16 Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda Menurut Islam serta Doa agar Janin Kuat

"Mengatasi mual perut saat hamil muda ada dalam pandangan Islam, lo."

Life | 31 January 2022, 13:08
16 Cara Mengatasi Mual saat Hamil Muda Menurut Islam serta Doa agar Janin Kuat

Dalam waktu sekitar sembilan bulan, Allah memberikan anugerah bagi setiap ibu untuk mengandung. Dengan demikian, sebagai calon orang tua harus memahami cara melindungi kehamilan supaya keadaan ibu dan janin pada kandungan selalu dalam kondisi yang sehat.

Keadaan dalam kehamilan tentu memiliki perbedaan terhadap setiap ibu. Sejak diawal kehamilan ada yang baik-baik saja hingga proses persalinan. Ada pula yang mengalami masalah ketika hamil, terutama untuk trimester pertama.

Yang terjadi saat trimester pertama kadang terasa mual dan muntah yang begitu parah. Keadaan ini hanya sebagian besar bumil yang mengalaminya. Akan tetapi, adakalanya mual yang parah sering mengganggu kegiatanmu.

Pada ajaran Islam juga ada banyak anjuran guna melakukan hidup sehat, terlebih untuk ibu hamil. Nah, bagi kamu yang memiliki masalah dengan mual perut saat hamil muda dapat melakukan cara berikut ini menurut Islam. Namun, kamu juga perlu mengetahui hal  yang perlu dihindari saat hamil muda seperti:

1. Diet

Kehamilan adalah satu hal yang bisa mengubah bentuk tubuh perempuan dan kadang mengakibatkan tubuh jadi lebih besar dan berisi. Nah, hal inilah yang mungkin membuatmu merasa takut dan hendak melakukan diet. Namun, kamu perlu menghindarinya saat hamil muda.

2.  Stres

Ternyata, tak hanya asupan makanan dan minuman, stres juga mampu meningkatkan risiko keguguran terhadap ibu yang sedang hamil muda. Sehingga, stres menjadi pantangan ibu hamil yang seharusnya dihindari. Saat ibu hamil stres, asupan oksigen dan nutrisi dalam janin dapat berkurang, maka berpotensi mengakibatkan kematian janin.

3. Makan buah nanas atau durian berlebih

Bagi kamu yang tengah hamil muda dianjurkan agar konsumsi banyak makanan yang mengandung gizi yang tinggi, contonya buah-buahan. Akan tetapi, terdapat dua jenis buah yang wajib dijauhi apabila dimakan berlebih, terutama ketika usia kehamilanmu masih seumur jagung.

4. Makan ikan yang kaya merkuri tinggi

Makanan ibu hamil muda yang harus dihindari berikutnya ialah mengjauhi konsumsi ikan yang terdapat kadar merkuri tinggi. Kamu pasti mengetahui bahwa merkuri mempunyai unsur yang sangat beracun, hingga bagi orang sehat.

Dikutip dari jurnal National Library of Medicine National Institutes of Health, konsumsi ikan yang ada merkurinya dalam jumlah yang lebih tinggi, mampu menjadi racun terhadap sistem kekebalan tubuh, sistem saraf, dan ginjalmu.

5.  Makan makanan mentah

Ibu hamil mempunyai sensitivitas yang lebih tinggi untuk beberapa hal, terlebih makanan. Oleh sebab itu, terdapat beberapa makanan yang harus dihindari ibu hamil dan tidak disarankan untuk mengonsumsinya. Seorang ibu mampu menularkan infeksi Toxoplasma terhadap bayinya, yang bisa mengakibatkan kondisi misalnya kebutaan dan cacat mental pada kemudian hari, lapor CDC.

6. Usahakan agar senantiasa cuci makanan

Menurut publikasi keluaran dari Cooperative Institute for Research in Environmental Sciences, University of Colorado, permukaan buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci atau tidak dikupas dapat terkontaminasi dengan beberapa bakteri dan parasit.

Hal itu termasuk E. coli, Salmonella, Toxoplasma, dan Listeria, yang didapatkan dari tanah atau lewat penanganan. Kontaminasi bisa terjadi kapan saja selama produksi, panen, pemrosesan, penyimpanan, diedarkan, hingga dijual.

7. Terdapat keju yang tidak boleh dikonsumsi

Hal lainnya yang dapat dikonsumsi ibu hamil ialah makan jenis keju tertentu. Seharusnya, kamu juga menghindari keju dengan jenis terentu contohnya camembert, brie, dan keju kambing. Keju lembut berurat biru misalnya roquefort, gorgonzola, dan blue denmark.

Dikutip dari National Health Service, keju keras tidak memiliki air sebanyak keju lunak, maka bakteri listeria cenderung tumbuh di sana. Walaupun keju keras terdapat kandungan bakteri listeria. Bakteri pada keju ini jumlahnya cukup sedikit sehingga tidak dirasa berisiko untukmu atau bayimu yang masih dalam kandungan.

Cara mengatasi mual perut saat hamil muda menurut Islam, yakni:

1. Hindari makanan yang kurang sehat

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi mual perut saat hamil muda pertama yang bisa dicoba adalah dengan menghindari makanan yang kurang sehat, yakni makanan yang mengandung lemak, contohnya gorengan dan junk food.

Tidak hanya makanan yang berlemak, sebaiknya kamu juga menghindari makanan yang terlalu asam, misalnya soda dan kafein. Konsumsi makanan yang berlemak bisa menimbulkan kamu merasa mual sampai muntah. Selain itu, terlalu banyak konsumsi makanan yang berlemak dan terlalu asam juga kurang baik bagi janin serta kesehatan pencernaan.

2. Batasi makanan Manis

Ada banyak macam kue lebaran yang disajikan, sayang kalau tidak mencicipinya. Akan tetapi, akibat kandungan gula yang banyak dapat membuat berat badanmu naik dengan tidak terkontrol. Pilih kue yang tidak terlalu manis, atau memiliki kandung sedikit gula. Kamu juga dapat membuat kue sendiri menggunakan gula pengganti yang lebih sehat.

3. Konsumsi buah sebelum makan besar

Konsumsi buah sebelum makan makanan lainnya, dapat membantumu agar tidak makan berlebih. Selain itu, kandungan pada buah juga baik untuk ibu hamil yang mempunyai riwayat diabetes atau risiko preeklampsia.

4. Perbanyak minum air putih

Saat hamil, upayakan minum banyak air putih. Batasi minuman manis terlebih yang bersoda, sebab kebanyakan asupan makanan dan minuman manis kurang baik untuk bayi dalam kandungan.

5. Makan sayuran

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Kamu juga dapat konsumsi sayur guna menurunkan tingkat kolesterol yang dapat menjadi pemicu, sebab makanan bersantan yang dikonsumsi saat lebaran.

6. Cegah mual

Mual di pagi hari dan kelelahan kadang terjadi pada 7 sampai 8 minggu kehamilan. Tanyakan ke dokter guna mengetahui cara mengatasi mual dan mengenai obat anti mual yang ampuh dikonsumsi ketika perjalanan.

7. Periksa kesehatan

Periksa terlebih dulu kesehatanmu dan diskusikan dengan bidan atau dokter. Kamu tidak disarankan untuk mereka yang dengan keadaan kehamilan berisiko tinggi (penyakit sel sabit, riwayat persalinan prematur, hipertensi, kelainan plasenta misalnya plasenta previa, dll).

8. Lakukan perenggangan

Ibu hamil perlu mengambil tindakan pencegahan guna meminimalkan risiko penggumpalan darah. Pakai stocking pendukung, atau gerakkan kaki atau jari-jari kakimu dalam setengah jam sekali.

9. Membaca istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللَّهَ الْعَظِيمَ الَّذِي لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيَّ الْقَيُّومَ وَأَتُوبُ إِلَيْه اللَّهُمَّ أنْتَ رَبّي لا إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ خَلَقْتَنِي وأنا عَبْدُكَ وأنا على عَهْدِكَ وَوَعْدِكَ ما اسْتَطَعْتُ أَعُوذُ بِكَ مِنْ شَرّ مَا صَنَعْتُ أبُوءُ لَكَ بِنِعْمَتِكَ عليَّ وأبُوءُ بِذَنْبي فاغْفِرْ لي فإنَّهُ لا يَغْفِرُ الذُّنُوبَ إِلاَّ أنْتَ

“Astaghfirullohal ‘azhim alladzi la ilaha illa huwal hayyul qoyyum wa atubu ilaih. Allahumma anta rabbii laa ilaaha illa anta khalaqtanii wa anaa ‘abduka wa anaa ‘alaa ‘ahdika wa wa’dika mas tatha’tu a’uudzu bika min syarri ma shana’tu abuu-u laka bi ni’matika ‘alayya wa abuu-u bi dzanbii faghfir lii fainnahu laa yaghfirudz dzunuuba illaa ant(a).

Artinya:

“Aku memohon ampunan kepada Allah yang Maha Agung, tiada tuhan selain Dia yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat pada-Nya. Ya Allah, Engkaulah Tuhanku, tiada Tuhan selain Engkau yang menciptakanku. Aku adalah hamba-Mu, aku akan setia pada janjiku pada-Mu semampuku. Aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang aku perbuat. Kuakui segala nikmat-Mu atasku dan aku akui segala dosaku (yang aku perbuat). Maka ampunilah aku, sesungguhnya tidak ada yang bisa mengampuni dosa kecuali Engkau.”

10. Hindari makanan dan minuman yang memproduksi gas

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Gas yang terperangkap pada tubuh saat kamu berada di ketinggian bisa membuatmu sakit perut. Terutama kopi, teh, dan lain-lain.

11. Membaca sholawat Ibrahimiyah

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ صَلَّيْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ اَللَّهُمَّ باَرِكْ عَلىَ مُحَمَّدٍ وَعَلىَ آلِ مُحَمَّدٍ كَماَ باَرَكْتَ عَلىَ إِبْرَاهِيْمَ وَعَلىَ آلِ إِبْرَاهِيْمَ إِنـَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan untuk Nabi Muhammad. Dan juga limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana telah Engkau limpahkan rahmat dan keselamatan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim.  Limpahkanlah keberkahan kepada Muhammad dan kepada keluarga Muhammad, sebagaimana Engkau telah melimpahkan keberkahan kepada Ibrahim dan kepada keluarga Ibrahim. Di seluruh alam semesta, sesungguhnya Engkau adalah Maha Terpuji lagi Maha Agung”.

12. Minum air jahe saat hamil muda

Jahe adalah rempah yang telah turun-temurun diyakini mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan. Salah satu manfaat jahe ialah mampu mengatasi rasa mual dan muntah. Khasiat jahe dalam mengatasi mual diyakini bersumber dari zat alami yang dikenal dengan gingerol dan shogaol. Kedua zat ini mampu mempercepat pengosongan lambung maka dapat mengatasi keluhan mual dan muntah terhadap ibu hamil. Selain itu, aroma jahe yang menenangkan juga dapat mengurangi rasa mual.

Dalam mengatasi mual seusai makan, kamu dapat mencoba duduk tegak sekitar 10-20 menit guna menghindari refluks lambung dan heartburn. Coba konsumsi air jahe dengan posisi ini agar meringankan mual.

13. Konsumsi makanan bervitamin

Cara mengatasi mual saat hamil muda menurut islam selanjutnya adalah konsumsi makanan bervitamin. Janin yang ada dalam kandungan tumbuh dari makanan yang dikonsumsi oleh sang ibu. Maka ibu perlu bijaksana guna memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi. Makanan itu harus mengandung vitamin dan mineral tinggi.

14. Membaca doa supaya janin sehat

اَلْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدْ اَللَّهُمَّ احْفَظْ وَلَدِيْ مِنْ بَطْنِيْ إِلَى خُرُوْجِهِ  عَلَى الدُّنْيَا وَاشْفِهِ مَعِيْ بِحُرْمَةِالنَّبِيِّالْمُصْطَفَى صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اَنْتَ شَافِ ِلاَشْفَاءَ اِلاَّ شِفَاءُكَ شِفَاءً عَاجِلاً لاَ يُغَادِرْ سَقَمًا،

Artinya:

"Segala puji bagi Allah tuhan sekalian alam. Semoga sholawat dilimpahkan atas junjungan Nabi Muhammad SAW. Ya Allah  jagalah anak saya dari perut ibunya sampai dia keluar ke alam dunia. Engkaulah penyembuh di mana tida penyembuhan selain PenyembuhanMu dengan penyembuhan segera yang tidak meninggalkan kesakitan dan penyakit. Engkau adalah sebaik-baik tempat meminta."

15. Membaca Surat Maryam

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Yang dimaksud membaca Al-Qur'an khususnya Surat Maryam agar bertabarruk atau mengambil berkah kepada para nabi seperti kisah mereka yang dijelaskan pada Surat Maryam dan mengharapkan keajaiban, anugerah, dan rahmat dari Allah SWT.

16. Lakukan saran Dokter atau Bidan

Dalam memastikan asupan makanan tetap terjaga, diskusikan dengan bidan atau dokter. Konsumsi makanan apa saja yang boleh dan tidak. Jika bisa harus mengikuti anjuran dari mereka, dan tidak mengkonsumsi makanan yang tidak diperbolehkan.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya