6 Cara Mengatasi Gatal Biduran Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

"Gatal biduran dapat terjadi pada setiap orang, kondisi ini juga dapat disebabkan oleh berbagai macam penyebab dan memicu rasa gatal."

Life | 07 March 2022, 11:57
6 Cara Mengatasi Gatal Biduran Secara Alami, Ketahui Penyebabnya

Pada saat tubuh mengalami bentol dan kemerahan disertai dengan gatal-gatal setelah digigit serangga adalah bentuk hal yang wajar. Akan tetapi, jika bentol-bentol merah tersebut muncul dan tanpa disadari, kondisi ini disebut dengan gatal biduran atau urtikaria. Bentol-bentol akibat gatal biduran biasanya dapat muncul dalam jumlah yang banyak, tidak sama satu dengan yang lainnya.

Kondisi ini tentunya dapat diatasi sendiri di rumah, atau juga dengan menggunakan obat-obatan medis. Bagi sebagian orang yang memiliki alergi, mungkin sering kali dapat mengalami gatal biduran secara berulang-ulang. Penyakit gatal biduran yang memiliki nama lain urtikaria ini sendiri merupakan reaksi vaskular pada kulit yang ditandai dengan gambaran sementara berupa bilur atau ruam merah yang memutih.

Ciri-ciri seseorang sedang mengalami gatalan biduran lainnya yaitu ketika ditekan, ruam karena biduran akan terasa gatal dan dapat menyebar ke beberapa bagian tubuh lainnya. Biduran pada setiap orang pun juga beragam, mulai dari lentikular, numular, hingga plakat menyerupai pulau-pulau. Biasanya kondisi ini akan berlangsung selama berjam-jam hingga satu hari sebelum akhirnya hilang.

Namun gatal biduran sendiri bisa terjadi karena tubuh melepaskan zat histamin dan mediator lainnya ke dalam pembuluh darah sebagai respons alami tubuh dalam menanggapi alergen atau pemicunya, seperti makanan, obat-obatan, rangsangan fisik secara langsung, faktor lingkungan, hingga pertanda adanya infeksi atau penyakit tertentu. Untuk mengatasinya, maka perlu untuk mencari penyebabnya.

Mengenal penyebab gatal biduran

Gatal biduran biasanya dapat muncul saat adanya reaksi alergi terhadap beberapa penyebab, seperti halnya hewan peliharaan, serbuk sari, atau lateks. Saat terkena beberapa zat alergen di atas, tubuh melepaskan histamin dan bahan kimia ke dalam darah sehingga menyebabkan gatal biduran, bengkak, dan gejala lainnya.

Daun.id

sumber; pexels

Berikut adalah beberapa penyebab gata biduran yang dapat diketahui :

- Alergi terhadap makanan, gatal biduran dapat disebabkan oleh alergi makanan maupun minuman tertentu, misalnya kerang, telur, buah beri , dan kacang tanah. Bentol merah akibat gatal biduran dapat langsung muncul sesaat setelah seseorang makan makanan pemicu alergi, namun ada juga yang memerlukan waktu beberapa jam sebelum muncul gejala.

- Pengaruh udara, ada beberapa penyebab gatal biduran yang sering kurang disadari adalah gatal biduran yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, suhu dingin, atau angin kencang. Hal ini lantas bukan berarti terkena alergi terhadap udara luar. Hal ini lebih kepada kondisi kulit yang sangat sensitif dengan berbagai cuaca yang ada di luar ruangan.

- Kondisi medis tertentu, gatal biduran juga dapat memberikan sinyal adanya suatu kondisi medis yang lebih serius. Pasien dengan penyakit lupus, limfoma, penyakit tiroid, hepatitis, maupun HIV sama-sama memiliki gejala gatal-gatal yang mirip dengan gatal biduran. Namun, jenis gatal biduran atau urtikarianya tidak tergolong kronis sehingga dapat diatasi.

- Tubuh keluar keringat, keringat pada umumnya bukanlah penyebab gatal-gatal. Akan tetapi, tubuh yang berkeringat dapat menandakan tubuh sedang mengalami kenaikan suhu. Bagi sebagian orang, kenaikan suhu tubuh baik karena olahraga maupun mandi air panas. Kondisi ini dapat memicu menyebabkan timbulnya gatal biduran.

- Stres berlebihan, dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh seseorang menurun sehingga lebih rentan terkena masalah kulit, termasuk gatal biduran. Pada sebagian orang yang mengalami urtikaria kronis atau biduran yang bekali-kali muncul selama lebih dari enam minggu, stres dapat menyebabkan tubuh melepaskan histamin. Secara otomatis tubuh dapat merespon dan muncul seperti gatal biduran.

Itulah beberapa hal atau faktor yang dapat memicu terjadinya gatal biduran. Sebaiknya hindarilah beberapa penyebab di atas, sehingga terhindar dari gatal biduran. Setelah mengenali penyebabnya, kini secara langsung dapat mencari cara mengatasinya.

Cara mengatasi gatal biduran

Gatal biduran tidak bisa dibiarkan terlalu lama pada tubuh, pasalnya dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gatal biduran. Berikut ini cara mengatasi gatal biduran :

1. Oleskan gel lidah buaya

Daun.id

sumber; pixabay

Gel lidah buaya termasuk bahan alami yang cukup efektif untuk mengatasi bagian kulit yang mengalami gatal biduran. Lidah buaya memiliki kandungan senyawa antiinflamasi. Gunakan gel lidah buaya dan oleskan langsung pada bagian kulit yang mengalami gatal biduran. Lakukan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal, dan benar-benar mengatasi biduran.

2. Oleskan minyak kelapa

Daun.id

sumber; pixabay

Cobalah mengolesi bagian kulit gatal biduran dengan minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung pelembap dan anti bakteri sehingga sangat efektif digunakan untuk mengatasi gatal biduran. Selain itu minyak kelapa juga mengandung beberapa manfaat lainnya, sehingga dapat digunakan  untuk mengatasi beberapa masalah gatal kulit lainnya.

3. Mengoleskan masker oatmeal

Daun.id

sumber; pixabay

Oatmeal dapat digunakan untuk mengatasi gatal biduran, terlebih rasa gatal yang muncul. Kandungan antiinflamasi dalam oatmeal dapat membantu untuk mengatasi gatal biduran yang dirasakan. Pastikan untuk membilas tubuh dengan air hangat sehingga gatal biduran pada kulit tidak mudah kembali. Caranya mudah, gunakan oatmeal sebagai masker tubuh saat mandi. Usapkan campuran oatmeal dan air secara perlahan pada bagian tubuh gatal biduran.

4. Kompres es batu

Gunakan es batu yang dibalut dengan kain lembut dan bersih. Setelah itu gunakan untuk kompres dingin pada bagian kulit yang mengalami gatal biduran untuk menurunkan gejala yang dialami. Menggunakan es batu untuk mengompres gatal biduran juga dapat membantu untuk mengurangi risiko terjadinya iritasi pada kulit.

5. Kelola stres dengan baik

Daun.id

sumber; pexels

Cobalah untuk mengelola stres, misalnya dengan beberapa kegiatan yang positif. Pasalnya, stres dapat menjadi penyebab munculnya gatal biduran karena saat mengalami perasaan ini, tubuh akan memproduksi hormon adrenalin yang sangat banyak, lebih dari biasanya. Adrenalin akan memicu timbulnya bentol dan gatal seperti biduran. Kelolah stres dengan baik sehingga dapat mengatasi gatal biduran.

6. Menjaga suhu tubuh

Cara untuk mengobati gatal biduran agar tidak mudah kambuh lagi ialah dengan menjaga suhu tubuh dan ruangan agar tetap sejuk. Suhu panas dan keringat pada tubuh dapat memicu memburuknya ruam maupun rasa gatal biduran.Gunakan jenis pakaian yang longgar dan berbahan lembut. Selama mengalami gatal biduran, selain itu tetaplah berada di dalam ruangan yang sejuk dan hindari sentuhan langsung dengan sinar matahari.

Demikianlah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gatal biduran. Jika gatal biduran masih membandel setelah melakukan beberapa cara di atas. Sebaiknya jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis guna mendapat perawatan lebih lanjut.

(rian adi kurniawan/nn)


Rekomendasi untuk Anda

Berita Terbaru


Zodiak Taurus Hari Ini

Percintaan

Pada bulan Mei 2024, hubungan percintaan Taurus akan mengalami perkembangan yang positif. Anda akan merasakan kehangatan dan keintiman yang lebih dalam dengan pasangan Anda. Jika masih single, ada kemungkinan untuk bertemu dengan seseorang yang istimewa.



Taurus Selengkapnya