10 Cara Mengatasi HP Panas dengan Cepat, Ketahui Penyebabnya

"Penggunaan HP dalam jangka waktu yang cukup panjang secara terus menerus dapat menjadi salah satu penyebab HP mudah panas."

Tech | 14 February 2022, 08:49
10 Cara Mengatasi HP Panas dengan Cepat, Ketahui Penyebabnya

Pada era milenial ini HP sudah bukan lagi menjadi barang yang langka, bahkan para penggunanya pun selalu bertambah. Tidak saja orang dewasa, kini juga sudah muncul para pengguna dari kalangan anak-anak. Bahkan setiap tahunnya, perusahaan HP juga selalu menawarkan model-model baru. Masalahnya, HP juga dapat mengalami berbagai macam problem dan tidak setiap orang tahu cara mengatasinya.

Jika HP digunakan mudah panas, kondisi ini dapat mengganggu kenyamanan para pengguna. Kondisi ini dapat terjadi karena disebabkan oleh beragam faktor. Para pengguna HP hampir sebagian besar pernah mengalami kondisi ini. Terkadang para penggunanya juga mengalami kesusahan, kondisi ini harus segera diatasi agar tidak merembet pada kerusakan yang parah.

Sehingga kondisi ini juga dapat mengganggu kinerja HP, dan menyebabkan kinerja HP kurang optimal. Jika kondisi ini dibiarkan secara terus menerus dapat mempengaruhi usia HP. Sehingga HP tidak bisa tahan lama dan mudah rusak. Hal ini harus segara dicari penyebab utama yang memicu HP mudah panas. Salah satunya memaksa HP untuk bekerja terlalu keras.

Jadi para pengguna HP juga penting untuk mengetahui tipe-tipe HP yang mudah panas. Sebenarnya dalam kasus ini dapat terjadi karena dipengaruhi oleh beragam faktor. Biasanya para pengguna yang mengalami kondisi ini terburu-buru untuk ganti HP. Eitz, jangan terburu-buru kondisi ini dapat diatasi dengan banyak cara lho.

Mengenal penyebab HP mudah panas

HP panas merupakan suatu kondisi yang sudah umumnya dialami oleh para penggunanya. Ketika sedang terjadi kondisi seperti ini, sebaiknya jangan panik terlebih dahulu. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan HP panas, berikut ini penyebabnya :

Daun.id

sumber; pixabay

- Ngegame di HP secara berlebihan, fenomena ngegame terlalu lama dapat kita jumpai akhir-akhir ini. Tanpa disadari, HP jika sering digunakan ngegame secara terus menerus dapat menyebabkan HP panas. Selain itu baterai HP juga mudah habis.

- Terdapat bug pada software HP atau aplikasi, jika dipaksakan untuk terus digunakan kondisi ini dapat menyebabkan HP panas. Hal ini dapat terjadi karena disebabkan oleh prosesor yang tidak bekerja secara optimal.

- Menggunakan aplikasi terlalu banyak, terlebih jika penggunaan aplikasi itu secara bersamaan. Terlebih jika aplikasi yang dibuka terlalu banyak dalam satu waktu, kondisi ini dapat menyebabkan HP panas. Bahkan dapat membuat kondisi baterai HP cepat habis.

- Kondisi HP lemah sinyal, kondisi ini dapat menyebabkan HP mudah panas dengan cepat. Terlebih jika kondisi ini ditambah dengan penggunaan HP untuk ngegame, apalagi game online.

Daun.id

sumber; pexels

- Baterai memilik kualitas buruk, jika HP memiliki kualitas HP yang buruk dapat menyebabkan kondisi HP mudah panas. Jika terus dipaksakan kondisi ini dapat menyebabkan HP mudah panas, bahkan dapat menimbulkan potensi kerusakan pada HP.

- Lingkungan tertentu, kondisi cuaca yang sangat panas dapat menyebabkan salah satu model HP mudah cepat panas. Terlebih ketika penggunanya sedang berada di luar lingkungan, pada kondisi ini hindari HP bersentuhan langsung dengan sinar matahari.

- HP digunakan streaming terlalu lama, pada aplikasi streaming membutuhkan sinyal yang kuat dan cepat. Sehingga HP harus bekerja lebih keras dan mengeluarkan daya yang cukup besar. Kondisi ini dapat menyebabkan HP panas, dan baterai mudah habis.

- Kurang optimal pada pengaturan HP, jika pada pengaturan tertentu pada HP kurang optimal dapat menjadi pemicu HP panas. Sebaiknya cek kondisi pengaturan terlebih dahulu untuk memastikan keoptimalannya. Barangkali ada pengaturan tertentu yang kurang disadari dapat menyebabkan HP panas.

Itulah beberapa faktor yang menjadi pemicu terjadinya HP panas. Hindari beberapa faktor yang menyebabkan HP panas, agar HP tetap bisa digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

Cara mengatasi HP panas

Ketika sedang mengalami HP panas sebaiknya jangan panik terlebih dahulu. Pasalnya, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Salah satunya membenahi pengaturan agar optimal kembali, berikut ini cara mengatasi HP panas:

1. Gunakan charger original

Daun.id

sumber; pixabay

Saat melakukan pengisian baterai HP, jangan menggunakan sembarangan charger. Sebab penggunaan charger palsu terkadang tidak cocok dengan spesifikasi HP. Kondisi ini justru juga dapat menimbulkan kerusakan pada HP dan cepat panas. Gunakan charger original dapat mengatasi HP panas.

2. Mematikan GPS dan bluetooth

Jika kedua perangkat ini tidak digunakan, sebaiknya jangan dinyalakan atau diaktifkan. Kedua fitur tersebut membutuhkan daya yang kuat, apalagi jika digunakan secara bersamaan. Kondisi ini dapat menyebabkan HP panas, sebaiknya di nonaktifkan untuk mengatasi HP panas.

3. Berhenti ngegame atau streaming

Daun.id

sumber; pexels

Kedua kondisi di atas dapat menyebabkan HP mudah panas, terlebih jika penggunaannya dalam jangka waktu yang cukup panjang. Selain itu juga membutuhkan internet, sehingga membutuhkan daya yang kuat dan kerja lebih keras. Untuk mengatasi HP panas, sebaiknya berhenti sejenak untuk mendinginkan mesin HP.

4. Jauhkan HP dari Air

Jika HP yang digunakan bukan tahan air, jauhkanlah HP dari air. Karena kondisi ini dapat membuat kerusakan pada HP, selain itu juga menyebabkan HP panas. Hal ini harus menjadi perhatian, terlebih pada HP yang menggunakan baterai tanam. Jauhkan HP dari percikan air dapat mengatasi HP panas.

5. Instal aplikasi pendingin HP

Daun.id

sumber; pexels

Perkembangan teknologi berjalan dengan cepat, tidak saja pada perangkat kera. Namun juga terjadi perkembangan pada perangkat lunak yang berupa aplikasi. Bahkan untuk saat ini sudah banyak aplikasi pendingin HP yang bisa diinstal dengan mudah. Setelah menginstal gunakanlah pendingin HP untuk mengatasi HP panas.

6. Hapus file sampah

Penggunaan data pada HP juga dapat meninggalkan sampah, terkadang para pengguna lupa dan malas untuk membersihkan. Padahal kondisi cache dan cookies yang dibiarkan menumpuk di HP dapat menyebabkan penyimpanan penuh dan HP panas. Tentunya kondisi ini juga dapat membuat kinerja HP kurang optimal. Segera untuk membersihkannya sehingga dapat mengatasi HP panas.

7. Perhatikan tempat menyimpan HP

Pada kondisi tertentu atau sedang dalam perjalanan jauh, kita membutuhkan tempat untuk menyimpan HP. Terkadang HP disimpan disaku celana, tas, atau beberapa tempat lainnya. Saat menyimpan sebaiknya perhatikan ventilasi udara sehingga sirkulasi udara benar-benar cukup. Sehingga dapat mengatasi HP panas.

8. Mengecek kondisi baterai

Daun.id

sumber; pixabay

Kondisi baterai HP yang rusak dapat memicu HP panas, jika baterai HP mengalami kerusakan sebaiknya segera untuk diganti. Mengganti baterai rusak dapat mengatasi HP panas. Kasus kerusakan baterai HP, seringkali terjadi pada HP yang sudah lama digunakan.

9. Menutup aplikasi

Penggunaan aplikasi yang banyak secara bersamaan dapat menyebabkan HP panas. Kondisi ini jika dibiarkan secara terus menerus dapat menyebabkan kerusakan pada HP dan mudah panas. Selain itu baterai HP juga mudah habis, karena perangkat bekerja terlalu keras. Tutup beberapa aplikasi, sehingga dapat mengatasi HP panas.

10. Mengecek pengaturan dan penggunaan WiFi

Daun.id

sumber; pexels

Jika HP panas terjadi karena disebabkan oleh kondisi pengaturan yang kurang optimal dan penggunaan WiFi. Sebab menggunakan WiFi secara berlebihan dapat membuat HP panas, Kondisi ini dapat membuat HP bekerja terlalu keras. Maka cek kembali pengaturannya dan kurangi penggunaan WiFi, sehingga dapat mengatasi HP panas.

Demikian beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi HP panas. Beberapa cara di atas juga dapat digunakan untuk merawat penggunaan HP, sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup panjang.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya