Cara Menutupi Uban dengan 3 Bahan Dapur, Tanpa Perlu ke Salon. Wanita India Berbagi Tips.

"Ingin menutupi uban tanpa perlu ke salon? Wanita India berbagi tips menggunakan 3 bahan dapur. Simak cara dan manfaatnya di sini!"

Life | 16 April 2024, 19:08
Cara Menutupi Uban dengan 3 Bahan Dapur, Tanpa Perlu ke Salon. Wanita India Berbagi Tips.

Melakukan semir rambut di salon kecantikan maupun melakukannya secara mandiri memang sudah menjadi hal yang lumrah dan umum dilakukan. Namun kebanyakan orang melakukan semir rambut nyatanya tak hanya cuma untuk mengganti warna rambut sebagai upaya untuk menunjang penampilan saja. Tetapi banyak yang melakukan semir rambut untuk menyamarkan atau menutupi tampilan uban di kepalanya.

Tak sedikit yang memilih cara instan dengan menggunakan produk semir di pasaran dengan kandungan kimia di dalamnya. Padahal jika dilakukan dalam jangka waktu yang lama, semir kimia yang dipakai di salon justru akan merusak kesehatan rambut. Beberapa masalah yang mungkin muncul adalah rambut yang kusut, kasar, dan sulit diatur.

Uban sendiri merupakan kondisi yang umum terjadi dan pasti dialami oleh semua orang jika sudah memasuki usia lanjut. Biasanya uban akan tumbuh pada seseorang yang berusia 30 tahun ke atas. Meski begitu, uban juga bisa tumbuh pada seseorang yang masih remaja. Ini terjadi karena beberapa faktor, seperti genetik, hormonal, penyakit tertentu, terlalu sering menggunakan alat styling yang terlampau panas dan pewarna kimia, hingga penyakit tertentu.

Selain faktor penuaan, berbagai faktor tersebut akan merusak produksi melanin pada folikel rambut, sehingga helaian rambut yang tumbuh tidak akan mendapatkan pigmen yang sempurna. Hal inilah yang menyebabkan uban memiliki warna putih keabu-abuan.

Mungkin bagi beberapa orang tampilan uban tidak lah menjadi masalah yang berarti. Namun bagi sebagian lainnya, uban di kepala dapat menurunkan kepercayaan diri, sehingga banyak yang mencari cara untuk menyamarkannya. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami.

Seperti yang dibagikan oleh seorang wanita India melalui akun TikTok pribadinya @homeremedies2080 pada 19 Maret 2024, yang berisi tentang cara menutupi tampilan uban pakai 3 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah jintan hitam, bubuk kopi, dan mustard oil.

"DIY Black Hair Dye ( DIY Pewarna Rambut Hitam)," tulis wanita India dalam video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @homeremedies2080, Rabu (3/4).

Manfaat jintan hitam untuk menyamarkan uban di kepala.

Jintan memang menjadi rempah yang umum digunakan untuk memasak, namun jintan hitam juga bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan rambut. Rempah ini mempunyai manfaat untuk menghitamkan rambut secara alami. Kandungan asam linoleat yang tinggi dalam jintan hitam juga dipercaya mampu mencegah pengurangan melanin dalam sel rambut. Mengaplikasikannya secara rutin pada kulit kepala juga dapat menjaga rambut tetap berkilau dan hitam alami.

Kopi juga bisa menghitamkan tampilan uban.

Menjadi bahan minuman yang kerap dikonsumsi untuk mencegah kantuk, nyatanya kopi juga memiliki manfaat untuk menyamarkan atau menutupi tampilan uban. Pasalnya kopi memiliki pigmen alami yang gelap, sehingga bisa bertindak sebagai noda pada rambut. Tak heran jika kopi bisa bertindak sebagai semir alami.

Melansir dari laman Healthline, kandungan kafein dalam kopi memiliki manfaat untuk kesehatan rambut, di antaranya merangsang pertumbuhan rambut, melembutkan rambut, memberi kilau secara alami, hingga dapat mengurangi tampilan uban.

Kandungan mustard oil untuk mengatasi uban.

Minyak mustard memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan omega-6, serta vitamin A, D, dan E. Selain memberi kelembapan, berbagai kandungan tersebut dapat menstimulasi proses regenerasi rambut yang lebih sehat sekaligus merangsang sirkulasi darah di kulit kepala. Karena itulah mustard oil bisa kamu manfaatkan untuk melembapkan rambut dan membuat pertumbuhan uban jadi tertunda.

Mengandalkan tiga bahan dapur tersebut, kamu bisa membuat semir alami yang efektif untuk menutupi tampilan uban. Penggunaannya secara rutin akan membuat rambutmu memiliki pigmen lebih gelap dan uban jadi tersamarkan. Begini cara membuat dan menggunakannya.

Bahan:

  • 1-2 sendok makan jintan hitam yang sudah disangrai
  • 1-2 sendok makan bubuk kopi
  • Mustard oil secukupnya

Cara membuat dan menggunakan:

  1. Haluskan jintan hitam yang sudah disangrai sampai menjadi seperti bubuk
  2. Tuangkan pada wadah lalu tambahkan bubuk kopi dan mustard oil
  3. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata
  4. Aplikasikan pada bagian rambut yang beruban secara menyeluruh
  5. Pijat-pijat dengan lembut agar lebih meresap
  6. Diamkan selama semalaman dan bilas saat pagi harinya
  7. Lakukan cara ini dengan rutin 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang optimal.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya