7 Cara Mengatasi Sakit Telinga, Ketahui Penyebabnya

"Sakit telinga dapat terjadi pada usia berapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa."

Life | 29 January 2022, 17:48
7 Cara Mengatasi Sakit Telinga, Ketahui Penyebabnya

Sakit telinga terjadi dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Telinga termasuk salah satu organ tumbuh yang sangat penting. Pasalnya, memiliki fungsi untuk mendengar, selain itu telinga juga punya peran penting dalam membantu menjaga keseimbangan tubuh. Ketika terjadi sakit telinga, fungsi telinga juga dapat terganggu.

Telinga memiliki saluran yang berfungsi sebagai masuknya gelombang suara dan keluarnya kotoran telinga. Jika kotoran sudah menumpuk di dalamnya, maka telinga akan tersumbat dan terjadi gangguan pendengaran telinga. Selain itu, kadang-kadang juga dapat menimbulkan potensi terasa nyeri, penurunan fungsi telinga, muntah, bahkan terasa sakit kepala.

Kondisi sakit telinga dapat terjadi karena adanya penyumbatan pada telinga yang disebabkan oleh kotoran menumpuk dan mengeras. Sehingga telinga menjadi tidak nyaman. Bahkan kondisi ini dapat menimbulkan suara berdenging akibat tumpukan kotoran yang memenuhi telinga.

Gejala rasa sakit biasanya terjadi berjam-jam, bisa juga hingga berhari-hari. Tetapi kondisi ini harus segera ditangani agar rasa tidak nyaman dapat tersingkirkan dan tidak terus-terusan mengganggu. Perawatannya bisa dilakukan di rumah, bisa juga melalui dokter.

Mengenal penyebab sakit telinga

Sakit telinga yang terjadi disebabkan oleh beberapa penyebab, dan cara penanganannya pun berbeda-beda. Cara penanganan sakit telinga, harus terlebih dahulu mengetahui penyebabnya agar mendapat penanganan dengan tepat dan benar.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab sakit telinga;

- Penyakit meniere atau gangguan telinga, hal ini termasuk gangguan telinga yang dapat menimbulkan kerusakan. Kondisi ini menimbulkan gejala telinga berdenging, dan telinga terasa penuh. Bahkan dapat menyebabkan sakit telinga.

- Pertumbuhan tumor jinak dan neuroma akustik, pertumbuhan tumor jenis ini dapat menyebabkan sakit telinga. Tumor ini sangat kecil dan pertumbuhannya lambat, tetapi tidak bisa diremehkan.

- Kemasukan benda asing, yang dapat membuat telinga terasa tersumbat. Seringkali terjadi pada anak kecil, yang masih suka bermain dengan benda-benda asing. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit telinga.

- Flu dapat menimbulkan lendir pada hidung, namun saat flu juga dapat terjadi perubahan yang dapat menginfeksi telinga dan menyebabkan telinga tersumbat. Selain itu juga menimbulkan sakit telinga.

Daun.id

sumber; pexels

- Infeksi telinga bagian tengah, kondisi di mana terjadi peradangan pada bagian telinga tengah yang diakibatkan penumpukan cairan dan infeksi. Kondisi ini dapat menimbulkan rasa sakit pada telinga.

- Terjadi pertumbuhan tulang yang tidak normal di bagian tengah telinga, hal ini bisa menyebabkan telinga berdengung. Bahkan dapat menimbulkan rasa sakit pada telinga.

- Terjadinya cedera pada bagian kepala dan leher yang mempunyai jaringan dengan telinga. Hal ini dapat menimbulkan rasa sakit hingga ke bagian telinga.

- Tinnitus, merupakan suatu kondisi telinga berdenging, kondisi ini juga dapat menyebabkan telinga terasa nyeri dan sakit.

- Barotrauma telinga merupakan kondisi cedera telinga akibat perubahan tekanan udara atau air saat seseorang mendaki gunung, atau beberapa hal lainnya. Hal ini dapat ditandai dengan hilangnya pendengaran dan dapat menyebabkan sakit telinga.

Itulah beberapa penyebab sakit telinga yang dapat diketahui, hindari beberapa kebiasaan kurang baik yang dapat menyebabkan sakit telinga. Sehingga telinga terasa nyaman dan berfungsi dengan baik.

Cara Mengatasi sakit telinga

Setelah mengenali beberapa jenis penyebab sakit telinga, maka dapat memudahkan untuk mengatasinya. Ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi sakit telinga, berikut ini cara mengatasi sakit telinga :

1. Mencubit hidung secara pelan-pelan

Menarik napas dengan dalam-dalam kemudian mencubit hidung dan mengeluarkan napas dari mulut secara pelan-pelan. Gerakan ini disebut dengan manuver valsava dan dapat mengatasi sakit telinga. Selain itu bisa juga dengan sering mengunyah permen karet, sehingga sering melakukan pengunyahan pada mulut dan dapat membantu membersihkan kotoran ditelinga.

2. Jaga telinga tetap kering

Daun.id

sumber; pexels

Telinga yang basah dapat menjadi sarang bakteri dan menimbulkan infeksi, kondisi ini dapat membuat sakit telinga. Upayakan untuk menjaga telinga agar tetap kering, agar risiko sakit telinga menjadi berkurang. Seusai berenang ketika telinga kemasukan air, sebaiknya segera dikeringkan atau diatasi.

3. Kompres dengan air hangat

Kompres dengan air hangat dapat mengatasi sakit telinga secara sederhana, suhu hangat mampu membuat cairan yang sudah mengering dan mengeras untuk mencair kembali. Selain itu juga dapat membuat pembuluh darah melebar sehingga membatu mengeluarkan kotoran dengan lebih mudah. Caranya, rendamlah handuk pada air hangat kemudian peras hingga lembap, lalu tempelkanlah handuk pada telinga selama 5-10 menit.

4. Mengatur posisi yang tepat pada saat tidur

Daun.id

sumber; pexels

Air yang masuk ke telinga juga dapat menimbulkan telinga tersumbat, telinga yang basah dapat menjadi sarang bakteri. Ketika telinga sedang kemasukan air dan menyebabkan sakit telinga, sebaiknya tidur dengan posisi miring. Hal ini akan membuat air memudahkan untuk keluar dari dalam telinga dan dapat mengatasi sakit telinga.

5. Mengonsumsi obat flu

Seperti di atas, salah satu penyebab sakit telinga ialah akibat flu. Minum obat flu dekongestan, juga dapat memiliki fungsi untuk mengurangi pembengkakan yang terjadi pada selaput lendir dan tekanan di dalam telinga, kondisi ini juga dapat menyebabkan sakit telinga. Obat ini juga dapat digunakan pada saat sebelum dan sesudah terbang dari pesawat terbang.

6. Meneteskan obat tetes telinga
 

Daun.id

sumber : pexels

Kotoran yang sudah mengering dan mengeras di dalam telinga harus terlebih dahulu dicairkan agar bisa dengan mudah untuk dikeluarkan. Menggumpalnya kotoran di telinga dapat menyebabkan sakit telinga. Cara mengatasi sakit telinga, salah satunya dengan meneteskan baby oil agar kotoran dapat mencair dan mudah dikeluarkan.

7. Hindari mengorek telinga terlalu dalam

Pasalnya mengorek telinga justru dapat menyebabkan kotoran masuk semakin dalam ke telinga. Justru hal ini jika terus-terusan terjadi dapat menyebabkan kerusakan pada lapisan saluran telinga atau gendang telinga. Jangan lakukan hal ini, baik itu menggunakan jenis benda apapun. Kondisi ini dapat menyebabkan sakit telinga, hindari untuk mengatasi sakit telinga.

Demikian beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit telinga, lakukan beberapa cara di atas untuk mengatasi sakit telinga. Jika mengalami kesulitan, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter guna mendapat perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya