10 Cara Mengatasi Nyeri Dada Sebelah Kanan secara Alami dan Efektif

"Jangan remehkan nyeri dada sebelah kanan."

Life | 04 February 2022, 17:35
10 Cara Mengatasi Nyeri Dada Sebelah Kanan secara Alami dan Efektif

Nyeri dada sebelah kiri umumnya menunjukkan suatu keadaan tertentu di jantung, misalnya serangan jantung dan beberapa penyakit lainnya. Berbeda dengan nyeri dada sebelah kanan yang jarang diketahui penyebabnya. Kadang beberapa orang mengira itu merupakan kondisi yang tak perlu dikawatirkan. Sayangnya, nyeri pada dada itu sama sebab terdapat risiko bagi kesehatanmu.

Nyeri dada sebelah kanan dapat disebabkan oleh cedera langsung atau pembengkakan struktur tertentu, atau dampak dari nyeri yang diawali pada bagian tubuh lain. Pada kondisi yang lebih serius, nyeri dada sebelah kanan dapat menunjukkan indikasi mengenai keadaan jantung atau paru-paru.

Pembahasan tentang faktor-faktor penyebab nyeri dada sebelah kanan yang dikutip lewat Medical News Today yakni seperti:

1. Ketegangan otot

Dinding di dada tersusun dari banyak otot yang tidak sama. Sehingga, sangat mudah menyebabkan otot-otot dada jadi tegang sebab terjadi peningkatan latihan atau kegiatan. Stres juga dapat menjadi faktor yang memengaruhinya. Meskipun begitu, nyeri di dada sebelah kanan sebab ketegangan otot nyatanya sangat mudah diatasi.

2. Trauma karena kecelakaan

Cedera traumatis, misalnya pukulan tajam ke dada, jatuh, atau kecelakaan kendaraan bermotor, berisiko bisa merusak pembuluh darah, saraf, dan otot di dalam dada.

Melansir The Healthy, terjadinya kecelakaan serius dapat pula merusak paru-paru, jantung, hingga organ dalam lainnya dengan jenis cedera ini. Saat tubuh terkena trauma, maka dapat menimbulkan rasa nyeri pada tempat yang awalnya cedera.

3. Stres atau cemas

Layaknya yang diketahui, stres dan cemas bisa sangat berpengaruh terhadap keadaan imun yang dapat berefek buruk untuk kesehatan. Stres atau kecemasan yang buruk bisa menyebabkan serangan kecemasan.

Bagi beberapa orang, serangan kecemasan mempunyai banyak gejala yang hampir mirip dengan serangan jantung, terlebih pusing, jantung berdebar-debar, nyeri dada, dan kesusahan dalam bernapas.

Mengutip Healthline, nyeri di dada sebelah kanan karena serangan kecemasan muncul sebab terjadi hiperventilasi (bernapas secara cepat atau dalam), sehingga mengakibatkan otot dinding dada jadi kejang.

4. Patah tulang rusuk

Tulang rusuk mempunyai tiga fungsi penting dikutip dari Medical Art Library, yakni, sebagai penyangga, perlindungan, dan pernapasan. Tulang rusuk berfungsi melindungi jantung dan paru-paru, memberikan kerangka yang kuat di mana dada, perut bagian atas, otot-otot korset bahu, dan punggung bisa menempel.

Dengan sifat yang fleksibel, membuat tulang rusuk bisa mengembang dan berkontraksi terhadap aksi otot-otot pernapasan. Saat tulang rusuk terkena cedera sampai patah, hal ini bisa memberikan rasa nyeri yang parah dan beberapa komplikasi serius apabila tidak ditangani secara tepat.

5. Kostokondritis

Kostokondritis merupakan peradangan di tulang rawan yang berkaitan antara tulang rusuk ke tulang dada utama pada bagian depan dada. Nyeri akibat kostokondritis yang parah, mampu disebabkan akibat batuk hebat, infeksi, atau cedera traumatis.

Kostokondritis sebab hilang dengan sendirinya, namun kamu mungkin perlu pereda nyeri, istirahat ekstra, dan kompres memakai air panas atau dingin guna membantu penyembuhan.

6. Pneumotoraks

Rasa nyeri dada sebelah kanan yang dirasakan terlebih saat mengambil napas, kemungkinan disebabkan oleh masalah pneumotoraks. Pneumotoraks atau paru-paru yang kolaps, mampu timbul saat udara keluar dari paru-paru dan masuk menuju ruang antara paru-paru dan dinding dada. Kondisi ini menyebabkan paru-paru susah mengembang, ketika bernapas dan menimbulkan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang signifikan dan tiba-tiba.

7. Pleurisi

Letak paru-paru yang berada pada dada kiri dan kanan, menyebabkan keadaan kesehatan paru-paru dapat berpengaruh terhadap rasa nyeri yang dirasakan pada kedua sisi dada. Akan tetapi, rasa nyeri dada sebelah kanan lebih cepat dideteksi jika berhubungan dengan paru-paru, sebab dada kiri senantiasa dihubungkan dengan jantung.

Tidak hanya pneumotoraks, keadaan paru-paru yang dapat menimbulkan nyeri dada sebelah kanan ialah pleurisi. Pleurisi merupakan peradangan di selaput yang mengelilingi paru-paru. Peradangan ini dapat memicu gesekan antara dua lapisan jaringan ini, yang bisa mengakibatkan nyeri yang tajam dan parah ketika bernapas.

Akan tetapi, kamu perlu lekas memeriksa ke dokter jika terjadi:

- Menjadi parah dengan berjalannya waktu.

- Nyeri dada intens atau sangat sakit.

- Diikuti dengan demam, sesak napas, dan pingsan.

Adapun cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan yang dapat dilakukan, yakni:

1. Hindari makan berlebih

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan sebab asam lambung ialah dengan mengatasi makan berlebih terlebih makanan yang pedas dan berlemak. Naiknya asam lambung menuju tenggorokan bisa mengakibatkan nyeri dan sensasi terbakar di dada.

Menjauhi konsumsi makanan terlalu berlebih dalam satu waktu dan mengurangi konsumsi makanan yang pedas dan berlemak bisa mengatasi asam lambung yang naik. Konsumsi obat sakit asam lambung juga bisa mengatasi nyeri dan cara mengatasi sakit dada di sebelah kanan karena asam lambung yang naik.

2. Menenangkan diri

Cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan sebab stres atau gangguan kecemasan merupakan dengan menenangkan diri. Stres dan kecemasan yang berlebih mampu menimbulkan dada sebelah kanan terasa sesak nafas, sakit, dan otot dada jadi tegang.

Kamu dapat menenangkan diri dengan mengatur nafas bisa mengatur otot-otot dada jadi lebih tenang dan tidak tegang. Minum teh hangat juga bisa menenangkan diri dari stres dan gangguan kecemasan sebagai cara mengatasi sakit dada sebelah kanan.

3. Kompres es batu

Cara mengatasi nyeri dada sebelah kanan karena ketegangan otot ialah dengan kompres es batu di bagian yang nyeri. Ketegangan otot ialah penyebab utama nyeri dada sebelah kanan, ini bisa terjadi jika seseorang terlalu intens memakai tubuh bagian atas.

Mengecat rumah, memotong kayu, berolahraga, dan kegiatan berat lainnya bisa memicu ketegangan otot. Kompres es batu pada bagian dada sebelah kanan dalam lima belas sampai dua puluh menit sekitar tiga kali dalam sehari bisa mengatasi nyeri. Kamu dapat konsumsi obat pereda nyeri juga bisa menjadi cara mengatasi sakit dada sebelah kanan karena ketegangan otot.

4. Istirahat yang cukup

Rasa nyeri di dada sebelah kanan dapat terjadi akibat kelelahan dan imun yang sedang tidak baik. Sehingga, bagian tubuh merasakan nyeri, tak terkecuali juga dada sebelah kanan.

Rasa nyeri dada sebelah kanan kadang juga dapat dikarenakan berolahraga yang ekstrem atau dalam jangka waktu yang lama tanpa memerhatikan interval pernapasan. Hal ini menyebabkan paru-paru dapat terasa sakit ketika mengambil napas, sebab jantung yang memompa terlalu cepat. Istirahat juga bisa merelaksasi otot-otot dada yang tegang. sehingga sangat disarankan agar istirahat atau tidur yang cukup sesudah berolahraga atau berkegiatan seharian.

5. Lakukan pemeriksaan ke dokter

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Ketika nyeri di dada sebelah kanan terjadi berhari-hari dan tidak kunjung reda, walau kamu telah mengurangi kegiatan, istirahat cukup, sampai meminum pereda nyeri, sebaiknya kamu mengunjungi dokter dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Rasa nyeri dada sebelah kanan, dapat terjadi sebab keadaan tertentu pada organ yang tidak dapat dicegah secara cepat dan perlu ada perawatan khusus. Jangan lupa, kamu harus memberikan informasi mengenai lamanya rasa nyeri terasa, kegiatan yang mungkin berpotensi sebagai faktor, serta riwayat medis sebelumnya.

Daun.id

Sumber: Pexels.com

Selain cara di atas, mengutip Tuasaude, kamu dapat mengatasi nyeri dada sebelah kanan dengan cara di antaranya:

1. Dalam mengurangi nyeri dada akibat stres atau cemas, coba tenangkan diri dengan mengatur pernapasan, relaksasi supaya otot tidak tegang, atau minum secangkir teh hangat.

2. Apabila sakit dada sebelah kanan terjadi di tulang rawan, kamu dapat mengatasinya dengan perubahan gaya hidup contohnya menjaga postur tubuh, rajin melakukan peregangan, mengompres bagian tubuh yang sakit memakai es batu yang dibungkus kain, atau konsumsi obat pereda rasa sakit.

3. Bagi sakit dada karena otot tegang, kondisi kesehatan ini biasanya sembuh seusai penderita minum obat penghilang rasa sakit atau mengaplikasikan salep nyeri otot.

4. Mengatasi masalah kesehatan mendasar misalnya penyakit paru-paru, empedu, liver, jantung, patah tulang, hingga masalah kesehatan lainnya.

5. Jika sakit dada sebelah kanan terhadap penyakit asam lambung, kamu dapat mengatasinya dengan obat asam lambung serta mengubah pola makan agar lebih sehat dan teratur.

(pravita windi an/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya