13 Cara Mengatasi Muka Kering dengan Bahan Alami Hingga Medis, Hindari Penyebabnya

"Salah satu penyebab muka kering adalah kerena tubuh mengalami dehidrasi. Berikut adalah cara mengatasinya."

Life | 29 January 2022, 16:23
13 Cara Mengatasi Muka Kering dengan Bahan Alami Hingga Medis, Hindari Penyebabnya

Muka kering adalah masalah kesehatan yang terjadi pada kulit. Kondisi ini akan membuat muka Anda terlihat lebih kering, bersisik dan pecah-pecah hingga mengelupas.

Kondisi muka kering akan mengurangi rasa percaya diri seseorang, terlebih pada pria dan wanita yang mengimpikan wajah halus.

Muka kering akan menimbulkan kesan kering dan tidak resik pada muka Anda. Kondisi inilah yang menyebabkan berkurangnya rasa percaya diri seseorang.

Dalam dunia medis muka kering ini disebut dengan xerosis. Muka kering tidak hanya terjadi wajah, namun juga dapat terjadi pada bagian tubuh yang lain, seperti tangan dan kaki.

Selain itu muka kering dapat terjadi pada usia berapa pun. Baik itu anak-anak atau pun orang dewasa dan lanjut usia. Kondisi ini lebih rentan terjadi pada lanjut usia.

Muka kering dipengaruhi oleh beberapa sebab, mulai dari dehidrasi, usia lanjut, keturunan dan masih terdapat beragam penyebab lain dari wajah kering ini.

Penyebab Muka kering
Kodisi muka kering dapat disebabkan karenena beragam hal. Berikut adalah beberapaa hal yang dapat menyebablan muka kering.

- Cuci muka terlalu sering

Daun.id

pixabay.com

Terlalu sering mencuci muka dapat menjadi penyebab muka kering. Membasahi wajah terlalu sering akan menghilangkan minyak alami pada kulit Anda. Saat minyak pada kulit hilang, wajah akan lebih rentan menjadi kering.

- Sabun pembersih dan pelembap yang salah
Menggunakan sabun cuci muka dan pelembap yang tidak tepat juga menyebabkan muka kering. Sabun yang mengandung parafin, sodium lauryl sulfate, paraben, diethanolamine (DEA), monoethanolamine (MEA), dan triethanolamine (TEA) dapat menyebabkan kulit kering.

Sementara, pelembap yang mengandung alkohol, pewangi artifisial, dan dioxane juga menyebabkan wajah kering.

- Usia

Daun.id

pexels.com

Wajah kering ini dapat terjadi pada seluruh usia, namun lebih sering terjadi pada orang lanjut usia. Hal ini karena dengan bertambahnya usia, produksi sebum akan mengalami penurunan.

Sebum adalah minyak alami yang berfungsi sebagai pelumas kulit yang mampu menjaga kelembapan kulit.

- Suhu udara berlebihan
Salah satu penyebab wajah kering adalah karena udara kering atau cuaca yang dingin. Ini karena udara kering yang dingin dapat menyebabkan kelembapan kulit berkurang. Sehingga wajah kering lebih sering terjadi.

Sedangkan saat udara panas, kelembapan kulit akan menurun. Sehingga membuat kulit wajah menjadi kering.

- Penggunaan obat-obatan tertentu

Daun.id

pixabay.com

Jika Anda menggunakan obat jerawat, risiko kulit kering di wajah bisa terjadi. Jenis salep obat jerawat yang menyebabkan wajah kering adalah benzoil peroksida, asam salisilat, retinol, dan alpha hydroxy alpha (AHA).

Selain itu, penyebab muka kering yang sangat parah bisa jadi karena konsumsi obat statin dan diuretik.

- Kondisi medis tertentu
Penyebab muka kering bisa terjadi karena adanya kondisi medis tertentu, misalnya dermatitis, eksim, dan psoriasis.
Jika Anda mengalami infeksi pada kulit atau buruknya sirkulasi darah, wajah kering bisa terjadi.

Selain itu, penyakit seperti gangguan tiroid, diabetes, atau penyakit ginjal bisa menjadi penyebab kulit muka kering.

- Paparan senyawa kimia
Paparan kimia pada wajah sering tidak Anda sadari, seperti saat berenang, senyawa klorin yang merupakan zat pembersih kolam renang dapat menjadi penyebab wajah kering.

- Merokok

Daun.id

pixabay.com

Tidak hanya berdampak pada organ dalam, merokok juga mempengaruhi kesehatan kulit. Seperti menyebabkan muka kering dan kasar.

Cara Mengatasi Muka kering
Masalah muka kering memang dapat mengganggu penampilan, kondisi kulit wajah yang kering dan berkelupas membuat beberapa orang berusaha mencari cara untuk mengatasinya.

Berikut ini adalah cara mengatasinya.

1. Lidah buaya

Daun.id

pixabay.com

Gel lidah buaya dapat membantu mengatasi kulit kering. Tidak hanya itu, kandungan di dalamnya juga membantu melembutkan dan memperbaiki tekstur kulit Anda. Cara memakai lidah buaya untuk mengatasi kulit kering cukup mudah. Cukup oleskan gel lidah buaya di bagian kulit yang kering dan biarkan beberapa waktu. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Sebelum digunakan, ada baiknya untuk menyimpan gel lidah buaya ke dalam kulkas selama beberapa jam untuk mendapatkan sensasi dingin yang menenangkan. Namun, hentikan jika terjadi iritasi.

2. Minyak kelapa

Daun.id

pixabay.com

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering. Oleskan minyak kelapa murni ke wajah sebelum tidur dan cucilah di pagi hari. Gunakan juga minyak kelapa setelah mandi ketika kulit masih hangat dan kenyal. Lakukan setiap hari untuk membuat kulit Anda halus dan lembut.

3. Mengonsumsi makanan yang menyehatkan kulit

Daun.id

pixabay.com

Anda bisa mengatasi wajah kering dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung beragam vitamin, mineral, dan zat gizi lainnya. Vitamin yang penting untuk kulit seperti vitamin A, C, E, dan K yang dapat diperoleh dari buah, sayuran, dan biji-bijian. Vitamin ini berguna untuk meremajakan kulit agar tetap sehat.

Tak hanya vitamin, kulit juga membutuhkan mineral, terutama zinc dan yang tidak kalah penting kulit juga memutuhkan lemak tak jenuh yang diperoleh ikan berlemak, alpukat, dan kacang-kacangan.

4. Minyak zaitun

Daun.id

pexels.com

Minyak zaitun adalah bahan alami yang berfungsi sebagai pembersih sekaligus pelembap alami. Produk ini juga mengandung antioksidan dan asam lemak yang baik untuk kulit. Oleskan sedikit minyak zaitun sebelum memakai pelembap yang biasa Anda gunakan.

5. Madu

Daun.id

pexels.com

Madu mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda secara menyeluruh. Tak heran jika banyak orang mengatasi wajah kering dengan cara mengoleskan bahan alami yang satu ini.

Gunakan madu ke seluruh tubuh atau wajah Anda dan biarkan selama 5 sampai 10 menit, gunakan sebelum mandi. Lakukan cara ini setiap hari untuk mendapatkan hasil berupa kulit yang lebih lembap.

6. Susu kambing

Daun.id

pexels.com

Susu kambing mengandung zat antiradang yang dapat menenangkan kuli. Selain itu, asam laktat pada susu juga dapat meremajakan sel kulit, meningkatkan kelembapan, dan membuat kulit tampak lebih cerah. Selain itu, vitamin A yang cukup tinggi membantu kulit melawan bakteri penyebab jerawat dan menjaga kesehatan kulit secara umum.

Caranya, cukup celupkan lap bersih ke susu dingin dan oleskan pada wajah kering selama 5 – 7 menit.

7. Membersihkan wajah dengan pembersih wajah

Cara lain untuk mengatasi kulit kering adalah memerhatikan jenis produk pembersih yang Anda gunakan. Menggunakan pembersih wajah yang melembapkan, sudah pasti bisa mengatasi muka kering. Dengan cara ini, kulit wajah akan tetap terjaga kelembapannya secara optimal.

Namun, telitilah dalam memilih produk skincare. Produk tertentu  justru dapat membuat kulit kering menjadi semakin parah.

8. Perbanyak air putih

Daun.id

pexels.com

Berkurangnya jumlah air dalam tubuh, juga mempengaruhi termasuk kulit wajah. Jika tubuh tidak mendapatkan air yang cukup, wajah menjadi lebih rentan mengering dan bersisik.

Air putih penting untuk menjaga kelembapan kulit dan memberikan nutrisi untuk sel-sel kulit. Air mencukupi kebutuhan jaringan kulit dan meningkatkan kelenturannya sehingga dapat menunda tanda-tanda penuaan kulit, keriput dan garis-garis halus.

Anda dapat mengatasi kulit kering dengan cara minum lebih banyak air putih. Minum setidaknya 4 – 6 gelas air setelah bangun di pagi hari ketika perut masih kosong.

9. Mengoleskan petroleum jelly

Petroleum jelly dapat dimanfaatkan sebagai pelembap andalan untuk wajah kering. Petrolium jelly dapat mengunci kelembapan sehingga kulit tidak lagi terlalu kering, dan kulit dapat kembali mendapatkan perlindungan alaminya.

10. Mengonsumsi cranberry
Cranberry terkenal dapat memberikan hidrasi bagi kulit kering. Cara mengatasi kulit kering secara alami yakni dengan minum segelas jus cranberry setiap hari. Selain itu menambahkan satu sendok teh bubuk akar dandelion dapat membantu megeluarkan garam berlebih dalam tubuh yang cenderung menyebabkan kulit mengalami dehidrasi.

11. Hindari cuci muka dengan air panas
Suhu air yang panas dapat menghilangkan minyak alami kulit lebih cepat dibandingkan air yang hangat. Sehingga, minyak alami seharusnya berfungsi melindungi kulit agar tetap lembap menghilang. Akibatnya, kulit wajah pun menjadi kering dan bersisik.

Cucilah wajah Anda menggunakan air dengan suhu normal, tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

12. Gunakan pelembap secara rutin

Daun.id

pexels.com

Pemakaian pelembap memiliki fungsi penting untuk menjaga kelembapan kulit, sehingga lapisan pelindung kulit senantiasa terjaga dari kerusakan.

Pelembap untuk kulit kering sebaiknya mempunyai kemampuan melembapkan yang tinggi. Anda juga dapat mengatasi kulit kering dengan cara memakai pelembap mengandung asam laktat. Senyawa akan membantu kulit melepaskan lapisan teratas kulit yang kering dan bersisik, serta menembus lapisan di bawahnya untuk mengisi ruang antarsel kulit.

Oleskan agak banyak setidaknya dua kali sehari agar kulit terhidrasi dengan baik setelah mandi.

13. Menggunakan tabir surya

Daun.id

pexels.com

Sinar matahari menjadi penyebab kulit kering yang paling umum. Saat kulit terpapar sinar ultraviolet secara langsung tanpa perlindungan, lebih berisiko terbakar, mengalami kerusakan, dan terkena kanker.

Anda dapat mencegah kerusakan kulit dengan mengoleskan tabir surya (sunscreen). Pilihlah tabir surya dengan keterangan broad spectrum dan minimal 30 SPF. 

(m. taufik naufal/nf)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya