7 Cara Mengatasi Bersin Terus Menerus, Ketahui Penyebabnya

"Bersin secara terus menerus dapat mengganggu aktivitas sebagian besar orang"

Life | 28 January 2022, 15:09
7 Cara Mengatasi Bersin Terus Menerus, Ketahui Penyebabnya

Kondisi bersin dapat membantu mengatasi iritasi yang terjadi pada hidung. Hidung merupakan saluran pernapasan yang paling luar, ketika hidung kemasukan benda asing dapat menyebabkan bersin terus menerus. Terjadinya bersin juga menjadi pertanda tubuh sedang melawan virus yang menyerang.

Selain itu kondisi udara dan beberapa partikel debu di sekitar kita juga dapat memicu terjadinya bersin terus menerus. Hal ini merupakan kondisi yang wajar, karena refleks dan dapat berhenti dengan sendirinya.

Meski tidak berbahaya, bersin terus menerus tidak bisa diabaikan begitu saja. Pasalnya kondisi ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman kepada para penderitanya. Bahkan juga dapat mempengaruhi dan membuat tidak nyaman orang-orang di sekitar.

Kondisi bersin terus menerus, dapat mudah menular oleh siapa saja. Maka hal ini harus segera ditangani agar tidak menyebar luas ke mana-mana dengan cepat. Cara yang harus dilakukan pertama kali ialah dengan mengidentifikasi penyebabnya, sehingga dapat memudahkan untuk mengatasinya.

Mengenal penyebab bersin terus menerus

Pada umumnya, bersin dapat terjadi karena masuknya debu dan kotoran. Akan tetapi, bersin juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor lainnya. Salah satunya, infeksi, alergi, hingga beberapa penyebab lainnya.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab bersin terus menerus :

- Alergi, hal ini dapat terjadi bersin terus menerus, karena tubuh sedang merespon adanya organisme asing yang masuk melalui saluran pernapasan. Daya tahan tubuh akan melindungi tubuh dari serangan virus.

- Sensitif terhadap sinar matahari, hal ini terjadi karena tubuh sangat sensitif. Ketika sedang melihat cahaya matahari hidung secara tiba-tiba terasa gatal, dan langsung menyebabkan bersin.

- Infeksi saluran pernapasan, flu yang terjadi kebanyakan disebabkan oleh infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan. Hal ini dapat seringkali terjadi pada saat daya tahan tubuh lemah. Hal ini dapat mudah menular ke orang lain.

- Iritan sistemik, bersin dapat disebabkan oleh kondisi udara yang mengandung sistemik tertelan masuk ke dalam tubuh. Beberapa unsur tersebut ialah debu, asap rokok, parfum, dan cuaca kering.

- Pengaruh obat-obatan, konsumsi obat-obatan dapat memicu terjadinya gejala konstan. Mengonsumsi jenis obat-obatan tertentu dapat menyebabkan bersin terus menerus.

- Olahraga berat, saat tubuh sedang mengeluarkan banyak tenaga ketika berolahraga dapat menimbulkan mulut dan hidung mengering. Kondisi ini akan membuat hidung dan mulut mengeluarkan cairan, biasanya ditandai dengan bersin.

Daun.id

sumber; pexels

- Suhu dingin, seseorang yang sedang berada di tempat dengan suhu yang sangat dingin dapat mengalami saluran hidung yang sensitif. Kondisi ini dapat menyebabkan mudah bersin.

- Sering minum soda, dapat memicu reseptor asam pada lidah. Jika reseptor asam di lidah terlalu kuat mengirim sinyal diotak dapat menyebabkan bersin.

- Menghirup asap rokok, lingkungan yang dipenuhi dengan asap rokok dapat menyebabkan penghirupnya mudah bersin.

- Mencium bau rempah yang sangat menyengat, kondisi ini juga dapat menyebabkan bersin secara terus menerus. Hal ini seringkali terjadi pada ibu yang sedang memasak di dapur.

- Selain itu juga dipengaruhi oleh kondisi lainnya, seperti kondisi neurologis, tembakau hirup, kokain hirup, paparan klorin yang terdapat di kolam renang, dan polip hidung.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan terjadinya bersin secara terus menerus. Anda dapat mencegahnya dengan menghindari beberapa kondisi di atas yang dapat menyebabkan bersin terus menerus.

Cara mengatas bersin terus menerus

Jika sudah menemukan penyebabnya, kini saatnya untuk mengatasinya. Jika masih kesulitan bisa meminta bantuan untuk dokter terdekat menemukan penyebabnya. Setelah itu dapat melakukan beberapa cara untuk mengatasi bersin terus menerus.

Berikut ini cara mengatasi bersin terus menerus :

1. Menghirup uap air panas

Daun.id

sumber; pexels

Cara sederhana ini bisa dilakukan dengan mengambil air yang sudah dipanaskan dan mengandung uap untuk ditaruh di mangkok. Setelah itu gunakan handuk untuk menutupi seluruh bagian kepala dan hiruplah upanya. Hal ini dapat membantu membersihkan saluran hidung, serta dapat mengatasi bersin terus menerus.

2. Hindari melihat langsung ke sinar matahari

Salah satu pemicu bersin terus menerus ialah karena alergi terhadap sinar matahari. Kondisi ini dapat membuat penderitanya bersin terus menerus ketika sedang melihat sinar matahari secara langsung atau cahaya terlalu terang. Hindari cahaya terang atau gunakan kacamata hitam saat keluar rumah dapat mengatasi bersin terus menerus.

3. Mengonsumsi vitamin C

Daun.id

sumber; pexels

Meningkatkan konsumsi vitamin C dapat membantu untuk meningkatkan kekebalan sistem imunitas tubuh sehingga dapat mencegah virus penyebab bersin terus menerus. Lemon dan jeruk merupakan buah yang kaya akan kandungan vitamin C dan dapat dikonsumsi untuk mengatasi bersin terus menerus.

4. Mencium dan mengoleskan minyak kayu putih

Minyak kayu putih merupakan esensial yang mengandung senyawa serai wangi, sehingga dapat bekerja meningkatkan sekresi dahak melalui saluran udara. Selain itu juga bisa menjadi anti inflamasi, minyak kayu putih dapat digunakan dengan cara mencium aromanya atau dioleskan langsung pada area leher. Cara tersebut dapat membantu mengatasi bersin terus menerus.

5. Mencubit hidung

Daun.id

sumber; pexels

Cara ini dilakukan ketika muncul reaksi atau tanda-tanda akan mengalami bersin, atau ketika sedang mencium aroma yang menyengat. Cara ini dilakukan untuk menghentikan bersin yang akan terjadi, sehingga dapat mengatasi bersin terus menerus.

6. Sentuh langit-langit mulut dengan lidah

Lakukan beberapa detik ketika sedang mendapat sinyal bersin akan terjadi. Hal ini dilakukan dapat menghentikan bersin yang akan terjadi, cara ini bisa dilakukan ketika sedang berada di antara banyak orang. Sehingga dapat menunda bersin yang akan terjadi atau dapat mengatasi bersin terus menerus.

7. Mengonsumsi madu

Daun.id

sumber; pexels

Madu termasuk salah satu bahan alami yang dapat mengatasi banyak masalah kesehatan. Sebelum mengonsumsinya lebih baik pastikan dulu tidak memiliki alergi terhadap madu. Jika tidak ada reaksi, madu menjadi bahan ideal untuk mengatasi bersin terus menerus.

Demikian beberapa cara yang dapat diaplikasikan secara bertahap untuk mengatasi bersin terus menerus. Jika bersin terus menerus masih belum teratasi, lakukan pemeriksaan ke dokter guna mendapat resep dan perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

MINGGU, 19 MEI 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:25 SUBUH 04:35 DUHA 06:17 ZUHUR 11:51
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:46 ISYA 18:59  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya