6 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe, Ketahui Penyebabnya

"Masalah kesehatan kulit kepala yang kurang baik dapat mempengaruhi kondisi rambut dan munculnya ketombe di sekitar kepala."

Life | 04 February 2022, 15:55
6 Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Ketombe, Ketahui Penyebabnya

Kulit kepala yang tidak sehat dapat memicu kesehatan rambut serta munculnya ketombe. Seringkali kita dapati rambut rapuh, mudah patah, hingga rontok. Kondisi ini tentunya sangat mengganggu aktivitas, bahkan dapat mengurangi rasa percaya diri. Pasalnya ketika memakai baju hitam ketombe yang jatuh di baju akan tampak jelas.

Ketombe ialah seakan menjadi sesuatu pada umumnya yang dialami oleh laki-laki maupun perempuan. Seringkali munculnya ketombe disebabkan oleh infeksi jamur dan minyak berlebihan yang muncul bersamaan pada kulit kepala. Bagi sebagian orang rambut adalah mahkota, tentunya jika terjadi kondisi ini, seakan-akan terjadi mimpi buruk.

Ketika kondisi ini terjadi, biasanya seringkali membuat kita tergesa-gesa untuk mencucinya. Akan tetapi tidak selamanya mencuci rambut dapat menjadi solusi. Terlalu sering mencuci rambut juga dapat menimbulkan dampak negatif. Pasalnya minyak esensial yang terdapat di kulit kepala dapat ikut terbilas, justru kondisi ini dapat membuat akar rambut menjadi lemah.

Kondisi timbulnya ketombe dan rambut rontok dapat dideteksi dengan mudah. Hal ini dapat dilihat ketika pundak dipenuhi dengan serpihan putih dan kecil, hal ini bisa jadi isyarat tumbuhnya ketombe di kulit kepala. Sebelum mencari cara untuk mengatasinya, sebaiknya carilah dulu penyebabnya. Hingga dapat memudahkan mencari cara untuk mengatasinya.

Mengenal penyebab rambut rontok dan ketombe

Rambut rontok dan ketombe merupakan masalah yang rumit dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi atau penyebab. Guna memudahkan untuk mengatasinya, maka carilah dulu penyebabnya.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut ini penyebab rambut rontok dan ketombe :

- Terlalu sering mencuci rambut, keramas dengan menggunakan shampo memang dapat membersihkan rambut dan kulit kepala. Tetapi jika keramas dilakukan terlalu sering dan menggunakan shampo yang bisa mengangkat minyak alami rambut, justru akan membuat rambut rontok dan muncul ketombe.

- Rambut kering, kondisi yang tandus dapat membuat timbulnya rambut rusak dan menjadi kasar. Sehingga rambut mudah mengembang dan sulit untuk dirapikan. Selain itu rambut menjadi mudah rontok dan muncul ketombe di kulit kepala.

- Mengikat rambut dengan kencang, kebiasaan mengikat rambut yang terlalu kencang dapat membuat rambut menjadi rusak. Sehingga susah untuk diatur dan dapat menyebabkan rambut rontok dan muncul ketombe di kulit kepala.

- Cuaca panas, cuaca yang terlalu panas dapat membuat rambut gersang dan mengering. Sehingga dapat membuat rambut rontok dan muncul ketombe. Lindungilah rambut ketika sedang beraktivitas di luar ruangan yang membuat rambut langsung bersentuhan dengan panas sinar matahari.

- Cuaca dingin, cuaca dingin juga bisa menyebabkan rambut rontok dan muncul ketombe. Selain itu rambut juga bisa tampak kusam dan kusut, maka aturlah penggunaan AC pada ruangan kerja atau saat sedang berada di rumah.

- Menyisir rambut dengan kasar, biasanya hal ini dapat terjadi ketika sedang terburu-buru. Seseorang akan menyisir rambutnya dengan kasar dan asal-asalan, asal rapi. Padahal, cara ini dapat membuat rambut rontok.

- Lingkungan dan udara yang kotor, hal tersebut dapat menghilangkan kilau rambut. Selain itu juga dapat menyebabkan rambut menjadi kering, sehingga menyebabkan rambut rontok dan masalah ketombe.

- Kurangnya nutrisi pada ujung rambut, juga dapat mempengaruhi terjadinya rambut kering. Selain itu kurangnya nutrisi juga bisa membuat rambut bercabang, mudah rontok dan memicu timbulnya ketombe.

Itulah beberapa kondisi atau beberapa hal yang dapat menyebabkan rambut rontok dan ketombe. Mulailah merawat rambut dengan cara yang benar untuk menghindari rambut rontok dan ketombe, agar tidak terjadi pada diri anda.

Cara mencegah rambut rontok dan ketombe

Setelah memperhatikan beberapa penyebab tentunya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya rambut rontok dan ketombe. Berikut ini cara mencegah rambut rontok dan ketombe :

Daun.id

sumber; pexels

- Hindarilah cuaca terlalu dingin dan terlalu panas, atau mengendalikan suhu ruangan kerja maupun ruangan di rumah.

- Jagalah kelembaban rambut agar tidak mudah mengering dan menyebabkan rambut rambut rontok dan ketombe.

- Hindarilah terlalu sering keramas, jadwal keramas haruslah diatur agar tidak terlalu sering maupun juga tidak berjarak terlalu lama.

- Menyisir rambut dengan halus, saat menyisir rambut usahakanlah dengan cara yang lembut dan halus. Hal ini dilakukan agar rambut tidak mudah rontok.

- Melindungi rambut dengan menggunakan topi untuk menghindari sentuhan secara langsung dengan sinar matahari.

- Hindari mengikat rambut terlalu kencang dan hindari juga terlalu sering mengikat rambut.

Itulah beberapa cara untuk mencegah rambut rontok dan ketombe, lakukan beberapa cara di atas hingga rambut rontok bisa dicegah dan mengusir ketombe.

Cara mengatasi rambut rontok dan ketombe

Rambut rontok dan ketombe jika dibiarkan terlalu lama dapat menimbulkan beberapa kerusakan yang sangat parah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rambut rontok dan ketombe. Berikut ini cara mengatasi rambut rontok dan ketombe;

1. Gunakanlah sampo yang tepat

Daun.id

sumber; pexels

Penggunaan sampo yang kurang tepat dapat menyebabkan rambut rontok dan ketombe. Setiap orang pasti menggunakan sampo untuk membuat rambut agar tetap bersih, selain itu juga untuk menjaga kelembaban rambut. Penggunaan sampo yang tepat dapat mengatasi rambut rontok dan ketombe, gunakanlah sampo yang tepat dan sesuai dengan kondisi kepala.

2. Lindungi rambut ketika berada di bawah sinar matahari

Daun.id

sumber; pexels

Saat sedang beraktivitas sehari-hari gunakanlah pelindung kepala, terlebih saat sedang beraktivitas di luar ruangan yang menyebabkan rambut langsung terpapar sinar matahari. Untuk menghindari paparan sinar matahari secara langsung, gunakanlah topi atau beberapa jenis pelindung lainnya.

3. Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi

Konsumsi makanan yang sehat dapat mengatasi rambut rontok dan ketombe dari dalam, misalnya mengonsumsi ikan salmon yang dapat membuat rambut memproduksi minyak secara alami. Sayuran, atau bayam mampu mengatasi rambut agar tidak rapuh. Atau mengonsumsi jenis makanan lainnya yang mengandung nutrisi.

4. Oleskan minyak alami

Minyak alami juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe. Minyak zaitun menjadi salah satu minyak alami yang dapat digunakan untuk mengatasi rontok dan ketombe. Oleskan minyak zaitun pada rambut, tunggu hingga mengering, setelah itu cuci rambut hingga bersih.

5. Gunakan kondisioner

Daun.id

sumber; pexels

Setelah mencuci rambut atau keramas dengan menggunakan sampo, berikanlah kondisioner pada rambut. Kondisioner bisa membangun kultikula rambut tetap sehat, selain itu juga dapat melembapkan rambut sehingga tampak indah dan segar. Sehingga dapat mengatasi rambut rontok dan ketombe.

6. Hindari terlalu berlebihan menggunakan pengering rambut

Daun.id

sumber; pexels

Penggunaan alat pengering rambut memang dapat mempercepat pengeringan rambut. Tetapi ketahuilah, penggunaan pengering rambut secara berlebihan dapat menyebabkan rambut rapuh, sehingga mudah rontok dan ketombe. Sebaiknya harus dicoba untuk mengeringkan rambut secara alami.

Demikian beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi rambut rontok dan ketombe. Lindungilah rambut, agar penampilan tetap indah dan dapat menambah rasa percaya diri.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya