Tradisi Unik Warga Bangkalan saat Lebaran Ketupat: Berlayar ke Tengah Laut dengan Perahu

"Tradisi unik warga Bangkalan saat lebaran ketupat adalah berlayar ke tengah laut dengan perahu sebagai wujud rasa syukur dan merayakan lebaran ketupat."

Life | 20 April 2024, 05:45
Tradisi Unik Warga Bangkalan saat Lebaran Ketupat: Berlayar ke Tengah Laut dengan Perahu

Di Kecamatan Kamal, Kabupaten Bangkalan, warga melestarikan tradisi naik perahu ke tengah laut saat momen lebaran ketupat. Tradisi ini rutin dilakukan setiap tahun dan turun temurun hingga pada generasi muda.

Tradisi naik perahu ke tengah laut dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, serta untuk merayakan lebaran ketupat. Warga sangat antusias untuk merayakan lebaran ketupat di tengah laut, menganggap tradisi ini menjadi momen untuk memperkuat kebersamaan dan ukhuwah islamiyah yang sudah menjadi pedoman umat Islam.

Mayoritas warga yang ikut tradisi ini adalah nelayan yang rumahnya berada di sekitar pesisir laut. Mereka berdoa agar dimudahkan dalam mencari ikan dan rezekinya dapat diluaskan. Tradisi naik perahu ini diharapkan terus terjaga dengan baik dan warga tak pernah surut semangatnya untuk mewariskan hal ini kepada anak-anak mereka.

Anak-anak juga banyak yang ikut melakukan tradisi ini. Mereka sangat semangat bahkan banyak yang senang naik perahu. Ini jadi pengalaman dan pembelajaran bagi mereka bahwa mempelajari kebudayaan dan tradisi sangat penting saat usia muda.


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya