mengeluarkan benda asing yang terselip di mata. Selain itu juga dapat melakukan kedipan mata beberapa kali hingga kotoran yang tertinggal dimata bisa keluar, cara ini dapat mengatasi mata kelilipan.

2. Menggunakan alat bantu

Daun.id

sumber; pexels

Meletakan alat bantu dapat mengatasi mata kelilipan, cukup meletakan beberapa alat bantu seperti lap basah dan cotton bud. Gunakan alat bantu pada pojok mata untuk memudahkan dalam mengeluarkan partikel asing. Menggunakan alat bantu beberapa di atas dapat mengatasi mata kelilipan.

3. Memakai obat tetes mata

Meneteskan mata dengan menggunakan obat tetes mata dapat membantu untuk membasahi mata, hal ini juga dapat membantu untuk mengeluarkan kotoran yang terjebak di dalam mata. Sehingga mampu mengatasi mata kelilipan, sebelum penggunaan sebaiknya memperhatikan dosis obat tetes terlebih dahulu.

4. Menarik kelopak mata dengan pelan

Daun.id

sumber; pexels

Saking kecilnya kotoran atau benda asing yang terselipkan di mata, sehingga sangat sulit untuk dikeluarkan. Kondisi ini dapat diatasi dengan cara menarik kelopak mata bagian atas secara pelan-pelan. Jika kotoran berada di bagian bawah, maka tarik kelopak mata bagian bawah. Hal ini dapat membantu mengeluarkan kotoran dan mengatasi mata kelilipan.

5. Hindari mengucek mata

Daun.id

sumber; pexels

Jika mata kelilipan langsung dikucek dapat menimbulkan abrasi kornea. Kondisi ini merupakan hilangnya lapisan permukaan epitel kornea yang diakibatkan trauma pada permukaan mata. Maka hindarilah mengucek mata pada saat terjadi kelilipan, agar tidak terjadi kondisi seperti di atas.

6. Cuci tangan terlebih dahulu

Mata termasuk salah satu organ yang sensitif, sehingga rentan dapat menimbulkan infeksi yang disebabkan bakteri. Sebab kuman, merupakan sesuatu yang tidak tampak. Jika ingin menyentuh mata kelilipan, cucilah tangan terlebih dahulu.

7. Menggunakan cermin

Kadang saat terjadi mata kelilipan, seseorang akan kesusahan untuk melihat di mana letak benda asing yang masuk pada mata. Guna memudahkan cara ini, bisa dikakukan dengan menggunakan cermin. Cara ini memudahkan letak benda asing, sehingga dapat mengatasi mata kelilipan.

8. Membersihkan makeup di sekitar area mata

Salah satu yang dapat menyebabkan mata kelilipan adalah makeup, atau bagian dari makeup yang tertinggal di area mata. Hal ini dapat menimbulkan sensasi yang mengganjal pada mata, jika tidak segera dibersihkan. Membersihkan makeup yang tertinggal di area mata dapat mengatasi mata kelilipan.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi mata kelilipan, mata kelilipan harus segera diatasi agar tidak menimbulkan iritasi atau infeksi pada mata.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 19 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya