6 Cara Mengatasi Sakit Punggung, Gunakan Air Hangat

"Sakit punggung tidak hanya dialami oleh lansia saja, namun juga dapat dialami pada seseorang yang sedang berada diusia produktif."

Life | 28 January 2022, 17:54
6 Cara Mengatasi Sakit Punggung, Gunakan Air Hangat

Orang yang masih berada pada usia produktif juga dapat mengalami sakit punggung yang disebabkan oleh berbagai macam kondisi. Bahkan hampir semua orang juga dapat mengalami sakit punggung, dan tak mengenal usia.

Kondisi ini tentunya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, punggung bisa saja terasa sangat sakit, bahkan sakitnya bukan main. Tidak terhenti di situ, terkadang juga bisa menjalar hingga ke tulang kaki.

Akibat dari sakit punggung, sebagian besar orang kesulitan melakukan aktivitasnya, bahkan tidak bisa melakukan aktivitas. Keluhan sakit punggung juga dapat dirasakan hingga rasa tegang di leher. Bahkan tak jarang juga penderitanya dapat mengalami sakit kepala.

Pada umumnya nyeri atau sakit punggung merupakan keluhan yang sering terjadi, bahkan banyak orang pernah mengalami gejala ini. Meski pada umumnya masalah ini tidak ditimbulkan oleh masalah kesehatan yang serius, namun hal ini juga harus diwaspadai.

Mengenal gejala nyeri punggung

Sakit punggung merupakan suatu kondisi yang sudah umum terjadi, dan bukan merupakan masalah kesehatan yang serius. Namun juga bisa menjadi awal tanda masalah kesehatan yang serius. Jika sakit punggung tidak dapat teratasi dengan cepat dan tepat.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini beberapa tanda atau gejala sakit punggung yang dapat diketahui :

- Punggung akan terasa nyeri, namun hanya terjadi pada satu titik atau hanya terjadi pada satu bagian saja.

- Biasanya rasa sakit punggung, dapat hilang namun tiba-tiba muncul lagi kembali.

- Pada saat penderitanya melakukan aktivitas, sakit punggung dapat terasa semakin parah.

- Otot dapat terasa kejang menyertai sakit punggung yang terjadi, bahkan otot dapat terasa sangat kaku.

- Kemunculan sakit punggung dapat muncul secara tiba-tiba, bahkan juga dapat terasa semakin parah dengan seiring berjalannya waktu.

- Sakit punggung dapat pula disertai dengan sensasi terbakar, diiringi rasa sakit hingga terasa menusuk-nusuk.

- Jika dalam kondisi parah tangan dan kaki akan terasa lemah, bahkan dapat juga mengalami mati rasa pada beberapa bagian anggota tubuh.

- Kesulitan menahan buang air, karena kehilangan keseimbangan kontrol pada kandung kemih.

Itulah beberapa gejala yang akan dialami oleh penderita sakit punggung pada umumnya. Jika muncul gejala seperti di atas, kemungkinan seseorang sedang mengalami gejala sakit punggung.

Mengenal penyebab sakit punggung

Terkadang sakit punggung dapat terjadi diawali dengan beberapa gejala yang sangat ringan, hingga akhirnya menjadi berat. Salah satu penyebabnya dapat disebabkan oleh kebiasaan yang salah, dan tanpa disadari. Selain itu juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lainnya, berikut ini penyebab sakit punggung :

Daun.id

sumber; pexels

- Postur tubuh yang kurang baik, sehingga memicu sakit punggung.

- Sedikit bergerak, atau diam dalam keadaan sama dalam waktu yang lama.

- Terjadinya keseleo pada salah satu tulang punggung.

- Menahan benda berat yang terlalu berat dalam waktu yang cukup lama.

- Malas berolahraga dapat memicu terjadinya sakit punggung, hal ini karena kondisi otot yang kaku karena jarang peregangan.

- Salah tumpuan saat tubuh melakukan aktivitas.

- Duduk dalam waktu yang sangat lama.

- Cedera yang diakibatkan oleh beberapa aktivitas.

Itulah beberapa hal atau kondisi yang dapat menyebabkan terjadinya sakit punggung. Hindari beberapa kondisi yang dapat menyebabkan sakit punggung guna untuk mencegah masalah yang lebih serius.

Cara mengatasi sakit punggung

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit punggung. Mulai dari cara yang sangat sederhana, hingga beberapa cara medis lainnya. Cara ini bisa dilakukan agar sakit punggung tidak semakin parah.

Berikut ini cara mengatasi sakit punggung :

1. Melakukan olahraga yoga secara ringan

Daun.id

sumber; pexels

Salah satu yang bisa dilakukan ialah dengan cara menggunakan cara senam yoga tertawa. Yoga dapat membantu sebagian besar orang guna memperbaiki kesehatan dengan cara tertawa. Tertawa sebagai cara untuk mengendurkan beberapa otot yang tegang, bahkan juga dapat mengurangi stress. Gunakan yoga secara ringan dapat mengatasi sakit punggung.

2. Mengatur posisi tidur dengan tepat

Posisi tidur yang kurang tepat dapat menyebabkan sakit punggung, bahkan juga dapat meningkatkan rasa sakit punggung. Maka, menentukan posisi tidur dengan posisi yang tepat menjadi hal yang sangat penting. Misalnya tidur dengan posisi punggung bersandar, atau juga bisa mencoba tidur sambil duduk dengan kursi. Sehingga dapat mengatasi sakit punggung.

3. Melatih kekuatan otot

Daun.id

sumber; pexels

Salah satu pemicu terjadinya sakit punggung ialah diakibatkan otot yang lemah karena jarang dilatih. Latihlah beberapa bagian otot seperti tulang pinggul dan panggul yang memberi sokongan pada punggung. Sehingga dapat memberikan sokongan pada punggung yang lebih kuat, memang cara ini tampak kurang efektif untuk mengatasi sakit punggung.

4. Melakukan peregangan secara sederhana

Pada saat bekerja, seseorang dapat duduk dalam waktu yang cukup lama. Selain itu juga pada kondisi saat seseorang anak sedang belajar dalam waktu yang cukup lama. Agar tidak berada pada posisi sama dalam waktu yang cukup lama, maka selingi dengan beberapa peregangan secara sederhana. Sehingga dapat membantu mengatasi sakit punggung.

5. Memijat punggung

Daun.id

sumber; pexels

Pijatan dapat membantu orang lebih rileks, hingga dapat mengurangi stress yang dialami oleh seseorang. Selain itu pijatan juga dapat membantu untuk mengurangi ketegangan yang terjadi pada otot, khususnya pada otot punggung. Cara ini bisa dilakukan dengan meminta bantuan tukang urut atau pijat yang sudah alinya, sehingga dapat mengatasi sakit punggung.

6. Melakukan kompres di punggung

Pada saat otot punggung mengalami ketegangan dapat menyebabkan sakit, hal ini dapat diatasi dengan mengompres hangat pada bagian punggung. Melakukan kompres hangat dapat membantu untuk mengendurkan otot punggung yang menyebabkan sakit punggung. Kompres hangat pada bagian punggung dapat mengatasi sakit punggung, selain itu juga bisa dicoba dengan mandi menggunakan air hangat.

Demikian enam cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah atau gejala sakit punggung. Jika sakit punggung masih terjadi dan membandel, sebaiknya jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke dokter guna mencari penyebab dan mendapatkan perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami keharmonisan dan kedamaian. Anda dan pasangan akan saling mendukung dan memahami satu sama lain. Namun, tetaplah berkomunikasi dengan jujur dan terbuka untuk menjaga hubungan tetap harmonis.



Taurus Selengkapnya