Cara Mengatasi Jerawat Meradang dengan 3 Bahan Dapur: Tanpa Acne Patch, TikToker Berbagi Tips

"Jerawat meradang adalah masalah kulit wajah yang sering dialami banyak orang. Artikel ini memberikan tips mengatasi jerawat meradang dengan menggunakan 3 bahan dapur, yaitu madu manuka, bubuk kayu man..."

Life | 17 April 2024, 10:09
Cara Mengatasi Jerawat Meradang dengan 3 Bahan Dapur: Tanpa Acne Patch, TikToker Berbagi Tips

Masalah kulit wajah yang paling sering dialami kebanyakan orang adalah jerawat. Tak hanya bagi pemilik wajah acne prone skin, jerawat juga bisa muncul pada mereka yang memiliki jenis kulit normal, sensitif, dan berminyak. Jerawat sendiri terbagi menjadi berbagai jenis, salah satunya adalah jerawat meradang.

Munculnya jerawat umumnya lebih sering terjadi pada usia remaja dan dewasa. Selain dipicu oleh efek penggunaan produk perawatan kulit yang kurang cocok dengan kondisi kulit, jerawat juga bisa muncul karena perubahan hormon atau efek dari stres. Masalah kulit wajah ini merupakan hasil dari hormon dan kelebihan produksi minyak.

Pada dasarnya, perubahan hormonal seperti testosteron, memicu kelenjar minyak untuk memproduksi sebum secara berlebihan. Minyak tersebut dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat yang disebut P acnes. Pertumbuhan bakteri ini akan menyebabkan peradangan di dalam kulit atau area pori-pori, yang kemudian membentuk komedo putih, jerawat kistik, atau jerawat buta.

Jerawat juga dapat disebabkan oleh paparan bahan atau zat kimia tertentu yang ada di produk kosmetik lho. Munculnya reaksi tersebut biasanya tergantung pada jenis kulit. Orang yang memiliki tipe kulit sensitif akan lebih mudah mengalami masalah kulit yang disebut jerawat meradang ini.

Biasanya kondisi ini akan ditandai dengan munculnya jerawat di beberapa area wajah. Mulai dari meradang, beruntusan, hingga jerawat matang yang tampak bernanah dan kemerahan. Tak heran jika banyak orang merasa terganggu dengan kemunculan jerawat meradang di wajahnya, sehingga berusaha mencari cara untuk mengatasinya. Mulai dari melakukan perawatan di klinik kecantikan, menggunakan produk skincare, hingga memanfaatkan bahan-bahan alami.

Salah satu produk skincare yang biasa digunakan untuk mengatasi jerawat meradang adalah acne patch. Padahal kamu tak perlu membeli acne patch di pasaran lho, karena kamu bisa mengatasinya dengan bahan-bahan alami yang lebih ekonomis dan tak kalah efektif pastinya.

Seperti yang dibagikan oleh seorang TikToker melalui akun pribadinya @pri_manukahoney pada 31 Agustus 2021, yang berisi tentang cara atasi jerawat meradang pakai 3 bahan dapur. Bahan dapur yang dimaksud adalah madu manuka, bubuk kayu manis, dan bubuk kunyit.

"You will love this DIY Manuka Honey acne mask (Anda akan menyukai masker jerawat Madu Manuka DIY ini)," tulis pemilik akun dalam keterangan video unggahan, yang telah briliobeauty.net kutip dari akun TikTok @pri_manukahoney, Rabu(17/4).

Kandungan madu manuka untuk menenangkan jerawat meradang.

Madu manuka berbeda dengan madu lainnya, terutama dari warna madunya yang lebih gelap. Madu jenis ini juga memiliki sifat antibakteri, antimikroba, dan antiinflamasi yang dapat membantu menghilangkan dan menenangkan kemerahan di wajah akibat jerawat meradang secara alami. Sifat antiinflamasi-nya juga efektif untuk mempercepat penyembuhan jerawat meradang lho.

Manfaat bubuk kayu manis untuk mengatasi jerawat meradang.

Kayu manis adalah rempah dapur yang dikenal dengan cita rasanya yang manis dan aroma yang khas. Tak ayal apabila banyak orang yang kerap menggunakan kayu manis sebagai bahan pemanis alami pada sejumlah makanan dan minuman. Namun ternyata kayu manis juga memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit wajah.

Salah satu manfaatnya yaitu mengatasi jerawat yang meradang. Kayu manis dipercaya memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk melawan bakteri penyebab jerawat. Bahkan, hasil studi dari International Journal of Pharmaceutical Science Invention membuktikan bahwa kayu manis mampu melawan bakteri penyebab jerawat, seperti Propionibacterium acnes dan Staphylococcus epidermidis.

Ternyata bubuk kunyit dapat mengurangi peradangan akibat jerawat meradang.

Tak kalah ampuh dari bubuk kayu manis, kunyit juga dipercaya mampu mengatasi masalah jerawat di wajah. Ini berkat kandungan kurkumin yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Selain itu, kandungan zat antiinflamasi di dalamnya juga bisa membantu mengurangi peradangan pada jerawat, sehingga penggunaannya diyakini dapat membuat jerawat lebih cepat untuk sembuh.

Mengandalkan tiga bahan tersebut kamu bisa membuat masker wajah yang diklaim mampu mengatasi jerawat meradang agar lebih cepat sembuh dan kering. Yuk, simak cara membuat dan menggunakannya berikut ini.

Bahan:

  • 1-2 sendok makan madu manuka
  • 1/2 sendok teh bubuk kayu manis
  • 1/2 sendok teh bubuk kunyit

Cara membuat dan menggunakan:

  1. Tuangkan bahan-bahan yang sudah disebutkan pada wadah
  2. Aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur merata dan teksturnya seperti pasta
  3. Cuci wajah terlebih dahulu dan pastikan bersih dari kotoran serta sisa makeup
  4. Aplikasikan masker pada wajah secara menyeluruh
  5. Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air sampai bersih
  6. Lanjutkan dengan penggunaan moisturizer andalan kamu
  7. Lakukan cara ini dengan rutin 2 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang optimal.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru

JADWAL SHOLAT HARI INI

SELASA, 30 APRIL 2024 (JAKARTA PUSAT)
IMSYAK 04:26 SUBUH 04:36 DUHA 06:15 ZUHUR 11:52
ASHAR 15:13 MAGHRIB 17:49 ISYA 19:00  

Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan April 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami beberapa tantangan. Komunikasi yang buruk dan perbedaan pendapat dapat menyebabkan ketegangan dalam hubungan. Namun, dengan komitmen dan upaya yang tepat, Anda dapat mengatasi masalah ini dan memperkuat hubungan Anda.



Taurus Selengkapnya