8 Cara Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat, Hindari Makanan Pedas

"Telapak tangan berkeringat dapat terjadi dan menandakan bahwa tubuh sedang mengeluarkan adanya keringat, namun bagaimana jika terjadi secara berlebihan."

Life | 06 March 2022, 17:57
8 Cara Mengatasi Telapak Tangan Berkeringat, Hindari Makanan Pedas

Telapak tangan berkeringat bisa membuat siapa saja mengalami kesulitan ketika memegang benda, bahkan malu ketika ingin berjabat tangan dengan orang lain. Untungnya, kondisi ini dapat ditangani dengan beberapa cara, mulai dari menghindari faktor beberapa fator penyebabnya hingga penanganan medis dari dokter. Hal ini juga dapat mengganggu saat menggunakan sentuhan pada layar ponsel, ataupun yang lainnya.

Telapak tangan berkeringat merupakan salah satu pertanda primary focal hyperhidrosis, yaitu suatu kondisi di mana tubuh mengeluarkan keringat secara berlebihan hanya di titik lokasi tertentu, seperti di ketiak, telapak kaki, atau telapak tangan saja. Bagian yang berkeringat umumnya simetris, yaitu terjadi pada kedua sisi, baik kanan maupun kiri.

Biasanya, tangan mulai berkeringat ketika seseorang sedang mengalami kecemasan atau sedang tertekan karena sesuatu. Akan tetapi, pada sebagian kasus telapak tangan berkeringat tak hanya disebabkan oleh kecemasan saja. Tangan dapat tiba-tiba mengeluarkan keringat meski dalam keadaan sedang bersantai. Jika tidak nyaman dengan kondisi ini, Tentunya ada beberapa penyebab yang perlu diketahui.

Meski kondisi ini tidak termasuk kondisi medis yang kronis, hal ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Pasalnya dapat menjadi salah satu isyarat bahwa tubuh sedang mengalami gangguan yang seriu, jika telapak tangan berkeringat berlebih. Selain itu telapak tangan berkeringat dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, bahkan dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Penyebab telapak tangan berkeringat

Sebagian besar orang mengaitkan masalah telapak tangan berkeringat dengan kondisi medis tertentu, misalnya penyakit jantung. Tetapi hal itu tidak sepenuhnya dibenarkan. Tentunya ada banyak penyebab yang lainnya, berikut ini penyebab telapak tangan berkeringat :

Daun.id

sumber; pexels

- Hiperhidrosis sekunder, kondisi ini bisa terjadi karena pengaruh suatu kondisi medis tertentu. Misalnya penyakit asam urat, obesitas, hipertiroid, tumor, diabetes militus. Beberapa macam penyakit tersebut dapat menyebabkan terjadinya telapak tangan berkeringat pada penderita.

- Hiperhidrosis idiopatik primer, meski kondisi ini belum diketahui penyebabnya secara pasti. Namun ada beberapa kondisi medis ini yang dapat menyebabkan telapak tangan berkeringat dan telapak kaki berkeringat secara berlebihan.

- Stres dan gangguan kecemasan secara berlebihan, kondisi tersebut juga dapat memicu kondisi telapak tangan menjadi berkeringat. Jika hal ini terjadi, sebaiknya merilekskan pikiran dan tubuh untuk mengurangi keringat yang keluar pada telapak tangan secara berlebihan.

Itulah beberapa faktor atau kondisi yang dapat menyebabkan telapak tangan berkeringat. Perlunya memperhatikan kondisi kesehatan pada tubuh, dan segera mencari cara untuk mengatasi agar tidak mengganggu dan menyebabkan kondisi medis yang tidak diinginkan.

Cara mengatasi telapak tangan berkeringat

Meski pada umumnya telapak tangan berkeringat dapat mengganggu aktivitas, tenang tentunya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi telapak tangan berkeringat. Untuk mengatasi telapak tangan berkeringat, fokuslah pada penyebabnya. Berikut ini cara mengatasi telapak tangan berkeringat :

1. Memanfaatkan garam dan air sari lemon

Daun.id

sumber; pixabay

Mengoleskan cairan campuran garam dan air sari lemon juga dapat mengatasi telapak tangan berkeringat. Garam dan air sari lemon dapat dimanfaatkan untuk menyingkirkan telapak tangan berkeringat. Cara ini bisa dilakukan dengan prosedur berikut ini, campurkan garam dengan air sari lemon secukupnya. Setelah itu oleskan cairan tersebut ke telapak tangan yang berkeringat hingga dapat mengatasi telapak tangan berkeringat.

2. Mencukupi kebutuhan air minum

Tubuh dehidrasi dapat menyebabkan tubuh tampak lemah dan lemas, kondisi ini dapat terjadi karena disebabkan banyak keluar keringat dari bagian anggota tubuh tertentu. Untuk menghindari dehidrasi, maka diperlukan minum air yang banyak sehingga cairan yang dibutuhkan tubuh dapat terpenuhi dan dapat mengurangi risiko tubuh berkeringat. Minum air putih dengan banyak dapat mengatasi telapak tangan tangan berkeringat.

3. Minum jus wheatgrass

Daun.id

sumber; pexels

Jus wheatgrass ialah salah satu minuman bernutrisi yang baik dikonsumsi di pagi hari. Jus ini dapat membantu mendetoksifikasi hati, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan lainnya karena mengandung banyak klorofil, vitamin esensial dan mikronutrien. Jus wheatgrass bisa membantu tubuh dalam mentralkan asam tubuh dan membantu mengurangi keringat berlebihan. Selain itu, tentunya mengonsumsi jus wheatgrass juga dapat mengatasi telapak tangan berkeringat.

4. Kompres dengan air dingin

Air dapat membantu untuk menyingkirkan keringat yang keluar pada anggota tubuh tertentu, begitu juga dengan telapak tangan berkeringat. Cara ini termasuk sederhana yang dapat dilakukan ketika cuaca panas sedang mengelilingi tubuh kita, rendamlah telapak tangan dengan air dingin selama kurang lebih 15-20 menit. Merendam tangan dengan air dingin dapat mengatasi telapak tangan berkeringat.

5. Gunakan daun sage

Daun.id

sumber; pixabay

Daun sage juga dapat dimanfaat untuk mengatasi telapak tangan berkeringat, sebab daun ini memiliki kandungan yang dapat mengurangi produksi minyak secara berlebihan. Daun sage dapat digunakan dengan cara menambahkan pada minuman atau juga dengan makanan yang dikonsumsi. Selain itu, kita dapat melihat beberapa produk kecantikan dan sabun yang telah menggunakan tanaman sage sebagai campuran bahan.

6. Memanfaatkan tepung maizena

Tepung maizena dapat berfungsi menyerap keringat yang keluar dari anggota tubuh, termasuk telapak tangan berkeringat. Sehingga menggosokkan tepung maizena ke telapak tangan dapat menjadi alternatif cara mengatasi telapak tangan berkeringat. Gosoklah telapak tangan berkeringat dengan menggunakan tepung maizena ketika telapak tangan berkeringat secara tiba-tiba, setelah keringat terserap basuhlah telapak tangan dengan air bersih.

7. Hindari makanan pedas

Daun.id

sumber; pixabay

Seringkali keringat dapat muncul dari anggota tubuh ketika seseorang telah mengonsumsi makanan yang sangat pedas. Konsdisi ini juga tidak menjadi kemungkinan yang bisa menyebabkan telapak tangan berkeringat. Sebaiknya hindari makanan yang terlalu pedas untuk mengurangi keringat secara berlebihan. Menghindari makanan pedas dapat mengatasi telapak tangan berkeringat.

8. Manfaatkan minyak pohon teh

Minyak pohon teh adalah tanaman asal Australia yang dikenal dengan manfaatnya yang baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Minyak pohon teh dapat digunakan untuk mengatasi telapak tangan berkeringat, caranya pun cukup mudah. Buatlah campuran minyak pohon teh dengan air hangat, campurkan 2-3 tetes minyak pohon teh dengan air hangat secukupnya. Setelah ramuan jadi, usapkanlah pada telapak tangan berkeringat dan mulai menggosoknya secara pelan-pelan.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi telapak tangan berkeringat secara berlebihan. Beberapa cara di atas dapat dilakukan secara mandiri dari rumah, namun jika telapak tangan berkeringat sulit untuk diatasi. Sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter terdekat guna mencari penyebab dan mendapat perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya